Sukses

Sekjen FSGI: Nama Jokowi Muncul di Soal UN SMP di Bandung-Jakarta

FSGI mendapat laporan dari pihak pengawas UN di SMP di wilayah Jakarta dan Bandung ke posko pengaduan UN FSGI.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Gubernur DKI Joko Widodo diduga masih muncul dalam naskah soal Ujian Nasional (UN) SMP, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal itu diungkapkan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).

Sekjen FSGI Retno Listyarti mengatakan, hari ini pihaknya mendapat laporan dari pihak pengawas UN di SMP di wilayah Jakarta dan Bandung ke posko pengaduan UN FSGI.

"Kami tidak bisa menyebutkan nama sekolahnya. Ini soal kode etik. Yang pasti barusan diterima laporan dari pengakuan pengawas ruang bahwa soal Jokowi masih ditemui dalam soal UN SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia," kata Retno kepada Liputan6.com ketika dikonfirmasi, Senin (5/5/2014).

Namun, ketika dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Achmad Firdaus mengatakan, hingga sore tadi pihaknya belum menerima laporan terkait adanya nama Jokowi di soal UN SMP di wilayah Jakarta Selatan.

"Sampai sore ini belum ada laporan," ujarnya.

Namun, apabila memang benar nama Jokowi masih menjadi salah satu soal UN, ia mengaku pihaknya tidak dapat melakukan apapun. Karena kewenangan menulis dan mencetak naskah UN, ada pada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Saya tidak bisa komentar karena naskah soal dibuat oleh Kemendikbud," kata Achmad.

Berikut isi soal yang memuat nama Jokowi berdasarkan foto FSGI:

Bacalah Kutipan Biografi Berikut

Jokowi anak seorang tukang kayu, Setelah lulus SMA, ia melanjutkan ke Fakultas Kehutanan UGM. Lulus dari UGM ia merantau ke Aceh dan kembali lagi ke Solo bekerja di bidang perkayuan CV Roda Jati. Tahun 1998 ia berhenti, bermodalkan pengalaman, kegigihan, kerja keras, dan keuletannya, akhirnya Jokowi berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang mebel.

Sikap yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah….

A. gigih, ulet, kerja keras
B. ayahnya tukang kayu
C. kuliah di fakultas kehutanan
D. bekerja di bidang kayu

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini