Sukses

Gunung Lokon Meletus 3 Kali Hingga Sore Ini

Letusan Gunung Lokon disertai lontaran abu vulkanik yang menyembur setinggi 500 meter dari Kawah Tompaluan.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga petang ini, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara tercatat telah meletus 3 kali. Letusan disertai lontaran abu vulkanik yang menyembur setinggi 500 meter dari Kawah Tompaluan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ketiga letusan itu terjadi, masing-masing pukul 03.00, 11.46, dan 16.00 Wita. Letusan ini pun menyebabkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah.

"Abu vulkanik menyebar ke utara dan barat. Sehingga di beberapa wilayah terjadi hujan abu vulkanik. Seperti di Kota Manado, Malalayang, Mandolang Minahasa dan sekitarnya," kata Sutopo dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Namun dia menuturkan, tidak ada kerusakan akibat letusan ini. Aktivitas masyarakat pun berlangsung normal. Status Gunung Lokon tetap Siaga III.

"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2,5 km dari Kawah Tompaluan," ujar dia.

Tapi Sutopo mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker.

Gunung Lokon, sambung dia, memang sering meletus. Masyarakat sekitar telah beradaptasi dengan ancaman gunung tersebut. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.