Sukses

Sosok Syarifah Mona Hasinah, Istri Baru Habib Rizieq Shihab yang Beda Usia 27 Tahun dan Berstatus Mahasiswi S2

Tak banyak informasi yang bisa diperoleh mengenai sosok Syarifah Mona Hasinah Alaydrus. Istri baru Habib Rizieq Shihab ini adalah keponakan dari almarhumah Syarifah Fadlun Yahya, istri terdahulu Habib Rizieq

Liputan6.com, Jakarta - Berita Habib Rizieq Shihab menikah lagi ramai menghiasi pemberitaan beberapa hari terakhir ini. Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu menikah dengan seorang perempuan bernama Syarifah Mona Hasinah Alaydrus.

Pernikahan kedua Habib Rizieq Shihab atau Muhammad Rizieq Shihab itu digelar pada Sabtu, 23 Maret 2024 kemarin. Habib Rizieq Shihab menikah dengan Syarifah Mona Hasinah Alaydrus atas sejumlah alasan yang diperkirakan mempengaruhi keputusannya.

Salah satu faktor utama adalah permintaan dari ketujuh anaknya. Mereka menginginkan beliau untuk melanjutkan kehidupan berkeluarga setelah kepergian ibunda mereka, Syarifah Fadlun bin Yahya, beberapa bulan lalu.

Lalu siapa sosok Syarifah Mona Hasinah Alaydrus, istri baru bagi Habib Rizieq Shihab? Tak banyak informasi yang bisa diperoleh mengenai sosok Mona Hasinah. Dari penelusuran Liputan6.com, Syarifah tidak punya akun media sosial.

Dilansir dari merdeka.com dan berbagai sumber lainnya, Senin (25/3/2024), Mona Hasinah adalah keponakan dari almarhumah Syarifah Fadlun Yahya, istri terdahulu Habib Rizieq Shihab yang meninggal dunia pada 16 Desember 2023 dan dimakamkan di Bogor. Syarifah Fadlun Yahya sendiri merupakan cucu dari tokoh terkemuka Mufti Betawi, Al-Habib Utsman bin Yahya.

Mona Hasinah juga termasuk perempuan keturunan Rasulullah SAW dengan marga Alaydrus. Usianya terpaut 27 tahun dengan Habib Rizieq. Syarifah Mona saat ini berusia 31 tahun sementara Habib Rizieq sudah berumur 58 tahun.

Status Syarifah Mona Hasinah Alaydrus saat ini disebut-sebut sebagai seorang mahasiswi di kampus Universitas Pancasila. Informasi itu diketahui dari laman PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

Ia mengambil studi Kenotariatan sejak 2022 dan kini masuk di semester 3 program S2. Sebelumnya Mona tercatat sebagai lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan fokus studi ilmu hukum tahun angkatan 2010.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Habib Rizieq Shihab Menikah Lagi

Sementara itu, acara resepsi pernikahan Habib Rizieq digelar di kediaman Habib Rizieq di Sentul, Bogor, Jawa Barat di hari yang sama dengan pernikahannya. Acara itu dilangsungkan secara sederhana dengan hanya mengundang beberapa kerabat dan sahabat terdekat. Habib Rizieq Shihab mengenakan busana berwarna putih dan Mona Hasinah mengenakan kebaya modern berwarna abu-abu.

"Habib Rizieq awalnya tidak punya keinginan untuk menikah lagi setelah kepergian istri tercintanya. Namun, dia banyak mendapatkan nasihat dari keluarga dan anak-anaknya untuk kembali menikah," ujar Pengacara Rizieq, Aziz Yanuar dalam keteranganya, dikutip Minggu, 24 Maret 2024, melansir kanal News Liputan6.com.

Dia menjelaskan, tujuan Habib Rizieq Shihab menikah lagi adalah untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW dan menghindari fitnah yang lebih besar. "Anak-anak Habib Rizieq, yang terdiri dari tujuh putri dan menantu, sangat mendukung keputusannya untuk menikah lagi. Mereka mendorong agar masukan para Kyai dan Habaib dipertimbangkan dengan serius dan menginginkan Habib Rizieq segera menikah kembali untuk melepas masa lajang," jelas Aziz.

"Bahkan, mereka yang mencarikan pasangan untuk Habib Rizieq dan memilih Syarifah Mona Hasinah Alaydrus, yang merupakan keponakan dari almarhumah istri sebelumnya," sambung dia.

3 dari 4 halaman

Permintaan Anak Habib Rizieq Shihab

Menurut Azis, inisiatif untuk Habib Rizieq menikah lagi murni berasal dari ketujuh anaknya yang sangat mendukung keputusannya. "Beberapa anaknya bahkan bercerita bahwa mereka pernah bermimpi tentang ibu mereka yang telah meninggal, mendorong mereka untuk mengambil langkah ini. Dalam hal ini, anak-anak Habib Rizieq menjadi penggerak utama dalam proses pernikahan kedua ini," tutur Aziz.

Aziz menyebut, dengan niat yang bulat dan dukungan dari keluarga dan anak-anaknya, Habib Rizieq memutuskan untuk menikah lagi. "Pernikahan ini menjadi langkah penting dalam hidupnya, di mana Habib Rizieq mengikuti sunah Rasulullah SAW dan menemukan kebahagiaan baru setelah kehilangan istri tercintanya," terang Aziz.

Istri Habib Rizieq sebelumnya, Syarifah Fadhlun menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 15.00 WIB pada Sabtu, 16 Desember 2023) di kediaman pribadinya, Jalan Petamburan, Jakarta Pusat. Kabar itu dibenarkan oleh Tim Bantuan Hukum sekaligus Juru Bicara Front Persaudaraan Islam (FPI), Aziz Yanuar saat dihubungi.

"Iya benar, meninggal di rumah sekitar pukul 15.00 WIB," kata Aziz dalam keterangannya.  

4 dari 4 halaman

Habib Rizieq dan Mendiang Istri Pertamanya

Aziz mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Syarifah Fadhlun Yahya. "Semoga Allah menerima semua amal shalihnya dan mengampuni segala dosannya. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan," ujar dia.

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Dewan Syuro Slamet Maarif, jenazah disholatkan di rumah duka pada Ahad 17 Desember 2023. Setelah itu dikebumikan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mendiang Syarifah Fadhlun menikah dengan Habib Rizieq Shihab atau HRS pada 11 September 1987. Dari pernikahannya itu ia dikaruniai tujuh anak, enam di antaranya adalah perempuan.

Anak-anak mereka yaitu Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Syarifah Najwa Shihab, Zahra Shihab, Mumtaz Shihab, dan Fairuz Shihab. Rufaidah Shihab atau biasa disapa Aida merupakan anak pertamanya. Kesetiaan Syarifah Fadhlun terhadap HRS tidak diragukan lagi.

Ia bahkan menjadi penjamin bebas bersyaratnya HRS pada 20 Juli 2022 dari Rutan Bareskrim. Sebelumnya, Habib Rizieq menjalani masa pemidanaan sejak Desember 2020. HRS ditahan karena dua sanksi pidana yakni terkait kekarantinaan kesehatan yang divonis 5 bulan dan penyebaran berita bohong. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.