Sukses

Mengenal Golki, Teknik Pijat Tulang ala Korea yang Diklaim Bisa Tiruskan Rahang Tanpa Operasi

Golki adalah teknik pijat yang dikembangkan di Korea Selatan dan kini menjadi alternatif perawatan kecantikan tanpa bedah.

Liputan6.com, Jakarta - Variasi perawatan kecantikan semakin banyak dan inovatif. Begitu pula dengan yang terjadi di Korea Selatan. Negara yang dikenal sebagai kiblat operasi plastik dunia ini ternyata juga memiliki teknik perbaikan bentuk wajah yang non-invasif yang disebut terapi Golki.

Ditemukan oleh Lee Byung-cul pada 1979 setelah melewati riset yang panjang, terapi ini menggunakan teknik pijat lembut yang diaplikasikan pada tulang. Kata Golki dalam Bahasa Korea menggabungkan kata 'tulang' dan 'kekuatan' yang diartikan sebagai pemberian kekuatan pada tulang. Fungsinya adalah untuk menstimulasi dan mengatur ulang struktur tulang, memperlancar aliran darah, dan memperkencang kulit.

"Golki adalah jenis perawatan tubuh yang dikembangkan di Korea Selatan dengan mengandalkan pijatan dan tekanan pada titik-titik tertentu dengan fungsi kesembuhan penyakit atau kecantikan. Jadi dalam hal kecantikan, Golki bisa dipakai untuk membentuk rahang dan wajah yang simetris dan terangkat," tutur Elis Abidin, staf marketing Yoksan Indonesia, pada acara Grand Opening Yakson Indonesia di Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024.

Terapi unik ini juga dapat diterapkan pada semua bagian tubuh dan tidak terbatas pada wajah. Ia menerangkan kelebihan terapi ini dibandingkan dengan jenis perawatan tubuh lain adalah singkatnya masa pemulihan. Pasien yang melakukan terapi Golki dapat kembali beraktivitas secara normal selepas menjalani sesi terapi.

Klinik perawatan tubuh asal Korea Selatan yang mempelopori terapi Golki, Yakson baru saja membuka cabangnya di Jakarta. Pembukaan cabang ini merupakan bentuk perluasan jangkauan untuk konsumen yang menginginkan perubahan tubuh dan wajah tanpa harus melalui meja operasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa untuk Pria dan Wanita

Indonesia menjadi satu dari sembilan negara tempat Yakson beroperasi. Santi Meilawati, selaku Board of Director jenama tersebut menjelaskan bahwa pihaknya mengusung moto 'Find Your True Beauty Naturally' atau 'Temukan Kecantikan Sejati Anda Secara Alami'.

Yakson Indonesia menyediakan beberapa jenis layanan terapi Golki, seperti terapi wajah termasuk layanan pelangsingan wajah, membuat wajah lebih simetris, membuat wajah lebih berdimensi. Ada pula terapi Golki untuk tubuh yang meliputi program perawatan rutin yang ditargetkan untuk mencapai bentuk yang diinginkan dan bisa dilakukan untuk area tubuh tertentu saja.

Yakson juga menghadirkan paket terapi Golki spesial untuk meningkatkan perkembangan anak, memperbaiki postur tubuh, membentuk tubuh dan menurunkan berat badan, dan memperbaiki tubuh setelah melahirkan. Terapi itu bisa untuk lelaki dan perempuan, mulai dari usia 15 tahun. Semua program terapi tersedia dalam beberapa paket sesi, mulai dari satu sesi, 10 sesi, hingga 20 sesi, dengan durasi yang bervariasi tergantung perawatan yang dilakukan.

3 dari 4 halaman

Tren Kecantikan Korea Masih Jadi Kiblat

Penyebaran Korean Wave ke Indonesia sejak awal 2000an turut memengaruhi selera pasar masyarakat terkait pilihan produk kecantikan saat ini. Namun, sejak kapan tren kecantikan ala Korea ini hadir di tanah air?

"Masuknya tren K-Beauty ke Indonesia sebenarnya sudah lama, karena saat ini Korean Wave sedang sangat meledak, jadilah orang Indonesia turut menjadikan standar kecantikan Korea sebagai kiblat, sebab (Korea) secara karakteristik paling dekat karena sama-sama Asia," jawab Elis.

Selain itu, masyarakat Indonesia mulai tertarik pada tren perawatan wajah Korea yang dianggap menghasilkan wajah yang terlihat alami, tambah Elis. Ai Syarif, Public Relation YAKSON Indonesia menambahkan bahwa masuknya tren kecantikan ala Korea adalah suatu hal yang tidak mungkin dihindari.

Ia berpendapat, industri kecantikan Korea yang sangat kompetitif melahirkan inovasi-inovasi yang pada akhirnya dilirik oleh orang di luar Korea, seperti Indonesia. "Itu yang membuat orang terinspirasi karena tidak hanya K-Pop atau K-Drama, tetapi juga tren kecantikannya," pungkas Ai.

4 dari 4 halaman

Tren K-Beauty Paling Ditunggu di 2024

Melansir dari laman Daily Vanity Singapore, tren perawatan wajah Korea Selatan selalu menampilkan kebaruan yang menarik untuk diikuti. Tahun ini, kita mungkin akan melihat pergesaran tren perawatan kulit wajah di Korea Selatan.

Diprediksi produk yang berguna untuk memperbaiki lapisan terluar kulit (skin barrier) akan menjadi tren utama pada produk perawatan kulit di Korea Selatan. Produk yang mengandung exocomes, panthenol, dan probiotic juga terlihat mulai naik di pasaran.

Exocomes dapat meredakan kemerahan dan Panthenol memiliki fungsi penenang kulit wajah, sedangkan probiotik bisa berguna untuk membantu kulit bebas dari jerawat. Toner dengan model pads dan langkah perawatan kulit yang anti-penuaan turut masuk sebagai tren tahun ini.

Sedangkan, penggunaan alat-alat kecantikan yang bisa dipakai di rumah, seperti Gua Sha dan Roller, akan kembali lagi. Selain itu, yoga dan pijat wajah juga mulai menjamur dan dimasukkan ke dalam perawatan kulit sehari-hari para wanita Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.