Sukses

Harta Harvey Moeis Disita, Video Lawas Sandra Dewi Sebut Punya Uang Banyak Bonus dari Tuhan Jadi Sorotan

Pernyataan ini diungkap Sandra Dewi di depan Boy William dalam video yang dibagikan pada 2019. Rekaman itu kembali disorot setelah rumah Harvey Moeis digeledah Kejagung.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan korupsi timah yang disangkakan pada Harvey Moeis membuat sederet pernyataan lawas istrinya, Sandra Dewi, ramai beredar secara online. Salah satunya memperlihatkan sesi ngobrol ibu dua anak itu dengan Boy William pada 2019 lalu.

Di potongan klip yang sekarang sudah dibagikan kembali sejumlah akun media sosial, Sandra Dewi kedapatan berkata, "Ya uang kan sebenarnya kita hidup begitu-begitu saja. Makan tiga kali sehari, bisa jalan-jalan udah bagus. Uang dikasih banyak atau luar biasa itu bonus dari Tuhan. Dikasih sedikit pun enggak apa-apa, yang penting cukup makan."

Mendengar itu, Boy mengaku setuju dengan ungkapan Sandra tentang "hidup begitu-begitu saja." "Semua orang transportasi naik motor, mau motornya murah atau yang paling mahal, ya sama-sama motor. Mobil, mau yang murah atau mobil mewah, ya sama-sama mobil," ia menimpali.

Potongan rekaman ini kemudian menuai berbagai komentar warganet. Salah satunya menyindir, "Jet pribadinya (Harvey dan Sandra) apa boleh dituker suzuki jet cooled, toh sama-sama jet." "Ucap orang yang gak pernah ngerasain nyicil mekar 😂," timpal yang lain.

"Yang penting makan cukup, ada ujan nggak kujanan. Bener sih ya. Cuma itu rumah atau Bank ya ? banyak amat cash nya *ihik," tulis pengguna berbeda merujuk pada penemuan uang tunai di rumah Harvey yang digeledah Kejaksaan Agung (Kejagung) Senin, 1 April 2024. "Suruh mereka naik angkot tangerang dan bogor dah 😂😂," sahut warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disebut Humblebrag

Sebelum ini, juga melalui video lama, Sandra Dewi kedapatan mengungkap kebaikan suaminya. Saking Harvey dermawan, ia bercanda, "Hah? Banyak banget (kasih bantuan ke orang lain). Besok-besok kita makan apa?" Ia bahkan menyebut kebaikan suaminya sudah tidak masuk logikanya.

Suami Sandra Dewi dikatakan ingin perbuatan baiknya jadi contoh untuk anak-anak mereka. Atas komentar-komentar tersebut, perempuan berusia 40 tahun ini kemudian disebut "humblebrag" oleh warganet. "Humblebrag banget👏👏😂😂.. Gue dah tau lama ni.. Cuman senyum senyum aja kalo ada yang humblebrag.. 😜😜😜," kata seorang pengguna.

"Ini dia merendah untuk meroket ya," sahut yang lain. "Humblebrag alert!😜," warganet berbeda menimpali. Apa sih sebenarnya humblebrag?

Menurut kamus Cambridge, dikutip 29 Maret 2024, itu merupakan perbuatan mengatakan sesuatu yang seolah-olah keluhan atau hal yang memalukan, namun sebenarnya merupakan cara memberi tahu orang lain tentang sesuatu yang sangat dibanggakan. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa orang memilih merendahkan diri sebagai upaya mengesankan orang lain.

3 dari 4 halaman

Gaya Mewah Sandra Dewi

Penyidikan kasus dugaan korupsi tata niaga timah telah memasuki babak baru dengan Kejagung memutuskan menggeledah rumah Harvey Moeis di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Senin, 1 April 2024. Dari situ, pihaknya memboyong mobil mewah Rolls Royce sebagai salah satu barang sitaan.

Kendaraan yang pelat nomornya menggunakan inisial Sandra Dewi, SDW, itu diketahui sebagai kado ulang tahun ke-40 si pesinetron yang jatuh pada Agustus 2023. Momen penyerahan kado tersebut sempat diunggah Sandra di Instagram Story-nya. Tidak kalah mentereng dari Rolls Royce yang dihadiahkan, ia juga berpenampilan mewah saat itu.

Lewat sejumlah unggahan online, Sandra terlihat tampil boyish dengan padanan kemeja putih tanpa lengan, dasi bermotif, serta setelan vest dan celana panjang navy yang serasi. Ia juga memakai sederet aksesori, termasuk sepasang anting dan cincin, sementara tas tangannya terlihat mencolok.

Ia diketahui menenteng, dan sesekali menyampirkan, item mahal rilisan Hermes. Seri Kelly Sellier itu dikenal kaku dan sangat terstruktur dengan garis-garis yang bersih dan tajam, menurut Madison Avenue Couture, dikutip Selasa, 2 April 2024. Soal harga, tas tangan mewah ini dibanderol 38.880 dolar AS (sekitar Rp618 juta), menurut 1stdibs.

4 dari 4 halaman

Tengah Diisolasi

Direktur Penyidikan Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, membenarkan telah menyita aset Harvey Moeis, lapor kanal News Liputan6.com, Selasa, 2 April 2024. "Betul (Rolly Royce Harvey disita) dan Mini Cooper," kata dia.

Berdasarkan pantauan, mobil mewah itu telah mejeng di halaman Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer Kejagung pada Senin malam, 1 April 2024. Sebelumnya, Kuntadi mengatakan bahwa penyidik Kejagung tidak menutup kemungkinan menyita harta benda para tersangka.

"Sebagaimana telah kita sampaikan bahwa dalam setiap penanganan perkara Tipid (Tindak Pidana) korupsi kami selalu menelusuri juga potensi adanya TPPU, sehingga itu sudah jadi protap (prosedur tetap) kami," sebut Kuntadi. "Sepanjang barang-barang tersebut terkait alat atau merupakan hasil kejahatan, pasti akan kami lakukan penyitaan."

Suami Sandra Dewi dilaporkan belum bisa dijenguk dalam tujuh hari pertama masa penahanan, menurut kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa. Alasannya, calon pesakitan kasus korupsi timah itu tengah menjalani isolasi, menurut Kuntadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini