Sukses

Langkah Besar Kate Middleton Usai Umumkan Dirinya Mengidap Kanker dan Jalani Perawatan

Usai Kate Middleton mengumumkan dirinya sedang menjalani perawatan untuk mengatasi kanker, Pangeran William dijadwalkan tidak akan bertugas hingga 17 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan terus mengalir untuk Kate Middleton setelah ia mengumumkan bahwa mengidap kanker berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan. Ia pun meminta ruang dan waktu serta privasinya dihargai selama proses pemulihan berjalan.

Untuk itu, langkah besar diambil. Pangeran William dan Kate Middleton memboyong ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, dengan helikopter ke rumah pedesaan mereka di Anmer Hall.

Mengutip laman news.com.au, Senin (25/3/2024), diyakini langkah tersebut diambil pasangan Wales untuk 'melindungi' anak-anak mereka. Mereka dikabarkan akan menyepi di rumah perkebunan itu selama tiga minggu ke depan pada liburan Paskah yang diperpanjang.

Baik William maupun Kate diperkirakan tidak akan menghadiri kebaktian gereja Paskah akhir pekan ini di Windsor.  William juga tidak dijadwalkan untuk melanjutkan tugas kerajaan hingga 17 April 2024.

Pengumuman Kate pada Jumat, 22 Maret 2024, bukan suatu kebetulan. Dia dilaporkan memilih hari itu untuk membagikan beritanya karena bertepatan dengan akhir masa sekolah

"Saya paham, sebenarnya Putri membuat keputusan dua minggu lalu bahwa dia akan membuat pernyataan publik ini," kata editor The Sun, Victoria Newton, kepada radio BBC. "Yang penting baginya sebagai seorang ibu, prioritasnya adalah melindungi ketiga anak itu. Dia tidak ingin mereka pergi ke sekolah, bakal ditanyai lebih dari sebelumnya."

"Mereka sudah terkena dampaknya di sekolah, jadi dia selalu berencana menunggu sampai hari terakhir semester. Tentu saja mereka telah menanggung banyak sekali spekulasi di media sosial yang sangat sulit untuk mereka tangani, namun prioritas baginya selalu adalah anak-anak itu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Kate untuk Ketiga Anaknya

Pengakuan Kate Middleton kepada publik tentang dirinya yang mengidap kanker mulai meredakan semua spekulasi liar bahwa dia sengaja menghilang dari tugas kerajaan. Dalam pernyataannya yang disampaikan Putri Wales via rekaman video, ia sempat menjelaskan soal alasannya baru mengumumkan kondisi kesehatannya saat ini.

"Kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja. Seperti yang telah saya katakan kepada mereka, saya baik-baik saja dan saya semakin kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa saya," tutur Kate dalam video berdurasi 2 menit 15 detik tersebut.

Kate sebelumnya menyatakan bahwa operasi perut yang dijalaninya pada Januari 2024 berjalan sukses dengan diagnosis saat itu dinyatakan bukan kanker. Namun, hasil pemeriksaan lanjutan menemukan bahwa ada sel kanker terdeteksi di tubuhnya yang masih di tahap awal.

3 dari 4 halaman

Tulis Sendiri Isi Pidato

Pidato sang putri juga dikatakan ditulis oleh Kate sendiri. Dia memilih untuk tampil sendirian dalam video tersebut karena ingin mengakui penyakitnya sambil mendukung orang lain melawan kanker.

"Hal ini memungkinkan dia untuk berbicara langsung kepada publik yang, sebagian besar, selalu bersamanya dan keluarganya dan tidak percaya pada kebisingan dan gosip," kata seorang sumber kepada The Sunday Times.

"Itu semua karena dia, dia menulis setiap kata di dalamnya, semuanya terjadi dengan sangat cepat."

Pada Rabu, ketika video itu direkam, William tidak mendampingi istrinya karena sedang menghadiri tugas kerajaan. Dia melakukan kunjungan pribadi ke Pengawal Welsh di Barak Combermere dekat Windsor.

Ia pun berterima kasih kepada Pangeran William atas dukungan yang diberikannya selama ini. "Memiliki William di sisiku juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian," sambung Kate, dikutip dari The Sun, Sabtu, 23 Maret 2024.

The Sun juga melaporkan bahwa perawatan kanker Kate dimulai di akhir Februari 2024. Itu pula yang menjadi alasan William tak menghadiri acara Thanskgiving pada saat itu dengan menyebutkan 'masalah pribadi' sebagai alasannya.

4 dari 4 halaman

Makan Siang Emosional dengan Raja Charles III

Cerita di balik pengumuman yang direkam di Istana Windsor pada Rabu, 20 Maret 2024, tak kalah mengharukan. Dikutip Minggu, 24 Maret 2024, The Sun melaporkan bahwa sebelum Kate menyampaikan kondisi kesehatannya, ia menemui Raja Charles III di Istana Windsor.

Charles pun rela menempuh perjalanan dari London ke Windsor untuk menemui 'anak menantu tercintanya' itu pada Kamis, 21 Maret 2024. Sambil makan siang, Kate bicara dari hati ke hati tentang perasaannya, perjuangannya, dan mencari tahu bagaimana ayah mertuanya mengatasi penyakit kanker yang juga diidapnya.

"Sangat tidak biasa jika mereka berdua duduk bersama seperti ini. Raja telah diberitahu bahwa wanita yang dia sebut sebagai ‘menantu perempuanku tercinta’ menderita kanker," kata seorang sumber istana.

Sumber itu menyebut bahwa banyak hal didiskusikan dan dibagikan karena Raja Charles beberapa minggu lebih dulu memulai pengobatannya dan mengumumkan diagnosisnya. Ia juga meyakini bahwa Charles sudah mengetahui penyakit kanker yang diidap istri Pangeran William sebelum mereka bertemu siang itu.

"Raja meninggalkan makan siangnya dengan perasaan sangat emosional. Mereka sangat dekat dan dia menganggap Catherine sebagai putrinya," ucap sumber itu. "Tidak ada keraguan bahwa ada banyak hal yang dapat mereka bagikan dan gunakan satu sama lain sebagai dukungan selama perjuangan mereka melawan kanker."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.