Sukses

7 Tips Ampuh Berburu Tiket Kereta Buat Lebaran

Persaingan untuk mendapatkan tiket sangat ketat, dan tiket seringkali habis terjual dalam waktu singkat.

Liputan6.com, Jakarta Berburu tiket kereta buat lebaran jadi momen terpenting yang tidak akan dilewatkan bagi para perantau, terlebih bagi Anda yang terbiasa mengandalkan jasa layanan kereta api untuk pulang ke kampung halaman. Namun, mendapatkan tiket kereta api pada musim mudik Lebaran bukanlah hal yang mudah. 

Persaingan untuk mendapatkan tiket sangat ketat, dan tiket seringkali habis terjual dalam waktu singkat. Agar Anda bisa mendapatkan tiket kereta sesuai dengan tanggal dan waktu yang Anda inginkan, berikut 7 tips ampuh berburu tiket kereta buat lebaran, di antaranya:

Rencanakan Jadwal Keberangkatan dan Jadwal Pulang

Pertama, Anda harus tentukan kapan jadwal berangkat dan pulang (hari, tanggal, dan jam). Setelah itu Anda bisa melakukan pembelian saat pemesanannya sudah dibuka. Hal ini penting untuk diperhatikan karena akan menghindari Anda dari ketinggalan jadwal pemesanan tiket kereta mudik.

Jangan Lupa Pasang Alarm

Perlu diingat, pemesanan tiket kereta biasanya dibuka tepat jam 00.00 dan tidak berselang lama tiket kereta akan langsung habis dalam waktu singkat. Jadi, pastikan Anda pasang alarm setengah jam sebelum jam 00.00 dan standby di depan aplikasi atau laptop, agar saat tiba waktunya Anda tinggal klik pesan dan check out. Tahan rasa kantuk untuk sementara waktu.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Selain pasang alarm, Anda perlu koneksi internet yang stabil agar bisa tetap standby saat reload website atau aplikasi pemesanan. Internet stabil adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tiket kereta ke kampung halaman. Perlu diingat bahwa saat pemesanan, Anda akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan masyarakat di Indonesia yang mengakses layanan di waktu yang bersamaan.

Pesan dari Aplikasi

Tips ampuh berburu tiket kereta buat lebaran salah satunya adalah pesan melalui online atau melalui aplikasi pemesanan. Aplikasi Traveloka bisa menjadi andalan, Anda hanya perlu mengunduh jika belum pernah menjadi pengguna dan dapatkan harga terbaik yang biasanya ada untuk pengguna pertama atau promo menjelang hari raya seperti lebaran. Pastikan spesifikasi smartphone Anda juga cukup memadai, sehingga saat aplikasi berjalan tidak mendadak lag atau lemot. .

Gunakan Fitur Data Penumpang

Di aplikasi biasanya ada fitur data penumpang. Gunakan itu sebagai cara untuk mempersingkat waktu proses pengisian data saat pemesanan. Sebelum pemesanan dibuka, terlebih dahulu isi data penumpang. Perlu diingat setelah Anda mengunduh aplikasi Traveloka, Anda akan diminta untuk mengisi data jika Anda pengguna pertama. 

Disarankan jangan baru unduh dan mengisi data saat pemesanan dibuka, karena akan menyita waktu dan Anda bisa kehabisan tiket kereta buat lebaran. Siapkan data di aplikasi jauh-jauh hari sebelumnya Anda memesan, lebih baik seminggu atau sebulan sebelumnya. Setelah data lengkap, Anda cukup mengisinya secara otomatis pada data penumpang tanpa perlu mengetik atau mengisi ulang kembali. 

Coba Lebih dari Sekali

Berburu tiket kereta buat lebaran memerlukan kesabaran ekstra, jangan menyerah dulu sebelum tiket kereta berhasil Anda dapatkan. Jika pemesanan pertama gagal, Anda coba cek kembali 15-30 menit setelahnya secara berkala. Siapa tahu, masih ada kesempatan dari pemesanan tiket yang tidak berhasil terbayarkan. Kalau diniatkan secara tulus dan ikhlas untuk mengunjungi keluarga tercinta serta bersilaturahmi saat hari raya lebaran, pasti akan dimudahkan  jalan untuk mendapatkan tiket kereta buat lebaran.

Cek Ketersediaan Tiket Tambahan

Pada momen mudik lebaran, biasanya pihak KAI akan selalu menyediakan tambahan tiket kereta. Jadi, jangan khawatir jika Anda tidak mendapatkan tiket kereta utama buat lebaran. Pasti akan selalu ada tambahan dari KAI untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mengunjungi keluarga atau sanak famili di kampung halaman. Anda bisa mengecek di periode musim liburan atau menjelang musim mudik. Pastikan bahwa aplikasi Traveloka Anda aktif dan nyalakan notifikasi untuk ketersediaan tiket kereta tambahan.

Terakhir jika segala cara sudah Anda coba, dan tidak dapat, persiapkan rencana cadangan dengan mencari rute dan tanggal alternatif lain untuk memesan tiket kereta buat lebaran. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika seandainya tanggal dan rute utama yang Anda pilih sudah habis. Semoga tips-tips ini membantu Anda dalam berburu tiket kereta api mudik Lebaran.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini