Sukses

WNI di Korea Salat Id Pakai Sarung dan Batik, Sampai Dilirik Keheranan Warga Korea Selatan

Beberapa warga Korea Selatan menoleh keheranan melihat para WNI berjalan bersama ke tempat salat Id. Ada juga yang tersenyum dan sepertinya tertarik dengan gaya busana muslim para WNI.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini beredar video beberapa orang WNI berangkat Salat Id di Kota Ansan, Korea Selatan, saat Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Video itu dibagikan akun TikTok @masdayon45 merekam sejumlah pria berjalan bersama untuk Salat Idulfitri melewati jalanan yang cukup ramai.

Dalam video tersebut, para WNI ini memakai baju muslim dan membawa sajadah untuk salat. Ada pula yang memakai sarung dan peci.  Mereka diketahui hendak salat di Taman Wongok-dong Ansan bersama umat Muslim lainnya.

Beberapa warga Korea itu terlihat keheranan melihat mereka yang berjalan bersama. Ada juga yang tersenyum dan sepertinya tertarik dengan gaya pakaian para WNI.

"Reaksi orang Korea lihat orang Indonesia pakai sarung + batik, otw salat Idul Fitri," tulis akun itu, Rabu, 10 April 2024.

Pemilik akun ini juga mengabadikan momen salat Id di Korea Selatan ini. Alih-alih sepi, banyak umat Muslim di Korea yang juga ikut merayakan lebaran dan turut mengikuti salat tersebut. Dia menjelaskan Salat Id di tempat itu sampai dibuat tiga kloter dan didominasi oleh orang Indonesia.

"Salat dibagi menjadi tiga kloter, karena saking banyaknya orang yang mau salat," ungkapnya. Tiap kloter diisi dengan ceramah singkat dengan penceramah dan imam yang berbeda. Momen reaksi orang Korea menyaksikan WNI hendak salat Id di negara ini pun mengundang beragam komentar para warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disangka Ada Fashion Show

Banyak warganet justru menduga warga Korea terinspirasi dengan outfit lebaran WNI dan ingin menjadikannya tren fesyen. Dari beberapa video yang diunggah, salah satunya sudah dilihat lebih dari 9,9 juta kali dan disukai lebih dari 1,1 juta kali

"Mereka kayaknya tertarik terus jadi tren baru,” komentar seorang warganet.

"Dikira style terbaru sama orang Korea,” kata warganet yang lain.

"Mungkin dikira lagi ada fashion show,” tulis warganet lainnya.

"MasyaAllah, jadi kepengen Ied Fitri di korea🥰,” ujar warganet lain.

Sebelumnya, idola K-Pop berkewarganegaraan Indonesia, Zayyan Xodiac, merayakan Idulfitri 2024 di Seoul, Korea Selatan. Momen Zayyan melaksanakan salat Id seketika viral di media sosial sejak Rabu, 10 April 2024.

Mengenakan baju koko putih yang dilapisi dengan jaket kulit hitam, Zayyan tampak salat di pelataran KBRI Seoul. Momen ini terekam  kamera jemaah lain yang menyadari kehadiran anggota boyband tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya, pemilik akun @septi_khairullah itu menceritakan pengalamannya melihat Zayyan salat Idulfitri.

"Pernah terbayangkan nggak kalau kalian bisa Sholat Idul Fitri bareng Kpop Idol? Happy Eid Mubarak temen-temen semua, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin☪️ Kali ini aku mau cerita, gimana bisa ketemu Kpop Idol dan Sholat Idul Fitri bareng✨🥹" tulisnya.

 

3 dari 4 halaman

Zayyan XODIAC Ikut Salat Id

"Jadi sebagai WNI yang tinggal di Korea Selatan, sholat Idul Fitri kali ini aku lakukan di KBRI Seoul guys. Awalnya aku hanya fokus dengan khutbah yang dilakukan oleh imam dan sesekali merekam video Imam berbicara," tambahnya.

Tanpa sadar, dia melihat Zayyan yang berada di shaf depan. Awalnya, Septi Khairullah sempat merasa ragu apakah pria yang dilihatnya benar-benar Zayyan. "Tapi setelah selesai Sholat dan melihat orang tersebut memakai masker+topi hitam yang sangat khas melekat pada idol membuat aku semakin yakin bahwa itu adalah Zayyan," terangnya.

Keyakinannya diperkuat dengan unggahan di akun X resmi @XODIAC_MEMBERS. Dalam unggahan itu, Zayyan mengenakan outfit sama persis dengan pria yang ditemui Septi. Dia berfoto di bawah pohon sakura dengan caption mengucapkan selamat hari raya.

"Dan ternyata, tidak lama setelah itu Zayyan update foto dia setelah Shalat Eid di twitter dan aku masih kaget kalau aku bisa Sholat bareng Idol Kpop guys🥹😭. Kalau kalian di posisi aku kira kira kalian akan ngapain?? " tutupnya.

4 dari 4 halaman

Zayyan Makan Ketupat Lebaran

Tak hanya salat Id, Zayyan juga berkesempatan menyantap ketupat khas Lebaran. Momen ini dibagikan Zayyan di media sosial grupnya dan Mnet Plus Chat sebelum diunggah ulang oleh banyak penggemarnya, termasuk di akun menfess di X (Twitter).

Dia tersenyum ke arah kamera dengan ketupat sayur, rendang dan kerupuk yang sudah tersaji di hadapannya. Ia terlihat mengenakan baju koko putih, sebagaimana kebanyakan umat Muslim saat Idulfitri. Atasan itu dipakai di bawah jaket kulit hitam.

Finalis Indonesian Idol musim 10 ini juga membawa sajadah biru yang dilipat dan diselipkan di tasnya. Zayyan terlihat berfoto di bawah pohon sakura yang mulai mekar di ibu kota Korea Selatan. "Selamat idulfitri," tulisnya disertai emoji senyum dan hati berwarna kuning.

Di foto berbeda, Zayyan terlihat menyantap makanan khas Lebaran, yakni ketupat, olahan daging, dan sayur bersantan. Foto-foto itu pun mengundang ragam komentar dari para penggemar. Salah satunya menulis, "Kapan lagi liat idol ngerayain idul fitri, mana tadi pap abis sholat ied juga, bawa sajadah, kapan lagi liat idol bawa sajadah 😭😭".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.