Sukses

Dapat Gelar Kehormatan, SBY Disebut Kakak oleh Presiden Filipina

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapatkan gelar kehormatan tertinggi dari Pemerintah Filipina. Pria yang karib disapa SBY itu digelari Order of Sikatuna with the Rank of Raja dengan kategori Grand Collar.

Presiden Filipina Benigno S Aquino III sendiri yang menyerahkan penghargaan ini. Gelar ini diberikan sebagai ucapan terima kasih atas hubungan kerja sama RI-Fipina yang semakin menguat.

Tak cuma penghargaan, Benigno juga memberikan apresiasi kepada SBY sebagai seorang pribadi. Benigno sudah menganggap SBY layaknya paman sendiri. Namun kini dia lebih senang menyebut SBY sebagai kakak yang bijak.

"Saat menghadiri KTT ASEAN di Myanmar, saya menyebut Anda (SBY) sebagai paman saya," kata Benigno dalam acara jamuan santap malam kenegaraan di Istana Malacanang, Manila, Filipina, seperti Liputan6.com kutip dari laman Presidenri.go.id, Sabtu (24/5/2014).

"SBY seperti kakak laki-laki buat setiap orang di Asia. Presiden SBY tidak hanya kakak tertua kami, tapi juga jimat keberuntungan kami."

SBY pun tersenyum mendengar sanjungan dari orang nomor 1 di Filipina itu. "Saya terima gelar ini sebagai simbol persahabatan antara negara dan bangsa kami. Saya juga menerima ini atas nama rakyat Indonesia," ujar SBY.

Dalam kesempatan ini, Benigno juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan RI kepada masyarakat Filipina saat bencana topan Haiyan melanda pada November 2013 lalu.

Penghargaan  Order of Sikatuna adalah penghargaan tertinggi yang biasanya dianugerahkan kepada diplomat, pejabat, dan warga negara asing yang dinilai berjasa dalam membina, mengembangkan, dan memperkuat hubungan dengan Filipina. Sejumlah tokoh seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Sekjen PBB Ban Ki-moon, dan petinju yang kini menjadi Senator Filipina Manny Pacquiao tercatat pernah menerima penghargaan ini. (Ari)