Sukses

Sandra Dewi Promosi Tas Mewah Saat Suaminya Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Timah

Aktivitas online artis Sandra Dewi tidak serta-merta berhenti saat suaminya, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah, Rabu, 27 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas online artis Sandra Dewi tidak serta-merta berhenti saat suaminya, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah, Rabu, 27 Maret 2024. Di salah satu unggahan di Instagram-nya, ibu dua anak ini kedapatan mempromosikan bisnis tas mewah, kendati ia menutup kolom komentar.

Salah satunya, Sandra tampil elegan dengan kemeja satin merah mencolok berpadu celana jeans gelap dalam potongan flare. Ia juga memakai pointed heels biru beraksen pita dan menenteng tas Hermes seri 24/24. 

Melansir situs web rumah mode itu, Kamis (28/3/2024), desain tas tangan tersebut disebut memadukan nuansa "klasik dan sporty-chic." "24/24 merupakan ciptaan unik yang memadukan berbagai tradisi dengan mulus untuk mencapai keselarasan sempurna antara struktur dan keserbagunaan. Kombinasi utuh dan presisi membentuk orisinalitas tidak tertandingi," tulis jenama fesyen mewah Prancis tersebut.

"Ketika penutupnya yang kaku dilipat pada badan tas yang lembut, 24/24 ditutup dengan sentuhan halus. Di sini, tidak ada gembok yang terlihat. Hanya keanggunan gesper putaran halus dan bulat yang mudah diamankan hanya dengan sentuhan sederhana di ujung jari Anda," imbuhnya.

Mengambil inspirasi dari desain jas yang ramping, seri tas mewah yang dipromosikan Sandra Dewi ini dilengkapi saku pipa tersembunyi yang bergaya di bagian belakang, memungkinkan pengguna menyimpan barang-barang penting di dalamnya. "Elemen desain elegan dan bersahaja yang akan meningkatkan gaya rutinitas sehari-hari Anda," kata Hermes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Hermes juga menyoroti desain pegangan seri tas tersebut dengan menulis, "Pegangan (tas) ini memiliki banyak karakter. Ditahan dengan aman oleh dua pengencang yang dijahit tangan, fitur ini meluncur dengan mudah dan lentur. Selain, tidak mungkin tali bahu tidak mencuri perhatian."

Sebagaimana foto-foto yang dibagikan Sandra Dewi di Instagram-nya, aksesori mewah itu hadir dalam beragam warna, termasuk cokelat dan hitam, yang diperlihatkan artis berusia 40 tahun tersebut. Soal harga, menurut laman Maison de Luxe, tas Hermes itu dibanderol 13.999 dolar AS (sekitar Rp222 juta).

Saat promosi itu dilakukan Sandra, Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menetapkan suaminya sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022, lapor kanal News Liputan6.com, Rabu, 27 Maret 2024. Ia pun langsung digiring ke tahanan.

"Tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga yang bersangkutan kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu saudara HM selaku perpanjangan tangan dari PT RBT," tutur Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Kuntadi di Kejagung, Jakarta Selatan.

3 dari 4 halaman

Langsung Ditahan

Menurut Kuntadi, Harvey Moeis langsung ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk 20 hari ke depan terhitung kemarin. Dalam kronologinya, yakni sekitar tahun 2018--2019, Harvey diketahui menghubungi Direktur Utama PT Timah Tbk, yakni tersangka MRPP atau tersangka RS dalam rangka mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah.

"Setelah dilakukan beberapa kali pertemuan, akhirnya disepakati bahwa kegiatan akomodir pertambangan liar tersebut adanya di-cover dengan sewa menyewa peralatan processing peleburan timah, yang selanjutnya tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk ikut serta dalam kegiatan dimaksud," ungkapnya.

Atas kegiatan tersebut, sambung Kuntadi, tersangka Harvey meminta pada para pihak smelter untuk menyisihkan sebagian dari keuntungannya. Itu kemudian diserahkan padanya dengan cover pembayaran dana CSR yang dikirim para pengusaha pengusaha smelter melalui QSE yang difasilitasi olehnya.

"Adapun perbuatan yang disangkakan pada HM ini diduga melanggar ketentuan pasal 2 ayat 1, Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP," Kuntadi menandaskan.

4 dari 4 halaman

Pernah Hadiahkan Jet Pribadi untuk Anak

Harvey Moeis dikenal sebagai pengusaha. Pria kelahiran 30 November 1984 ini merupakan satu-satunya pemimpin di perusahaan tambang batu bara di Bangka Belitung. Atas penahanannya, warganet jadi menyinggung soal barang mewah yang dimiliki keluarganya, termasuk jet pribadi yang pernah diberikan untuk anaknya pada 2019.

Sekitar bulan April di tahun itu, anak Harvey diberikan jet pribadi di umur yang masih satu tahun. Hal ini diketahui dari sebuah unggahan kerabat Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Benyamin Ratu, yang memperlihatkan Harvey sedang duduk di dalam jet bersama kerabat lain.

Unggahan itu menjelaskan. jet pribadi itu baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdana Kesuma pada 25 Maret 2019. "Tepat jam 09.00 Jet pribadinya @raphaelmoeis mendarat di Halim Perdana Kusuma, dan langsung upacara pemberkatan pesawat bersama Romo Agustinus Handoko MSC," tulis Ratu, dilansir Showbiz Liputan6.com dari akun Instagram pribadinya pada 2 April 2019.

"Semoga memperlancar usaha dan bisnisnya. Tuhan memberkati," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.