Sukses

Persiapan Destinasi Wisata Sambut Pengunjung di Musim Libur Lebaran 2024, Pastikan Liburan Aman dan Menyenangkan

Tidak hanya menyenangkan, pastikan Anda menyambangi destinasi wisata yang memberi perhatian penuh pada faktor keselamatan di musim libur Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Berwisata jadi salah satu agenda yang umum dilakukan bersama keluarga di muslim libur Lebaran. Di waktu-waktu ini, pengunjung biasanya membludak, jadi persiapan matang dari destinasi wisata semestinya tidak bisa ditawar. Mengingat libur Idulfitri berjarak kurang dari dua minggu, sudah sejauh mana persiapannya?

Digital Marketing Hawai Waterpark, Della, menyebut bahwa menjelang libur Lebaran, seluruh unit kerja di destinasi berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur itu telah mempersiapkan dan membenahi hal-hal yang selama ini jadi kendala. "Salah satu upaya yang dilakukan adalah maintenance Theme Park Hawai Group selama tutup sementara pada 12 Maret sampai 5 April 2024," katanya melalui pesan pada Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 28 Maret 2024.

Taman Hiburan Hawai Group Malang, termasuk Hawai Waterpark, sebut dia, akan beroperasi kembali pada Sabtu, 6 April 2024 dengan "citra dan tampilan yang lebih segar." Dalam rangka pembukaan kembali destinasi wisata ini, pihaknya menggelar acara "Welcome To Little Hawai 2024" yang akan berlangsung pada 6--21 April 2024.

"Ada rangkaian acara spesial selama event berlangsung, seperti hadirnya Mega Water Bounce, kolam karet berukuran besar yang akan menambah keseruan pengunjung dengan beragam permainan sambil ditemani DJ performance, mini games, live music electone, dan foam party," bebernya.

Sementara itu, manajer The NICE Funtastic Park, Galih Adityo Putro, menyebut bahwa tujuan wisata keluarga di wilayah Puncak, Jawa Barat itu akan memberi layanan khusus, mengingat momen libur Lebaran merupakan peak season. "Kami selama Ramadan fokus pada maintenance wahana maupun upgrade seluruh fasilitas untuk memastikan saat libur Lebaran, semuanya siap beroperasional dengan baik," ucapnya melalui pesan suara, Jumat, 29 Maret 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Wahana Baru

Galih membocorkan bahwa mereka akan memperkenalkan beberapa wahana baru di libur Lebaran 2024. "Kami nanti punya Sky Ride dan ada penambahan beberapa mainan di playground kami. Sebagai informasi, tempat bermain luar ruang kami bisa dibilang yang terbesar di Puncak," ujar dia.

Selama ini, ia menyambung, pihaknya sudah menerapkan SOP yang cukup ketat. Karena itu, tidak ada perubahan khusus saat menyambut pengunjung di muslim libur IdulFitri. Namun, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, mereka akan menambah jumlah SDM, sehingga pelayanan tetap berjalan optimal.

"Karena yang susah-susah, musim libur Lebaran ini (pengunjung) sangat membludak," katanya menambahkan.

Narasi serupa diaminkan Hawai Waterpark. Della berbagi, "Melalui kerja sama antara manager, SPV, dan seluruh unit kerja, kami juga turut mempertimbangkan bila ada kendala maupun permasalahan teknis, seperti jumlah pengunjung yang membludak maupun kendala terkait wahana dan fasilitas operasional kami."

Ia menggarisbawahi adanya "perubahan-perubahan kecil yang dinamis saat kegiatan operasional telah berjalan." "Prosedur keamanan dan keselamatan selalu jadi bagian tanggung jawab pelayanan kami. Semua hal yang kami lakukan selalu menitikberatkan pada efektivitas dan peningkatan kinerja, keamanan, kebersihan, serta mutu pelayanan kami," klaimnya.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Faktor Keselamatan

Hawai Waterpark telah mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainabilty (CHSE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak 22 November 2020. Della mengatakan, "Upaya pengecekan seluruh wahana telah dilakukan selama maintenance di bulan puasa ini. Kami melakukan pengecekan kondisi seluruh wahana, perawatan fasilitas umum, elemen kelistrikan dan air, serta fasilitas operasional, termasuk membuang seluruh komponen tidak layak pakai."

"(Kami) juga selalu memperbaharui sign terkait ketentuan peraturan di setiap wahana permainan kami," lanjutnya. "Kemudian, (kami) mencegah dan merespons jika terjadi kecelakaan kerja maupun kecelakaan pengunjung, seluruh unit prosedural terkait BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan klaim Jasa Raharja."

"Fasilitas klinik medis untuk pertolongan pertama pada pengunjung pun selalu tersedia dan siap dihadirkan setiap saat, termasuk (menjalin) kerja sama dengan fasilitas layanan kesehatan terdekat. Unit ambulans juga selalu stand-by," tuturnya.

Selaras dengan itu, Galih menyebut bahwa prosedur keselamatan selalu jadi perhatian The NICE Funtastic Park, karena wahana-wahananya banyak yang terbilang ekstrem. "Itu sudah kami cover dengan SOP internal yang sangat ketat, ada inspeksi visual dan mekanis sebelum wahana beroperasi dan ditutup (untuk hari itu). Kami juga punya inspeksi besar secara berkala," bebernya.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Jumlah Pengunjung dan Harga Tiket Masuk

Di libur Lebaran tahun ini, Galih memperkirakan pihaknya akan menyambut setidaknya enam ribu sampai delapan ribu pengunjung per hari. Soal rekomendasi persiapan bagi pengunjung, ia menyebut pentingnya fisik yang sehat.

"Lokasi kami melewati Puncak Pass, secara jarak cukup panjang, kurang lebih tiga jam dari Jakarta, karena itu perlu fisik yang prima," bebernya. "Kemudian, tidak perlu khawatir soal bekal, karena kami punya restoran, food court, dan snack corner dengan harga terjangkau. Tidak lupa, bawa juga payung atau jas hujan, jadi kalau hujan masih bisa berkeliling The NICE Funtastic Park."

Sedangkan, Hawai Waterpark Malang optimis bisa mendatangkan hingga tiga ribu pengunjung per hari. Della mengatakan, "Angka ini dianggap memungkinkan untuk terwujud melihat animo masyarakat mengunjungi Malang dan destinasi wisatanya setiap kali momen libur panjang."

Lalu, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, perkiraan puncak kunjungan akan terjadi di H+2 Lebaran hingga 14 April 2024. Ia juga menginformasikan bahwa tidak ada perubahan harga tiket masuk. "Pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp110 ribu (per orang) untuk menikmati sensasi bermain di seluruh wahana Hawai Waterpark, termasuk menikmati sajian event spesial 'Welcome to Little Hawai,'" tandasnya.

Pun dengan The NICE Funtastic Park yang akan memberlakukan harga tiket masuk weekend. "Bundling tiket kami cenderung murah. Tiket terusan hampir all-in itu hanya Rp100 ribu," sebut Galih.

Pastikan Anda memilih tepat liburan yang tidak hanya menyenangkan, namun memperhatikan faktor keselamatan. Jadi, sudah siap melancong di muslim libur Lebaran 2024?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini