Sukses

Ragam Komentar Warganet Soal Elon Musk Berkemeja Batik ke Puskemas Bali, Disebut Mau Kondangan sampai Daftar BPJS

Video kedatangan Elon Musk di Bali beredar di berbagai media sosial. Warganet Indonesia pun heboh dan mengungkapkan beragam reaksi termasuk dengan memberikan komentar kocak.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri SpaceX dan salah satu orang terkaya dunia, Elon Musk, akhirnya mendarat di Bali dengan pesawat jet pribadi. Ia disambut langsung oleh menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Selanjutnya, ia meresmikan peluncuran layanan jaringan internet satelit miliknya, Starlink, di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Kota Denpasar, Bali, Minggu, 19 Mei 2024. Dalam acara tersebut, Elon Musk didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Momen itu menarik perhatian warganet karena datang ke Puskesmas dengan penampilan sangat sederhana. Elon Musk yang dijadwalkan mengikuti kegiatan World Water Forum 2024 dan bertemu Jokowi itu mengenakan kemeja batik hijau.

Dalam sebuah video yang dibagikan akun Instagram @kepoin_trending yang melansir dari akun TikTok @Balistory, Senin 20 Mei 2024, warganet melontarkan beragam komentar kocak.

"Akhirnya Pak Elon daftar BPJS di puskesmas," komentar seorang warganet.

"Lagi memantau kelas BPJS," sahut warganet lain.

"Jadi makin mirip Terminator," timpal yang lain.

"Kirain Mas Arnold Schwarzenegger ternyata Musk Elon," tulis warganet yang lain.

"Elon Musk mau Kondangan nikahan ?😂” kata warganet yang lain.

"Sekelas pak elon az brobat di puskesmas," ujar warganet lainnya.

Kehadiran Elon Musk di Bali banyak jadi sorotan, termasuk tentang kemeja batik motif Palu lengan panjang berwarna hijau yang dikenakannya. Musk ternyata juga pernah menggunakan batik hijau dengan motif serupa saat berbicara secara virtual dalam KTT Bussiness 20 (b20) dalam forum resmi G20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemeja Batik Elon Musk

Dilansir dari Fimela, Selasa, 21 Mei 2024, ada alasan tersendiri kenapa Musk mengenakan batik motif Bomba atau Palu. Rupanya, Batik Palu telah menjadi sumber nikel terbesar di Indonesia. Nikel tersebut dipakai untuk pembuatan mobil listrik, yaitu baterai.

Batik hijau yang dipakai memiliki motif yang begitu memikat. Rupanya ada makna filosofi di balik motif Batik Bomba, Batik Bomba ini asalnya dari Sulawesi Tengah. Mungkin sebagian orang baru mengetahui kalau batik juga jadi salah satu kesenian yang tidak hanya berkembang di pulau Jawa saja. Nyatanya, industri batik khas Sulawesi Tengah ini punya pangsa pasar yang cukup diperhitungkan.

Secara motif, batik ini banyak mengadopsi unsur-unsur flora. Dalam bahasa Kaili, bahasa yang kerap digunakan oleh masyarakat Palu dan sekitarnya, Bomba punya arti sebagai kembang atau bunga.

Menurut situs iwarebatik.com, batik ini punya filosofi mengenai rasa cinta yang sakral untuk keluarga, kerajaan, dan Tuhan. Motif dari batik-batik bomba juga melambangkan kehidupan sosial masyarakat Palu yang sangat terbuka dan menghargai keberagaman dalam kebersamaan.

3 dari 4 halaman

Elon Musk di World Water Forum 2024

Saat berada di Puskesmas di Denpasar, Musk juga mengakui bahwa Bali merupakan pulau yang indah sekaligus cantik. Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia, dalam rangka menghadiri World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, 18--25 Mei 2024. Perhelatan forum air sedunia tersebut menjadi momentum dimana dirinya dapat mengunjungi Indonesia.

Saya diundang ke World Water Forum dan menurut saya ini kesempatan yang bagus untuk mengunjungi Indonesia, terutama Bali," kata dia usai meresmikan peluncuran Starlink di salah satu puskesmas di Denpasar, Minggu, 19 Januari 2024, mengutip kanal Global Liputan6.com.

Ia mengaku telah mendengar banyak tentang Bali dan Indonesia sebelumnya."Saya telah mendengar banyak hal baik tentang Bali dan Indonesia, dan semuanya benar. Ini tempat yang luar biasa dan pulau yang cantik. Sepertinya, ini waktu yang tepat juga untuk melakukan peresmian Starlink," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Ajak Elon Musk Jalan-Jalan di Bali

Di sela-sela agenda Musk di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkap keinginan mengajak pria 52 tahun jalan-jalan di Pulau Dewata.

"Tapi karena jadwalnya masih disusun, kami berharap Elon Musk bisa mengunjungi beberapa destinasi andalan di Bali," katanya dalam video di akun Instagram-nya, Jumat, 17 Mei 2024.

Menparekraf juga ingin bos Tesla itu bisa menyambangi destinasi wisata berkelanjutan di pulau tersebut. Kendati Musk belum pasti bisa diajak jalan-jalan, Sandi menyebut pihaknya sudah menyiapkan beberapa tujuan perjalanan di Bali. Ia berbagi, "Kami siapkan Tahura, Melasti, Kura-Kura Bali, dan Jatiluwih.""

"Kami juga sudah menyiapkan Subak dan Tirta Empul di Besakih," Sandi menyambung. Sebagai keterangan unggahan, ia menulis, "Destinasi mana nih yang harus dikunjungi Elon Musk di Bali, guys? Pilihan destinasi-destinasi unggulan di Bali ini harapannya dapat dilihat secara langsung karena memiliki potensi yang hebat untuk menjadi tujuan investasi yang menarik dalam mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif berkelanjutan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini