Sukses

Pangeran William Teladani Ratu Elizabeth II Saat Sikapi Situasi Diagnosis Kanker Kate Middleton

Sumber orang terdekat istana menyebut Pangeran William sangat tabah dan kuat saat menyikapi pemberitaan yang beredar saat Istrinya, Kate Middleton didiagnosis kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebulan terakhir rumor tentang keberadaan Putri Wales membuat publik khawatir, sampai akhirnya muncul pengumuman resmi bahwa Kate Middleton mengidap kanker. Di masa yang penuh ketegangan ini, tampak bagaimana Pangeran William menyikapi persoalan yang dihadapinya.

Seorang sumber dekat di kerajaan menyebut bagaimana William mengambil teladan dari neneknya, Ratu Elizabeth II saat Kate Middleton menjalani diagnosis kankernya. "[William] sangat tabah dan kuat. Dia mengambil banyak hal dari cara neneknya memimpin, dan pedomannya adalah meniru neneknya. Ini akan menjadi sangat sulit. Tapi dia adalah pria yang terbiasa memikul tekanan," kata sumber tersebut seperti dikutip dari People, Minggu (31/3/2024).

Di tengah tantangan istri dan ayahnya, Raja Charles III yang juga menderita kanker, Pangeran Wales (41) merawat orang-orang yang dicintainya. "Akan ada lebih banyak tekanan pada William, tapi dia selalu menyadari hal itu. Dia telah berevolusi untuk memimpin, dan dia memimpin," kata seorang mantan ajudan istana.

"Dia diperlengkapi dengan baik untuk hal ini dan memiliki prioritas yang baik. Di masa krisis ini, mereka menutup diri dan fokus pada keluarga dan anak-anak. Itulah yang dilakukan Ratu ketika Diana meninggal - meskipun ada kritik."

Baik Kate Middleton dan Pangeran William saat ini tetap fokus pada anak-anak mereka, beberapa hari setelah pengumuman diagnosis kanker yang mengejutkan publik. Diketahui Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, saat ini sedang libur Paskah dari sekolah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merayakan Paskah di Rumah

Keluarga beranggotakan lima orang ini akan mengubah tradisi dengan memilih tidak menghadiri kebaktian Paskah para bangsawan di Kastil Windsor pada hari Minggu. Keluarga kerajaan ini juga akan menghabiskan akhir pekan secara pribadi di rumah.

Pangeran William akan melanjutkan tugas publiknya setelah anak-anaknya kembali ke sekolah pada bulan April nanti. Sementara Putri Kate akan tetap tidak terlihat oleh publik selama perawatan yang dia sebut sebagai "kemoterapi preventif."

Untuk saat ini, fokusnya adalah pemulihan penuh dengan keluarga di sekitarnya. “Dia memiliki kekuatan batin, dukungan dari suaminya dan keluarganya yang luar biasa, sehingga dia dapat fokus pada hal yang penting," kata Ailsa Anderson, mantan calon Ratu Elizabeth, "yaitu dia mendapatkan kembali kekuatannya."

Anderson menambahkan bahwa Pangeran William akan menjadi "jangkar" bagi keluarga mudanya. Hal itu terlihat dari pemilihan waktu pengumuman publik ketika George (10), Charlotte (8), dan Louis (5), sudah libur sekolah untuk tahun ini. 

"Mereka melindungi anak-anak mereka. Mereka memikirkan kesejahteraan mereka di atas segalanya," katanya. 

 

3 dari 4 halaman

Video Pengumuman Kate Middleton

Dalam pesan video yang difilmkan di taman Kastil Windsor Rabu lalu, Putri Kate mengatakan bahwa "kita perlu waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte dan Louis dengan cara yang sesuai untuk mereka, dan untuk meyakinkan mereka. bahwa aku akan baik-baik saja."

"Memiliki William di sisi saya juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian," tambahnya.

Putri berusia 42 tahun itu memilih untuk menyampaikan berita itu sendirian, sehingga membuat beberapa orang bertanya-tanya mengapa Pangeran William tidak bergabung dengannya. Sumber istana memberi tahu People bahwa penting bagi Kate untuk "menyampaikan pesannya sendiri secara pribadi", menambahkan Kate menjelaskan bahwa suaminya telah "mendukungnya selama ini".

“William sangat bangga pada istrinya atas keberanian dan kekuatan yang dia tunjukkan tidak hanya minggu ini tapi sejak operasinya pada bulan Januari,” kata sumber itu.

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, dia fokus untuk memastikan istrinya memiliki privasi yang dia butuhkan untuk pulih sepenuhnya dan bahwa anak-anaknya terlindungi dari ketertarikan yang dapat dimengerti terhadap berita yang dibagikan."

4 dari 4 halaman

Tak Umumkan Jenis Kanker

Kate ikut mengatakan bahwa ia dan keluarga sama terkejutnya soal diagnosis penyakit berat tersebut. "Tentu saja ini sangat mengejutkan, dan William serta saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan menanganinya."

Akan tetapi, Putri Wales itu tidak menjelaskan jenis kanker apa yang dideritanya. Juru bicara Istana Kensington menyatakan pada ketika pengumuman bahwa mereka tak akan memberitahukan hasil diagnosis lengkap karena alasan privasi.

"Kami tidak akan membagikan informasi medis pribadi apa pun lebih lanjut. Sang putri berhak atas privasi medis, sama seperti kita semua." Di sisi lain, Raja Charles III yang dikonfirmasi menderita penyakit yang sama pada 5 Februari 2024 juga tidak mengungkapkan jenis kanker apa yang dideritanya.

Dua pengumuman problem kesehatan anggota Kerajaan Inggris yang datang beruntun seperti ini tak pernah terjadi sebelumnya. Bahkan, istana biasanya tidak pernah mengungkapkan tentang penyakit yang diderita anggota keluarga kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.