Sukses

Pengalaman Andre Taulany Haji Bareng Ibu, Kena Cacar Air Sampai Mandi Pakai Air ZamZam Minta Kesembuhan

Andre sudah lama mendaftar haji bersama sang istri. Namun saat akan berangkat istrinya baru melahirkan satu bulan, akhirnya kuota haji tersebut digantikan ibunda Andre.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang punya pengalaman tersendiri yang mungkin tidak terlupakan saat menjalani ibadah umrah maupun haji. Begitu pula dengan Andre Taulany, yang sempat pergi haji dengan ibundanya pada 2011 lalu.

Meski sudah lama, tapi pengalaman itu tak terlupakan bagi mantan vokalis Stinky itu. Bukan hanya karena sang ibu yang menemaninya, tapi peristiwa dirinya mengalami sakit cacar air ketika sedang berhaji.

"Aku haji itu 2011," sebut Andre dalam sebuah video lama yang diunggah ulang akun @menujuraudhah pada 6 Maret 2024.

Andre sudah lama mendaftar haji bersama sang istri. Namun saat akan berangkat istrinya baru melahirkan satu bulan, akhirnya kuota haji tersebut digantikan ibunda Andre.

"Rejekinya berangkat berdua sama ibu tuh, wah saya seneng banget bisa menunaikan ibadah haji sama orangtua saya," kata pria berusia 49 tahun itu.

Habib Husein bin Ja'far Al Hadar yang berbincang dengan Andre saat itu lalu berbicara bahwa komedian itu sangat beruntung. Dalam Islam, ibu memiliki posisi yang penting dengan ungkapan bahwa surga ada di telapak kaki ibu.

Selain itu, Habib Husein juga menambahkan bahwa orang yang memiliki kemampuan finansial sekalipun belum tentu bisa melakukannya. Apalagi biasanya orangtua secara fisik lemah dan tidak bisa semua mengalaminya.

"Menurutku itu rezeki Om Andre sih, bukan rezeki ibu gitu," ungkap Habib Husein menanggapi cerita Andre Taulany.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mandi Pakai Air ZamZam Sambil Minta Kesembuhan

Sementara Andre saat di Jakarta berpikir bahwa dia yang akan menjaga ibunya ketika beribadah haji. Namun yang terjadi sebaliknya, ibunya sangat sehat dan bersemangat untuk melaksanakan tiap rukun haji.

Nyatanya komedian yang lahir pada 17 September 1974 itu sakit cacar air. Andre yang mengalami sakit, sampai dirawat sang ibu selayaknya anak kecil ketika haji.

Andre sempat tidak berani keluar kamar hotel, karena khawatir akan menulari jemaah haji lainnya. "Dia yang salepin badan saya, dia yang bawain saya air zamzam. Masuk Makkah, kita umrah pertama, tawaf pertama ya kan begitu sebelum haji, duh saya kuat nggak ya berdiri badan, bismillah saya bilang pokonya saya harus. Alhamdulilah kuat," cerita Andre.

Lalu di sela-sela tawaf dan menjalani ritual safa marwah, dengan lari-lari kecil, Andre menemukan banyak keran air zamzam. "Saya ambil, saya mandi pakai air zamzam. Saya baca, apa aja saya baca, saya doa biar cepat sembuh," sambungnya lagi.

Meski awalnya mendapat ujian sakit, berbagai kemudahan Andre rasakan. Seperti saat ia hendak mencium hajar aswad, termasuk ibunya tanpa ada gangguang orang berdesakan di belakangnya mendorong-dorong.

"Katanya jangan dipaksa kan, karena itu di dalem pasti putarannya dorong-dorongan luar biasa. Jadi kalau nggak kuat nggak usah," Andre mengingatkan.

3 dari 4 halaman

Dilarang Bawakan Lagu Mungkinkah

Sebelumnya Andrea Taulany sempat mengalami konflik dengan penulis lagu populer "Mungkinkah" yang ia nyanyikan bersama grup Stinky. Mengutip Tim Showbiz Liputan6.com, 4 Januari 2024, ramai diberitakan soal pernyataan terbuka dari Ndank Surahman Hartono, yang mengklaim sebagai pencipta dan pemilik hak atas lagu "Mungkinkah" tersebut.

Lewat video yang tersebar luas di jagad maya, Ndank melarang Andre Taulany dan Stinky membawakan lagu-lagu ciptaannya seperti "Mungkinkah". Mengenai hal itu, Irwan Batara selaku personel Stinky Reborn angkat bicara.

"Ya kita lihat aja, kalau dia serius sampai jalur hukum, nanti kita juga ada tindakan untuk dia. Lagu itu ciptaan gue. Di legal pun, di publisher atas nama gue, Stinky dan Ndank," kata Irwan kepada pewarta di Jakarta, Senin, 1 Januari 2024.

"Kita nggak akan diam juga. Kalau nggak kebukti berarti dia melakukan pencemaran nama baik, dan kita juga sudah fair sama dia," tambah Irwan. 

Irwan mempertanyakan motif pelarangan yang disampaikan Ndank. Padahal, menurut Irwan, selama ini hak-hak Ndank terkait urusan royalti sudah dipenuhi.

 

4 dari 4 halaman

Klarifikasi Personel Stinky Reborn

"Sebenarnya dia juga sudah dapat royalti. Dari publisher, dari kolektif juga dapet, dan setiap Stinky manggung juga kita kasih. Jadi dia sekali dapat tiga. Makanya motif dia apa nih di sini," jelasnya.

Irwan menambahkan, pihaknya membayar Rp250 ribu untuk setiap lagu ciptaan Ndank yang dibawakan Stinky. Ia Mengatakan nominal itu lebih tinggi dari royalti yang diterima musisi lain.

"Royalti yang kita bayar untuk dua lagu ke dia itu 500 ribu rupiah, satu lagunya 250 ribu rupiah. Itu kita bayar paling tinggi loh dari yang lain," sebut Irwan.

Irwan berharap, konflik ini tidak menjadi berlarut-larut. Apalagi sejatinya, mereka pernah sama-sama membesarkan band Stinky.

"Harapan Stinky, udah lah Ndank, di usia segini, kita sudah dewasa. Nggak usah berkonflik dalam hidup, rezeki udah ada yang atur, bermusik dengan tenang dengan senang, silahturahmi nggak putus," kata Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini