Sukses

Kemenparekraf Jawab Pertanyaan Jadi Tidak Sih Perayaan HUT ke-79 RI di IKN?

HUT ke-79 RI rencananya berlangsung di dua tempat, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Kawasan Istana Kepresidenan di IKN. Sudah sampai mana progresnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan informasi perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) jadi salah satu isu strategis weekly press briering Kementerian Pariwisaata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (10/6/2024). Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya mengungkap bahwa belakangan banyak muncul pertanyaan, "Jadi tidak sih perayaan HUT ke-79 RI di IKN?" 

Ia menjawab, "Yang jelas, sampai sekarang kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara dan pihak-pihak pendukung." Nia mengatakan bahwa setidaknya ada empat peran Kemenparkaf di peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

Keempatnya, yakni penampilan kesenian. pelaksanaan side event, pembuatan logo perayaan, dan aktivasi galeri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumbu Kebangsaan. "Terkait penampilan kesenian, kami sedang mengurasi bersama tim kreatif. Kemudian, pemilihan ragam (pertunjukannya) dilakukan bersama pemda (Kalimantan Timur)," sebut Nia.

"Line-up talent juga sedang disusun," ia menyambung. "Kemudian, kami koordinasikan side event dengan KOL, seperti Kristian Hansen, dan ada pula lomba kreasi video. Kami juga promosi produk-produk ekonomi kreatif Kalimantan Timur dalam subsektor kriya, kuliner, dan fesyen."

Pihaknya juga menggelar acara bedah desain kemasan bagi 25 UMKM terlibat. Nia berkata, "Karena terkadang produk (UMKM) bagus, tapi tampilan kurang menarik, jadi orang maju-mundur mau beli."

Perayaan HUT ke-79 RI di IKN diharap menciptakan 12 ribu pergerakan. Menurut Nia, perhitungan ini berdasarkan jumlah undangan undangan, SDM teknis terkait, dan para pendukung acara yang belum diungkap detail olehnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksesibilitas IKN Diklaim Siap

Soal dampak ekonomi, Nia mengungkap pihaknya butuh waktu untuk melakukan pengkajian menyeluruh. Keterangan lebih lanjut juga diklam akan diberikan terkait ketersediaan akomodasi di IKN selama perayaan berlangsung.

"Kalau di sekitarnya (IKN), seperti Samarinda dan Balikpapan, (ketersediaan akomodasi) sudah cukup baik," sebutnya. "Soal jarak, karena ada tol, (perjalanan) nyaman, saya sudah merasakan sendiri, lancar. Secara aksesibilitas siap, apalagi bila bandara resmi beroperasi."

Di keterangan terpisah, pemerintah memastikan bandara dan jalan tol sudah siap digunakan untuk menyambut upacara HUT ke-79 RI di IKN. Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, bandara dan jalan tol diperkirakan bisa difungsionalkan pada Juli 2024.

"Akomodasi insya Allah sudah siap, karena nanti akhir Juli (2024) akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga insya Allah sudah aman, tapi tunggu sampai akhir Juli," ia menjelaskan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024), dikutip dari kanal News Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Pembangunan Bandara VVIP di IKN

Muhadjir menyampaikan pembangunan jalan tol dan Bandara IKN saat ini sudah mencapai 90 persen. Di kesempatan yang sama, ia membantah pembangunan Bandara VVIP IKN dilakukan secara terburu-buru. "Enggak buru-buru, sudah disiapkan lama kok itu (bandara)," ujar dia.

Terkait hotel untuk para tamu, Muhadjir menuturkan, duta besar negara sahabat nantinya tidak akan bermalam. Mereka dijadwalkan langsung kembali ke Jakarta usai menghadiri upaya peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

Sementara itu, pemerintah masih membahas apakah para mantan presiden dan wakil presiden bakal menghadiri upacara di IKN atau Istana Merdeka Jakarta. Sebab, pemerintah akan menggelar upacara HUT ke-79 RI di dua lokasi, yakni IKN dan halaman Istana Merdeka.

"Itu tadi masih diusulkan. Pak Presiden merekomendasikan pokoknya para tokoh diperhatikan, apakah di sini (istana Merdeka) atau IKN, itu belakangan," pungkas Muhadjir. Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara HUT ke-79 RI di IKN, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin di halaman Istana Merdeka.

4 dari 4 halaman

Sudah Sejauh Mana Progres Pembangunan IKN?

Jokowi nantinya akan didampingi Presiden Terpilih periode 2024--2029, Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, terjadwal mendampingi Ma'ruf Amin untuk upacara di Istana Merdeka Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 salah satunya akan digelar di IKN. Ia menyebut, persiapan acara tersebut sudah hampir final.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, enggak ada masalah di lapangan. Tadi kami cek satu per satu, dari lokasi, venue, kemudian tata urutan upacara, semuanya enggak ada masalah," kata Jokowi di IKN Kalimantan Timur, 5 Juni 2024.

Ia menargetkan, pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara Kawasan Istana Kepresidenan di IKN akan rampung pada Juli 2024. Usai rampung, persiapan HUT ke-79 RI akan mulai dilakukan.

"Jadi, pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," ujarnya. "(Sudah) 80-an persen interior, eksterior semuanya dalam proses. Insya Allah (Juli) selesai."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.