Sukses

Aneka Kreativitas Siswa SMK pada Olimpiade Sains Nasional

Rencananya kreativitas siswa itu akan diterapkan di sekolah mereka dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan.

Liputan6.com, Mataram - Olimpiade Sains Nasional (OSN)  ke-13 yang digelar di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menampilkan berbagai kreativitas unik ala siswa siswi SD hingga SMA se Kota Mataram. salah satunya adalah teknik remote control yang dipraktikkan oleh SMKN 3 Mataram dan SMK 2 Kuripan.

Siswa-siswi SMKN 3 Mataram menampilkan kreativitas berupa penampilan miniatur pintu gerbang. untuk membuka atau menutup pintu gerbang tersebut tidak perlu dengan cara didorong atau di tarik, cukup menggunakan remote control dan dapat diakses dari jarak 10 meter.

Kepala SMKN 3 Mataram, Umar, mngatakan pembuatan miniatur gerbang remote ini terinspirasi dari beberapa siswa yang kasihan melihat satpam sekolah karena terus menerus membuka dan menutup pintu gerbang.

“Mereka kasihan kemudian mereka bertanya kepada guru pembimbingnya bagaimana cara membuat gerbang remote ini. Akhirnya mereka coba sendiri dan berhasil,” ujar Umar.

Rencananya kreativitas siswa itu akan diterapkan di sekolah mereka dalam kurun waktu beberapa bulan kedepan. “Kreativitas mereka akan kami jadikan kenyataan,” sambungnya.

Selain itu ada juga penampilan unik dari SMK 2 Kuripan, Mataram. Beberapa siswa membuat miniatur rumah adat yang dihiasi dengan berbagai lampu warna- warni.

Setelah dicolokkan ke listrik, untuk menyalakannya atau mematikannya. Lampu-lampu tersebut tidak perlu menekan saklar on off, cukup dinyalakan melalui program Bluetooth yang terpasang pada telepon genggam.

“Di program itu, kita cukup menekan tembol lampu manapun yang ingin kita nyalakan. Dari handphone akan memancarkan sinyal ke Bluetooth yang terpasang pada miniatur rumah,” kata Sopan Sofian, guru pembimbing.

Sopan menjelaskan inspirasi lampu tersebut muncul dari rasa penasaran dengan metode teknologi daya rendah untuk mengendalikan daya tinggi melalui bluetooth, akhirnya siswanya mencoba mempraktikkannya dan berhasil.

“Penasaran kami pun hilang setelah menemukan cara ini. selain lampu kecil, lampu dengan watt yang besar juga bisa diakses menggunakan Android,” tutup Sopan, sambil memperagakan penyalaaan lampu rumah menggunakan telepon genggam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini