Sukses

Digaji Rp40 Jutaan Sebagai Anggota DPR, Rieke Diah Pitaloka Pilih Belanja Baju Online Rp200 Ribuan

Anggota DPR kerap diidentikkan dengan gaya hidup hedon. Tapi, Rieke Diah Pitaloka memilih lebih banyak mengalokasikan uangnya untuk belanja perhiasan daripada baju.

Liputan6.com, Jakarta - Rieke Diah Pitaloka tidak disangka sudah menjabat anggota DPR RI selama empat periode. Ia makin jarang terlihat di layar kaca maupun layar lebar, tetapi fokus pada kegiatannya sebagai politikus.

Sebagai anggota DPR yang kerap dikaitkan dengan gaya hidup mewah, Rieke mengaku baju yang dipakainya terbilang murah. Hal itu terungkap saat wanita asal Garut itu berbincang dalam tayangan podcast Melaney Ricardo.

"Tunggu gue nanya, itu baju lo hari-hari kan gue jarang lihat. Bajunya yang ini harganya berapa? Kalau boleh tahu," tanya Melaney dalam video yang diunggah ulang oleh akun @rrosmini pada Senin, 8 April 2024.

"Boleh-boleh, soalnya ini lagi hits sekarang. Online ya, kayak 200 ribuan (rupiah)," jawab Rieke.

Sontak, Melaney mengaku tidak percaya karena gaji anggota DPR bisa puluhan juta. "Mau gue beliin nggak? Iya lucu-lucu bener, sumpah," Rieke menawarkan.

Melaney pun membandingkan dengan harga baju yang dipakainya yang menurutnya lebih mahal daripada punya Rieke karena merupakan barang endorse. Rieke juga menunjukkan sandal yang dipakainya yang ternyata murah meriah. "Ini lucu kan? Cuma seratus ribu," cetus wanita berusia 50 tahun itu,

"Emang gaji lo berapa sih mba, DPR RI kalau boleh gue tahu?" tanya Melaney lagi.

"Punya uang buat apa, gitu pertanyaannya," balas Rieke.

Rieke mengungkap bahwa gaji anggota DPR sekitar Rp40 jutaan sebulan. "Tapi, wilayah kerja kita itu kan DPR RI dan kadang orang hanya kerja untuk dapilnya aja. Kita ada uang reses, uang kunker (kunjungan kerja) begitu yang menurut saya besar," beber Rieke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Pilih Beli Emas

 

Lebih lanjut, Rieke mengatakan uang reses dan kunker harus ditujukan ke daerah pemilihan (dapil). Namun, suatu kebijakan yang akan diambil harus melalui riset, sehingga dana kunker yang diterimanya ia pergunakan untuk riset tersebut.

Sementara, pendapatan yang diperolehnya tidak dihabiskan untuk membeli barang-barang mewah. Perempuan yang lekat dengan sosok Oneng di sitkom Bajaj Bajuri itu mengaku lebih suka membeli perhiasan.

"Gue jadul banget tahu nggak, beli perhiasan (emas)," jelasnya. Ia menjelaskan bahwa semua berawal dari pesan ibunya sejak ia aktif syuting, yakni untuk menambung emas. 

Sebelumnya mengutip Tim Showbiz Liputan6.com, 5 April 2024, Rieke merasakan berkah Ramadan tahun ini. Salah satunya berdamai dengan rasa kecewanya, serta kembali menjalin komunikasi dengan mantan suami.

Diakui Rieke Diah Pitaloka, pertemuan dengan mantan suaminya pun tanpa disengaja. Semua seolah telah direncanakan Tuhan Yang Maha Esa dengan sangat sempurna.

3 dari 4 halaman

Berdamai dengan Masa Lalu

"Alhamdulillah bisa kembali menjalin komunikasi dengan bapaknya anak-anak, cute kan. Setelah 10 tahun, itu yang seru sih," ungkap bintang Bajaj Bajuri ini di Kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu, 3 April 2024.

Rieke tak lagi menaruh rasa dendam ataupun marah saat kembali dipertemukan dengan mantan suaminya. Ia justru merasa lebih tenang, yang dianggapnya sebagai hikmah dari Bulan Ramadan.

"Habis gitu aku langsung ehem, ya ajak salaman aja. Selama ini kan marah segala macam, tapi Allah kasih hikmah lah ya. Di Bulan Ramadan ini saya nggak marah tuh. Udah hilang marahnya, kali ya. Udah 10 tahun, udah tenang saya pikir," ungkapnya.

Selama ini, Rieke mengaku menutup komunikasi dengan mantan suaminya itu. Meskipun menghubungi, itu pun lewat pihak ketiga. "Karena biasanya komunikasi lewat yang ngurus anak-anak atau lewat staf. Saya nggak nyimpen nomornya, saya blok segala macam," ungkap Rieke lagi.

 

4 dari 4 halaman

Membesarkan Anak Sendiri

Rieke berharap, kondisi yang baik ini akan terus bertahan ke depannya. Ia menyadari harus lebih bijaksana lagi dalam menghadapi sesuatu, di usianya yang kini menginjak 50 tahun.

"Udah gocap. Udah lah harus lebih tenang, harus lebih bijak, harus lebih wise. Harapannya, doain ya. Mudah-mudahan semuanya bisa lebih baik lah," ucap Rieke.

Sementara, anak-anaknya meledek saat momen kedua orangtuanya dipertemukan. "Dasar anak-anak, malah ciee, ciee. Aduh anak-anak luar biasa. Tapi saya lihat betapa senangnya anak-anak ketika ibu bapaknya jadi akur ya, bisa ngobrol lagi, bisa discuss-lah," sambung Rieke.

Rieke mengakui pernah bertekad mengurus buah hati seorang diri, meski tanpa bantuan mantan suami. Tetapi, ia menyadari membesarkan anak bukan hanya soal materi. Peran kedua orangtua juga penting sebagai cerminan sang anak.

"Saya selalu bilang gue bisa kok gedein anak sendiri, tapi membesarkan anak itu bukan cuma soal materi. Ada figur ayah, ada figur ibu, yang itu harus jadi cermin buat mereka," bebernya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini