Sukses

Jalan Bareng Cucu-Cucu ke Monas, Rambut Jokowi Jadi Sorotan Warganet

Saat berfoto dengan salah satu pengunjung, rambut Presiden Jokowi yang biasanya dibelah samping terlihat begitu menipis.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi (Joko Widodo)kembali terlihat berjalan-jalan bersama cucu-cucnya. Pada akhir pekan lalu, ia mengajak empat cucunya berkunjung ke Monumen Nasional (Monas).

Keempat cucu Jokowi yang diajak ke ikon kota Jakarta pada Minggu, 25 Februari 2024, itu adalah Jan Ethes, La Lembah Manah, Sedah Mirah, dan Panembahan Al Nahyan. Momen itu langsung menyita perhatian pengunjung, tak sedikit yang meminta foto atau membuat konten untuk media sosial masing-masing.

Suami dari Iriana itu memakai berjalan santai sambil menggendong La Lembah Manah, putri Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, dengan dikawal beberapa orang Paspampres. Berkaus biru tua tangan panjang dan celana panjang hitam, Jokowi melambaikan tangan kepada para pengunjung setelah keluar dari sebuah wahana.

Ia pun menyapa beberapa pengunjung dengan ramah. Saat melayani foto bareng, sebagian warganet justru salah fokus dengan kondisi rambut Presiden Jokowi saat ini.

Rambut Presiden Jokowi yang biasanya dibelah samping terlihat menipis, bahkan hampir mengalami kebotakan. Hal ini sontak mengundang warganet untuk berkomentar dan mengaitkannya dengan tekanan mengurus negara selama 10 tahun belakangan. Tak sedikit yang merasa sedih dan terharu melihatnya.

"Sedih bgt bpk jokowi menjabat presiden dari rambut hitam lebat sekarang hampir botak. Sehat terus presiden terbaik," komentar seorang warganet.

"Dari dulu merhatiin pakde owi,makin lama makin pethak, ketauan banget kalo banyak mikir buat rakyat, sehat-sehat selalu pak," kata warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tukang Cukur Rambut Langganan Jokowi

Jokowi sebelumnya pernah membagikan unggahan seputar rambutya di akun Instagramnya. Ia saat itu membagikan aktivitasnya saat mencukur rambut lewat vlog yang diunggah di Instagram pribadinya @jokowi, Minggu, 21 Juli 2019.

Dalam video berdurasi 52 detik tersebut, Jokowi tampak tengah mencukur rambut dengan tukang pangkas langganannya yang bernama Kang Herman. Herman telah enam tahun menjadi tukang cukur rambut Jokowi.

"Sore hari ini saya potong rambut, yang potong Mas Herman. Udah berapa tahun Mas ya? Potong rambut saya, ya?" kata Jokowi. "Sudah enam tahun, Pak," ucap Herman yang tengah serius memotong rambut Jokowi.

Jokowi menyebut bahwa Kang Herman telah menjadi tukang cukur rambut langganannya sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Di sela-sela cukur rambut, mantan Wali Kota Solo itu bertanya kepada Kang Herman mengenai model rambut yang digemari anak-anak muda saat ini.

"Mas Herman, ini misalnya mau ganti potongan rambut itu, yang untuk anak-anak muda, yang bisa saya pakai apa?" tanya Jokowi. "Di-undercut bisa. Undercut yang sampingnya tipis. Yang atasnya klimis begitu," jawab Herman.

3 dari 4 halaman

Jokowi Cukur Rambut

"Oh, yang sampingnya tipis. Cobalah minggu depan kita coba," ujar Jokowi. Di kesempatan berbeda, Herman mengatakan, Presiden Jokowi termasuk pelanggan yang tidak cerewet dan tidak banyak permintaan.

"Enggak (banyak permintaan) sih," katanya seusai mencukur rambut Presiden di Situ Bagendit, Sabtu 19 Januari 2019 lalu dikutip dari Antara.  Selain itu, menurut dia, Presiden Jokowi merupakan tipe orang yang setia dengan satu model dan tidak tertarik untuk mencoba model-model baru.

Ada pula cerita menarik soal rambut dan Jokowi yang berkaitan dengan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan yang juga capres di Pemilu 2024. Presiden Jokowi pernah mengatakan Prabowo Subianto memiliki ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyat. Pasalnya, kata dia, Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki kerutan di wajahnya.

"Tadi sudah saya cek ke Pak Prabowo, apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya? Ternyata punya, kerutan wajahnya ada," kata Jokowi usai mereskikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 29 November 2022, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

 

4 dari 4 halaman

Tokoh Berambut Putih

Selain itu, dia menyebut rambut Prabowo sebagian sudah berwarna putih. Prabowo yang berada di belakang Jokowi pun tertawa mendengar ucapan tersebut. Terus saya cek rambutnya, ternyata juga ada putihnya, sebagian udah ada putihnya. Artinya, seperti yang saya sampaikan, itu," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mempersilakan masyarakat untuk menafsirkan apapun pernyataan terkait pemimpin berambut putih. Dia pun mengatakan banyak tokoh yang berambut putih, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Rambut putih kan banyak banget. Pak Basuki itu rambutnya putih, Pak Hatta Rajasa rambutnya putih. Pak Ganjar juga rambutnya putih. Siapa lagi yang rambutnya putih," kata Jokowi kepada wartawan di Kota Pontianak Kalimantan Barat, dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

"Pak Prabowo juga rambutnya agak putih," sambungnya.  Dia meyakini orang yang bekerja keras dengan sungguh-sungguh akan mempengaruhi kondisi fisiknya. Misalnya, muncul kerutan di wajah dan rambut yang memutih.

"Entah itu saking mikirnya betul, mikir bener, kerutannya jadi kerutan wajahnya jadi banyak. Termasuk juga rambut, mikirnya sangat berlebihan dan keras karena bisa saja, rambutnya jadi putih. Kan gitu aja," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.