Sukses

Video Aksi Berani Elanto Wijoyono Hadang Ratusan Pengendara Moge

Aksi Elanto Wijoyono, pengendara sepeda yang hadang konvoi motor gede (moge) di Yogyakarta terekam video.

Liputan6.com, Jakarta - Elanto Wijoyono, pengendara sepeda yang menghadang konvoi motor gede (moge) di Yogyakarta, kini jadi perhatian. Aksinya yang geram dengan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara moge pun menuai pujian.

Salah satunya dari aktivis penegakan HAM Haris Azhar. Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) itu membagikan video yang memperlihatkan aksi Elanto menegakkan hukum. Padahal, saat ratusan pengendara moge melanggar lalu lintas, ada polisi namun tidak menilang.

"Elanto Wijoyono, warga Yogyakarta yang berani melawan ratusan pengendara motor gede penerobos zebra cross di lampu merah Condongcatur. Siapa penegak hukum sebenarnya di Indonesia?" ungkap Haris dalam keterangannya kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Dalam video yang dibagikan Haris, tampak Elanto dengan berani menghadang ratusan pengendara moge yang menerobos lampu merah. Tanpa senjata, Elanto hanya menggunakan sepeda.

Di awal aksinya, banyak pengendara moge yang tak peduli dan terus menerobos lampu merah. Bahkan tak sedikit yang memaki Elanto.

Akhirnya, perjuangan Elanto membuahkan hasil. Ia berhasil menghentikan ratusan pengendara moge di depan lampu merah Condongcatur dan memberi jalan untuk pengguna jalan lain untuk mendapatkan haknya.

Selengkapnya saksikan video di bawah ini. (Mut/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.