Sukses

USS Sampson, Kapal Perang Canggih AS Bantu Cari AirAsia QZ8501

Kapal USS Sampson ini dilengkapi sistem radar dan sonar canggih. Bahkan konon sistem radar kapal perang ini berteknologi 3 dimensi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal perang Amerika Serikat USS Sampson akan ikut dalam perkembangan pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang 28 Desember lalu. Seperti dilansir koran USA Today, sejauh ini kapal perang USS Sampson sudah dikerahkan ke sebelah Barat Laut Pasifik guna membantu mencari pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (30/12/2014), USS Sampson adalah salah satu jenis kapal perang penghancur yang dimiliki Angkatan Laut Amerika Serikat dengan berat lebih dari 1.000 ton dan panjang hampir 100 meter.

Nama Sampson digunakan militer AS untuk menghormati Laksamana William T Sampson. Ia merupakan salah seorang pahlawan Negeri Paman Sam.

Kapal USS Sampson ini dilengkapi sistem radar dan sonar canggih. Fitur inilah yang dibutuhkan untuk pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang diduga kuat tenggelam di dasar laut. Konon sistem radar USS Sampsons bahkan berteknologi 3 dimensi.

Sementara itu, Australia juga mengirimkan pesawat pemantau jenis AP-3C Orion. Dilaporkan pesawat milik Australia ini telah melihat objek di perairan Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Pesawat ini memiliki kemampuan yang telah terbukti dalam misi pencarian dan penyelamatan. Pesawat ini juga dilengkapi radar pencarian dengan inframerah dan sensor elektrooptik. (Nfs/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.