Sukses

Sosok Chelsea Manalo, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Dinobatkan Sebagai Miss Universe Filipina 2024

Lahir dari ibu asal Filipina dan ayah keturunan Afrika-Amerika, kemenangan Chelsea Manalo sebagai Miss Filipina dirayakan di media sosial dan dianggap mematahkan anggapan tradisional soal makna kecantikan yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea Manalo asal Filipina-Amerika menjadi wanita kulit hitam pertama yang dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina pada Rabu, 22 Mei 2024. Lahir dari ibu asal Filipina dan ayah keturunan Afrika-Amerika, kemenangan wanita berusia 24 tahun ini dirayakan di media sosial.

Mengutip laman CNN, Sabtu (25/5/2024), kemenangannya di kontes kecantikan tersebut membantu “mematahkan” cita-cita kecantikan tradisional yang telah lama dipegang di negara tersebut. "Kemenangan Chelsea menantang preferensi kita yang sudah mendarah daging terhadap kecantikan (fitur) Eurosentris dan kulit lebih cerah di negara kita,” tulis salah satu pengguna di akun resmi Miss Universe Filipina.

Warganet lainnya menanggapi kemenangannya dengan menulis, "Standar kecantikan Filipina hancur berkeping-keping."

Mewakili Bulacan, sebuah provinsi di utara Manila, Manalo menyisihkan 52 kontestan lain dari seluruh nusantara dan luar negeri. Kompetisi diadakan di SM Mall of Asia Arena di Pasay. Saat kompetisi mengerucut ke lima finalis teratas, Manalo ditanya di atas panggung bagaimana dia akan menggunakan kecantikan dan kepercayaan dirinya untuk memberdayakan orang lain.

"Sebagai perempuan kulit berwarna, saya selalu menghadapi tantangan dalam hidup saya. Sebenarnya saya diberitahu bahwa kecantikan itu ada standarnya," katanya, seraya menambahkan bahwa dia diajari untuk "percaya pada ibu saya, selalu percaya pada diri sendiri, menjunjung tinggi sumpah yang Anda miliki."

"Karena itu, saya sudah mempengaruhi banyak perempuan yang menghadapi saya saat ini," katanya sambil menatap ke arena yang penuh sesak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mematahkan Definisi Kecantikan Tradisional

Kemenangan Manalo adalah bagian dari perbincangan yang lebih luas mengenai diversifikasi gagasan tentang kecantikan di Filipina, sebuah negara di mana cita-cita Barat telah lama bertahan. Hal ini telah terbentuk sejak masa lalu kolonial negara tersebut.

Aktor dan model berkulit cerah biasanya membintangi acara TV, film, dan kampanye fesyen besar, dan seperti yang biasa terjadi di negara-negara Asia lainnya, perawatan dan produk pencerah kulit tersebar luas. Manalo, yang mulai menjadi model pada usia 14 tahun, menggambarkan rasa tidak amannya saat tumbuh dewasa.

Dalam sebuah video YouTube di Empire Philippines, yang menyiarkan langsung acara tersebut ia mengatakan, "Saya tumbuh dengan rasa tidak aman karena saya selalu diintimidasi karena kulit dan jenis rambut saya."

Ia memuji teman-teman dan keluarganya karena membantunya "menyadari bahwa dirinya cantik dengan cara yang luar biasa." Diketahui Manalo akan mewakili Filipina dalam kontes Miss Universe yang akan diadakan di Meksiko pada bulan September. 

3 dari 4 halaman

Berkarier Sebagai Model

Manalo bersaing untuk mendapatkan gelar kelima untuk negaranya, mengikuti jejak Gloria Diaz pada 1969, Margie Moran pada 1973, dan Pia Wurtzbach pada 2015 setelah pembawa acara Steve Harvey awalnya salah menyatakan pemenang. Catriona Gray adalah orang Filipina terakhir yang meraih gelar tersebut. memenangkan gelar pada tahun 2018.

Lebih dari 100 negara akan diwakili di Miss Universe 2024. Pada tahun ini kompetisi ini telah menghapuskan batasan usia atas yang ditetapkan untuk para kontestannya – sebelumnya, mereka yang berkompetisi harus berusia antara 18 dan 28 tahun.

Organisasi Miss Universe mendapat sorotan dalam beberapa minggu terakhir, sebagai perusahaan induk dari organisasi Miss USA. Baik Miss USA dan Miss Teen USA mengundurkan diri dari peran mereka pada awal Mei ini, di tengah tuduhan salah urus, lingkungan kerja yang beracun, dan kondisi yang berdampak pada kesehatan mental mereka.

Mengutip dari Tatler Asia, sebelum memenangkan mahkota tersebut, Manalo telah mengukir jalannya di industri fashion, memulai perjalanannya sebagai model pada usia 15 tahun. Ia mengakui dalam salah satu sesi tanya jawab Instagram bahwa menjadi model bukanlah impian masa kecilnya sebaliknya, dia ingin menjadi pembalap mobil.

4 dari 4 halaman

Dedikasi untuk Anak-Anak dan Pecinta Hewan

Seiring berjalannya waktu, dia menemukan bakatnya dalam dunia modeling selama bertahun-tahun dan belajar untuk mencintai setiap bagiannya. Sejak itu, Manalo berkembang sebagai model majalah, runway, dan komersial, bahkan berkolaborasi dengan perancang busana ternama internasional Mark Bumgarner.

Ratu kecantikan Filipina-Amerika berusia 25 tahun ini bukanlah orang baru dalam dunia kontes kecantikan. Menurut profil Miss Universe Filipina, Manalo telah berpartisipasi dalam kontes sejak sekolah menengah.

Salah satu yang paling menonjol adalah pada tahun 2017 ketika Manalo berpartisipasi dalam Miss World Filipina, di mana ia meraih tempat di antara 15 finalis Teratas. Sepanjang perjalanannya di Miss Universe Filipina 2024, Manalo meneruskan advokasinya untuk memberdayakan anak-anak masyarakat adat melalui pendidikan.

Ia menjalin kemitraan erat dengan Kids for Kids, sebuah organisasi yang dipimpin oleh kaum muda yang berdedikasi untuk menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak, khususnya mereka yang berada di daerah terpencil, dan memberdayakan mereka untuk menjadi katalis perubahan dalam komunitas mereka.

Di luar kariernya yang cemerlang, ratu kecantikan baru ini bersinar sebagai penyayang binatang. Ia memelihara anjing yang diberi nama shih tzu, anak anjing pomchi, dan hewan lain seperti burung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini