Sukses

Miss World 2024 Diraih Wakil Ceko Krystyna Pyszková, Nita Ambani Istri Terkaya Orang India Dapat Penghargaan Khusus

Miss World 2024 yang digelar di India menobatkan wakil Ceko Krystyna Pyszková sebagai pemenang. Tapi, Nita Ambani yang baru saja menggelar pesta pranikah super mewah untuk anak lelakinya juga dapat penghargaan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Miss World 2024 akhirnya diraih wakil Republik Ceko, Krystyna Pyszková. Perempuan berusia 24 tahun itu berhasil mengungguli 111 finalis dari seluruh dunia, termasuk Indonesia yang diwakili Audrey Vanessa, dalam malam final yang digelar pada Sabtu, 9 Maret 2024, di Mumbai, India. Kesempatan itu juga dihadiri Nita Ambani.

Proses pemilihan dilakukan lewat beberapa tahapan penilaian, termasuk kebugaran, kecantikan, bakat, dan kemampuan berbicara di depan umum. Juri lalu menyeleksinya menjadi 40 besar dengan beberapa memenangkan tempat lewat 'jalur cepat.

Mengutip CNN, Minggu (10/3/2024), selanjutnya seleksi dikerucutkan menjadi 12 besar dan delapan besar dengan para kontestan Miss World berpartisipasi dalam babak tanya jawab. Sejumlah topik-topik yang dibahas dalam KTT G20 menjadi materi pertanyaan.

Pyszkova yang menyandang gelar sarjana hukum dan administrasi bisnis itu diminta untuk menjelaskan isu yang berdampak pada layanan kesehatan perempuan. Ia membahas tentang menghilangkan stigma dan rasa malu seputar menstruasi dengan mengatakan bahwa 'menjadi perempuan adalah sebuah anugerah' dan bahwa menstruasi semestinya bukan hal yang tabu.

Jawaban wakil Ceko itu mengantarkannya ke babak empat besar sekaligus babak final bersama wakil dari Trinidad and Tobago, Bostwana, dan Lebanon. Keempat kontestan Miss World kemudian diminta mempromosikan 'tujuan mereka' atau platform filantropi yang dijalankan kepada trio pebisnis dari Shark Tank India dalam waktu 60 detik.

 

 

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Pyszkova yang mengangkat soal pentingnya pendidikan yang tepat untuk mewujudkan mimpi. Ia juga menyinggung fakta bahwa 250 juta anak terpaksa putus sekolah pada 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawabannya di Babak Final

"Itulah mengapa misi seumur hidup saya adalah memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak kurang mampu. Saya percaya bahwa pendidikan adalah hak mendasar yang berhak didapatkan setiap anak. Dan saya di sini untuk mengadvokasi anak-anak itu," ujar Pyszkova, dikutip dari laman pep.ph.

 

"Itu adalah sesuatu yang telah saya lakukan sejak lama, jauh sebelum saya mengikuti kontes kecantikan. Itu adalah sesuatu yang sangat dekat di hati saya dan apa yang akan saya lakukan, apakah saya menang atau tidak memenangkan Miss World. Terima kasih banyak," ucap dia lagi.

Jawaban Pyszkova mengesankan juri dan ia pun berhak meneruskan jejak Miss World 2023 Karolina Bielawska dari Polandia. Sementara, Yasmina Zeytoun dari Lebanon menjadi runner-up 1, Ache Abrahams dari Trinidad dan Tobago menjadi runner-up 2, dan Lesego Chombo dari Bostwana menjadi runner-up 3. Mereka bersama Jessica Gagen dari Inggris menjadi 'pemenang benua' kontes tersebut.

"Dinobatkan sebagai Miss World adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya merasa sangat terhormat bisa mewakili negara saya dan nilai-nilai 'kecantikan dengan tujuan' di platform global," kata Pyszkova menyikapi kemenangannya, dikutip dari AP.

 

3 dari 4 halaman

Penghargaan Khusus untuk Nita Ambani

India menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss World 2024, yang pertama setelah 28 tahun berlalu. Dalam kesempatan itu, Nita Ambani, istri orang terkaya India Mukesh Ambani yang baru saja menggelar pesta pranikah anak bungsunya mendapat penghargaan khusus dari organisasi Miss World.

Mengutip news18.com, Ketua dan Pendiri Yayasan Reliance mendapat penghargaan atas kerja amalnya. Penganugerahan itu diberikan kepadanya oleh Julia Morley CBE, Ketua Organisasi Miss World. Priyanka Chopra Jonas juga menyampaikan pesan video saat upacara penghargaan.

Selain empat pemenang utama, Miss World juga memberi penghargaan khusus kepada sejumlah kontestan. Miss World Tunisia dinobatkan sebagai pemenang kontes Bakat di Miss World. Sementara, Miss World asal Vietnam diumumkan sebagai pemenang Multi-Media Challenge.

Berikutnya, wakil Kroasia memenangkan Tantangan Olahraga Miss World 2024. Finalis dari Martinique memenangkan Kompetisi Top Model di Festival Miss World ke-71 dan wakil Brasil memenangkan penghargaan kontinental Kecantikan dengan Tujuan.

 

4 dari 4 halaman

Kontes Kecantikan Tertua

Miss World secara luas dipandang sebagai kontes kecantikan internasional tertua. Pertama kali digelar di Inggris pada 1951 sebagai kontes bikini. Dua pemenang yang paling terkenal berasal dari India, yakni aktris Bollywood Aishwarya Rai Bachchan (Miss World 1994) dan Priyanka Chopra Jonas (Miss World 2000).

Pyszková menggantikan Miss World yang akan keluar, Karolina Bielawska, dari Polandia, yang masa jabatannya dimulai pada Maret 2022. Karena masalah penjadwalan, tidak ada kontes Miss World yang diadakan pada 2023.

Mengutip kanal Citizen Liputan6.com, Miss World 2024 Krystyna Pyszkova adalah seorang mahasiswi hukum di Universitas Charles di Praha. Selain itu, dia aktif sebagai relawan dan model internasional. Berusia 24 tahun, Krystyna memiliki dua gelar pendidikan, yaitu di bidang Hukum dan Administrasi Bisnis.

Salah satu momen paling membanggakan baginya adalah ketika dia membuka sekolah bahasa Inggris untuk anak-anak kurang mampu di Tanzania, di mana dia juga menjadi sukarelawan. Inisiatif ini dijadikan proyek Beauty With a Purpose-nya di ajang Miss World 2024. Sekolah yang dia resmikan berkontribusi sebagai sukarelawan untuk mempromosikan pendidikan berkualitas bagi anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.