Sukses

Raja Charles III Izinkan Turis Masuki Kastil Balmoral Tempat Ratu Elizabeth II Meninggal, Tiketnya Rp3 Juta

Sejak dbuka pada 1855, para turis atau wisatawan hanya bisa berkunjung di bagian luar Puri Balmoral dan bagian ballroom. Tempat itu merupakan salah satu hunian keluarga kerajaan Inggris selama 170 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III membuat kebijakan dan terobosan baru karena akan membuka bagian dalam Kastil Balmoral di kawasan Ballater, Arbedeenshire, Skotlandia untuk pertama kalinya dalam sejarah kerajaan Inggris. Kastil bersejarah ini adalah tempat Ratu Elizabeth II menghemnbuskan napas terakhirnya pada September 2022 lalu.

Sejak dbuka pada 1855, para turis atau wisatawan hanya bisa berkunjung di bagian luar Puri Balmoral dan bagian ballroom. Tempat itu merupakan salah satu hunian keluarga kerajaan Inggris selama sekitar 170 tahun.

Melansir The Sun, Selasa, 2 April 2024, Raja Charles III kabarnya akan membuka sejumlah rumah kerajaan untuk umum buat pertama kalinya, termasuk Istana Buckingham untuk meraih lebih banyak pemasukan. Yang pertama akan dibuka adalah Kastil Balmoral.

Para turis nantinya bisa melihat langsung beberapa kamar yang sudah dipilih di dalam kastil tersebut yang pernah dihuni oleh para raja, ratu dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Salah satunya adalah Drawing Room. Di ruangan itu Ratu Elizabeth II terakhir kali berfoto dengan mantan Perdana Menteri Inggris Liz Truss. Namun kamar tidur tempat sang ratu meninggal tidak akan dibuka untuk publik.

Pihak kastil hanya akan menyediakan 40 tiket setiap harinya dan harga tiketnya tidak murah yaitu 100 poundsterling atau sekitar Rp2 juta dan 200 pound sterling atau sekitar Rp3 juta untuk mendapatkan paket afternoon tea atau camilan sore.

Paket wisata ini hanya berlaku untuk orang dewasa. Keluarga kerajaan biasanya tinggal di Balmoral saat liburan musim panas pada Agustus dan September meskipin raja dan ratu lebih banyak menetap di rumah mereka lainnya di dekat Birkhall.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Pembelian Tiket ke Kastil Balmoral

 

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kami dengan antusias mengumumkan peluncuran tur privat di bagian dalam kastil yang diberi nama The Balmoral Experience. Anda bisa mempelajari sejarah dan warisan kami yang akan dipimpin pemandu berpengalaman dan memperlihatkan sejumlah ruangan yang menarik di Kastil Balmoral," tulis pernyataan resmi pengelola kastil.

Bagi yang berminat mendapat tiket, bisa membelinya di laman resmi Kastil Balmoral mulai 1 Juli sampai 4 Agustus 2024.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di umur 96 tahun pada Kamis, 8 September 2022. Ia meninggal dengan damai di Kastil Balmoral pada sore hari waktu setempat. Sebelum meninggal dunia kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II memburuk. Hal tersebut membuat pihak Istana Buckingham memanggil seluruh anggota keluarga terdekat Ratu Elizabeth II untuk segera berkumpul di Balmoral.

Mengutip kanal Health, 9 September 2024, Sang Ratu meninggal dunia di tempat ia biasa berkumpul untuk liburan bersama keluarga. Bagi wanita yang juga disapa Lilibeth saat kecil ini, begitu menyukai tempat itu.

3 dari 4 halaman

Alasan Jadi Tempat Keluarga Kerajaan Berlibur

 

Ada banyak kisah dan kenangan manis sang Ratu di lokasi meninggalnya itu, mulai dari kebersamaannya bersama sang suami, Pangeran Philip juga anak dan cucu-cucunya. Setelah dirinya naik takhta pada 1952, Ratu Elizabeth II menjaga tradisi liburan keluarga dengan mengunjungi Balmoral. Kastil ini terletak di Royal Deeside, Aberdeenshire yang barada di Timur Laut Skotlandia yang dijuluki Highland.

Ada alasan khusus Ratu Elizabeth memilih lokasi tersebut sebagai tempat ia dan keluarga berlibur. Salah satunya, Kastil Balmoral berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah dan luar biasa. Kastil ini dikelilingi Hutan Pinus Kaledonia sehingga menambah daya pikat lokasi tersebut.

Menurut keterangan mantan pengawas keuangan rumah tangga kerajaan, Malcolm Ross bahwa memang Balmoral memiliki cuaca yang kurang sempurna tetapi pengaturan serta lokasi dan atmosfer di sana terasa menyenangkan.

"Ada banyak ruang terbuka lebar. Tidak ada gangguan, tidak ada pesawat terbang, tidak ada kebisingan lalu lintas. Lalu, ada perkebunan indah yang mana dapat membuat bebas bersantai," kata Ross kepada BBC semasa masih hidup.

4 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth Terkesan dengan Keindahan Balmoral

 

"(Di Balmoral), Ratu bisa santai bercengkrama dengan anjing, melakukan aneka hal yang disuka serta melakukan hal-hal yang orang normal (biasa/non-ningrat) bisa dilakukan."

Senada dengan Ross, mantan pustakawan istana Jane Roberts juga mengatakan hal serupa. Saat Ratu Elizabeth II berlibur ke Balmoral merasakan ketenangan dan senang. Ia menikmati liburan berjalan dan berkuda di perkebunan yang ada di sana kata Jane pada The Telegraph pada 2011.

Keindahan alam di sekitar Kastil Balmoral nampaknya memang membuat Ratu Elizabeth II terkesan. Menurut salah satu cucunya, Putri Eugenie dalam wawancara, mengutarakan bahwa neneknya amat bahagia bila saat berada di Balmoral.

"Itu lokasi terindah di Bumi. Saya rasa nenek paling bahagia kala berada di sana. Saya rasa, nenek benar-benar suka berada di dataran tinggi," tutur Eugenie mengutip New York Post."Jalan-jalan, piknik, bermain bersama anjing. Sebuah tempat yang menyenangkan bagi nenek dan kakek," tutur Eugenie kala itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.