Sukses

Kapolda NTT Serahkan Sampel DNA Korban AirAsia

Kapolda NTT menyerahkan langsung sampel antemortem berupa DNA orangtua korban AirAsia QZ8501 kepada Kapolda Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur Brigadir Jenderal Polisi Endang Sunjaya menyerahkan langsung sampel antemortem berupa asam deoksiribonukleat (DNA) orangtua korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 kepada Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Anas Yusuf.

Penyerahan DNA tersebut untuk membantu mempercepat proses identifikasi jenazah korban AirAsia QZ8501 atas nama Viona Florensia Abraham dan Indah Dany Abraham, warga Pulau Letti, Maluku Barat Daya, Maluku. Proses identifikasi dilakukan Tim Disaster Victim Identification (DVI).

Menurut Endang, sekitar 2 minggu lalu, Kapolda Jatim menghubunginya untuk meminta mengambilkan sampel DNA dari Johanes Abraham yang merupakan ayah kandung dari 2 jenazah tersebut. Sampel tersebut berupa air liur dan darah basah orangtua korban.

"Sebenarnya keluarga korban tidak berada di wilayah hukum NTT, tapi karena yang menghubungi beliau (Kapolda Jatim), dan ini merupakan tugas kemanusiaan, maka saya bersama tim DVI Polda NTT melakukan tugas ini," tutur Brigjen Pol Endang Sunjaya di Posko Crisis Centre DVI Polda Jatim, Kamis (15/1/2015).

Pada saat mencari alamat orangtua korban yang berada di Pulau Letti, Endang mengaku sempat dihantam ombak setinggi 4 meter di laut lepas. Ia pun sempat menggagalkan pencariannya itu.

"Terakhir kami carter Susi Air dan mereka sanggup ke sana. Kami pun ke rumah orangtuanya," imbuh Endang.

Saat di rumah orangtua korban AirAsia, ia bersama Kepala Bidang Kedokteran Polda NTT berhasil mengambil sampel DNA ayah kandungnya. Sementara ibu kandungnya tidak berkenan diambil karena seorang pendeta yang selalu berdoa terus demi keselamatan anaknya.

"Karena demi kemanusiaan dan untuk mendapatkan kepastian hukum sehingga kami mengantarkan langsung ke sini," pungkas Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini