Sukses

Ide Agak Laen, Pemilik Rumah di Depok Pasang Pintu Kulkas Bekas di Kamar Mandi

Kulkas bekas dua pintu tersebut disulap jadi pintu kamar mandi yang unik dan membingungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral di akun Instagram @rumoh.akhirda membagikan video unik saat dia dan suaminya memasang pintu kulkas sebagai pintu kamar mandi. Ide unik ini ternyata membuat video yang diunggah pada 17 April 2024 ini disukai lebih dari 11 ribu pengguna Instagram.

Banyak di antara mereka yang berkelakar perihal ide lucu ini dengan membayangkan bagaimana cara si empunya rumah menunjukkan kamar madinya ke tamu yang baru datang. Tak sedikit juga yang malah terinspirasi dan menanyakan di mana mereka mendapatkan pintu kulkas bekas tersebut.

Tim Lifestyle Liputan6.com berhasil menghubungi Imelda, pemilik rumah dengan kamar mandi berpintu kulkas tersebut. Dia menerangkan ide itu muncul saat dirinya dan suami sedang membangun rumah baru. 

Ia dan suami merupakan wirausahawan yang memiliki bisnis di bidang event organization dan aksesori motor. Imelda mengatakan bahwa ide desain unik ini pertama muncul dari suaminya yang memang 'out of the box'.

"Ide awalnya karena pengen punya pintu kamuflase, tapi malah ilhamnya jadi ke pintu kulkas. Terus pengen tampil beda aja dan kebetulan suami saya memang agak laen, makanya coba aku realisasikan," sebut Imelda yang tinggal di Depok.

Setelah berdiskusi dengan sang suami, akhirnya mereka mencari kulkas bekas di mal rongsok sekitar Depok. Pilihannya jatuh pada sebuah kulkas warna hitam dengan harga Rp1,8 juta yang mereka anggap cocok secara tinggi dan bentuk untuk dijadikan 'pintu kamuflase'.

"Untuk motong dan pemasangan itu dari tim kontraktor kami jadi sebenarnya kami gak bayar lagi. Hanya ketika pemasangannya kita benar-benar brief tukangnya," sebut Imelda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep yang Dipikirkan Matang-matang

Sekitar tiga minggu dari pembelian kulkas tersebut, akhirnya pintu kamar mandi rumahnya yang berbentuk kulkas berhasil terpasang dengan rapi. Dalam videonya, Imelda juga memberi cuplikan pintu yang tampak ciamik dan disertai dengan kunci grendel tali seperti di hotel-hotel.

Meski terlihat lucu dan unik, Imelda mengaku bahwa dirinya juga tetap mempertimbangkan cara supaya pintu tersebut tetap terlihat bagus. Ia tak ingin pintu kamuflasenya malah membuat ruangan tidak enak dipandang.

"Aku yang paling mikirin teknisnya sampe benar-benar enak diliat gimana," tuturnya.

Butuh waktu tiga minggu sampai akhirnya pintu bisa terpasang dengan baik. Proses yang dilalui cukup panjang, mulai dari fitting pintu kulkas saat dibeli, pemotongan sesuai dengan ukuran tembok, hingga dirapikan agar bentuknya sesuai seperti yang diinginkan oleh Imelda dan suami.

Soal dana di luar harga kulkas pintu bekas yang dibelinya, Imelda jujur tidak menghitungnya karena sudah masuk dalam bujet pembangunan rumah barunya tersebut. Interior dalam kamar mandinya juga berwarna putih sehingga mirip sekali dengan bagian dalam kulkas.

3 dari 4 halaman

Rasanya Seperti Jadi 'Ayam Marinasi'

Ia sekarang juga telah memasang kunci slot panjang untuk menambah keamanan dari dalam pintu kamar mandinya tersebut. Sejauh ini, dari unggahan-unggahan yang dibagikannya, pintu kamar mandi itu tetap fungsional, dengan sentuhan yang unik dan lucu.

Ia menjelaskan bahwa dirinya dan suami juga mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan untuk kamar mandinya tersebut. Tak lupa, ia memasang kipas exhaust dan sebuah jendela kecil untuk sirkulasi udara.

Meski tidak memasang AC di dalam toiletnya, karena warna kamar mandinya yang serba putih, ruangan tersebut tetap tampak seperti interior dalam kulkas. "Jadi rasanya kayak POV jadi ayam marinasi," sebut Imelda bercanda.

Dirinya juga mengatakan bahwa ia mempertahankan hampir keseluruhan material kulkas, termasuk bagian karet penutup yang membuat pintunya kedap seperti kulkas asli. Karena itu, bagian dalam dari kamar mandi tersebut jadi kedap suara karenanya.

Terlihat bagian tembok penghubung antara kamar mandi dan ruang tamu yang orang biasanya memakai kusen kayu atau kusen pintu kamar mandi plastik, jadi dilapisi dengan material dalam kulkas warna putih yang khas. Bagian dalam dari pintu kulkas yang berisikan rak-rak penyimpanan juga masih tampak dipertahankan dan malah difungsikan jadi tempat menaruh barang-barang kamar mandi.

 

4 dari 4 halaman

Tamu Sampai Ada yang Bingung

Ketika ditanya soal reaksi orang-orang sekitarnya, Imelda memberikan beberapa cerita lucu dari orang-orang yang berkunjung ke rumah barunya tersebut. Ia mengaku ada yang sampai kaget dan salah sangka dengan pintu kulkas di depan ruang tamu itu.

"Banyak yang sengaja buka diam-diam karena penasaran kenapa kok bisa mendem di tembok kulkasnya. Kalau sudah buka langsung ketawa-ketawa pasti," sebutnya.

Selain itu, ada tamu yang sampai bingung ketika bertanya di mana kamar mandinya. Si tamu bahkan sampai salah masuk dan 'nyasar' ke ruang salat yang ada di sebelah pintu kulkas tersebut.

"Yang lebih lucunya ada yang nanya toilet di mana, aku bilang 'di situ', terus malah nyasar ke musala dan keluar karena bingung," cakap Imelda.

Tak hanya tamu kebingungan, ada juga yang menyangka bahwa dirinya baik hati sekali sampai mau menaruh sebuah kulkas di ruang tamu. Hal ini jadi lelucon yang selalu membawa gelak tawa bagi dirinya dan keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.