Sukses

Cantiknya Gaun Jubah Pengantin Mahalini, Padukan Budaya Sunda dan Gaya Victoria Berhias Bunga Kristal

Selain kebaya yang dipakai saat akad, ada juga gaun putih indah yang disiapkan untuk acara pernikahannya. Gaun pernikahan tersebut adalah karya dari brand perancang busana LISA JU.

Liputan6.com, Jakarta - Mahalini dan Rizky Febian resmi menjadi sepasang suami istri. Akad nikah keduanya berlangsung hari ini, Jumat, (10/5/2024) pukul 10.00 WIB di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Acara akad nikah tersebut tersebut berlangsung privat, hanya dihadiri oleh kerabat terdekat. Setelah akad nikah berlangsung, keduanya mengunggah foto yang memamerkan cincin pernikahan dan buku nikah pada akun Instagram pribadi mereka @rizkyfbian dan @mahaliniraharja.

Mereka tampak tersenyum bahagia dalam foto tersebut. Mahalini juga tampak mencium tangan Rizky Febian pada foto ketiga. Di hari pernikahannya, busana yang digunakan adalah busana pernikahan adat Sunda.

Mahalini tampak pangling memakai kebaya putih khas Sunda dan siger Sunda sebagai hiasan kepala yang menjadi ciri khasnya. Tak hanya kebaya yang dipakai saat akad, ada juga gaun putih indah yang disiapkan untuk sesi lain di acara pernikahannya.

Gaun pernikahan tersebut adalah karya dari brand perancang busana LISA JU. "Pada proyek terbaru kami, kami membuat jubah pengantin yang halus untuk pengantin tercinta kami, mahalini," keterangan yang tertera dalam videonya.

LISA JU juga menjelaskan dalam videonya bahwa jubah tersebut merupakan paduan antara keanggunan budaya Sunda dengan keindahan zaman Victoria. Sebagai hiasan kepalanya, Mahalini menggunakan siger Sunda karya desainer aksesori Rinaldy Yunardi.

"Fondasi gaun ini adalah renda Prancis yang indah, dipilih karena keindahan abadi dan tekstur halus yang menambahkan sentuhan romansa pada desainnya secara keseluruhan," tulis akun resmi LISA JU dalam keterangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terinspirasi oleh Kelopak Mawar

Detail dari gaunnya, menunjukkan motif mawar yang indah. LISA JU menggambar pola mawar tersebut dengan tangan. Mereka kemudian menyulamnya dengan teliti.

Motif bunga mawar tersebut disulam dengan manik-manik dan mutiara yang memenuhi seluruh gaun hingga pada bagian lengan. Terinspirasi oleh kelopak mawar yang halus, semua dijahit tangan dan tampak berkilauan pada kain.

Sementara untuk bagian bawahnya, rok tulle dengan ruffle mengalir seperti air terjun dengan penempatan manik-manik dan mutiara yang tersusun. Gaun tersebut dilengkapi dengan korset gaya Victoria yang dipahat dan dibentuk dengan anggun.

"Setiap lapisan tulle disulam dengan cermat dengan kristal yang diletakkan di bagian tangan, berkilauan dengan lembut di bawah cahaya yang menambah sentuhan glamor," tulisnya.

Saat Mahalini berjalan, jubah gaun tersebut akan menyapu lantai dengan ribuan bunga kristal tiga dimensi menghiasi jubah. Bunga kristal tersebut akan tampak berkilauan dan menampilkan kerlap-kerlip lembut yang menunjukkan kesan elegan dan mempesona.

3 dari 4 halaman

Suvenir Pernikahan yang Mewah

Selain gaunnya yang mewah, suvenir pernikahannya pun menjadi sorotan. Mengutip Kanal Lifestyle Liputan6.com pada Jumat, 10 Mei 2024, untuk momen spesial ini, kabarnya mereka menyiapkan 2.000 suvenir untuk para tamu undangan.

Suvenir tersebut berasal dari merek dan pembuat yang sama dengan suvenir di acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Desember 2022 lalu yaitu Howel & Co. "Persiapan 2000 suvenir pernikahan. Mereka memilih Elion dengan Oud Burgundy dan Sajadah Rayyan karena keanggunan dan kegunaannya," tulis keterangan unggahan akun Instagram @howelandco, pada 6 Mei 2024.

Di video tersebut, terlihat ada persiapan suvenir pernikahan berupa handuk berwarna burgundy dan sajadah. Di bagian bawah handuk dan sajadah itu tertera bordiran dengan inisial MR yang merupakan singkatan dari Mahalini dan Rizky.

Handuk dan sajadah yang diduga akan menjadi suvenir pernikahan itu terlihat mewah dengan inisial 'MR' dibordir di bagiannya dengan benang emas. Selain handuk dan sajadah, sepertinya ada juga set peralatan makan, sesuai catatan invoice di video tersebut.

"Handuk Single -Elion - Oud Burgundy 1000, Sajadah Single - Rayyan - Dessert Taupe 1000, Tableware Set - Zamora - Green 1000," bunyi keterangan dalam kertas pemesanan atau invoice tersebut.

4 dari 4 halaman

Jawaban Sule Terkait Keyakinan Mahalini

Pernikahan antara Rizky Febian dengan Mahalini banyak publik bertanya-tanya apakah Mahalini akan menjadi mualaf? Namun, seolah enggan membuat publik berspekulasi soal keyakinan Mahalini setelah menjadi istri Rizky Febian, Sule mengunggah momen selama di Bali melalui vlog di kanal YouTube miliknya. Dari situ, ia menyatakan bahwa Mahalini akan menjadi mualaf.

Sule dalam video yang sama juga menegaskan bahwa keluarga Mahalini sudah mengizinkan calon menantunya untuk berpindah keyakinan dan siap menikah di Jakarta secara Islam.

"Alhamdulillah, semua sudah selesai. Jadi ini tuh acara Mepamit, pamitan dari keluarga dan juga leluhurnya Lini, bahwasanya Lini akan berpindah agama. Dan sudah diizinkan, dan Lini sudah diperbolehkan untuk menikah secara agama kami, nanti di Jakarta," tutup Sule.

Mengutip informasi dari akun Instagram @rfasmusic, sebelum Mepamit, Mahalini dan Rizky Febian terlebih dahulu melangsungkan upacara adat Dharma Suaka. Pelaksanaan Dharma Suaka dilakukan calon mempelai pria untuk meminta izin dalam meminang atau ngidih kepada keluarga calon mempelai wanita agar dapat melanjutkan langkah menuju jenjang berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.