Sukses

Viral Aksi Santai Pria yang Berhasil Bikin Para Pemotor Turun dari Trotoar

Banyak pemotor menggunakan trotoar sebagai jalan dengan alasan menghindari macet. Situasi itu membuat banyak pengendara motor yang tidak bertanggung jawab merampas hak pejalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Masih kurangnya disiplin dalam berlalu lintas di Indonesia berdampak banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang seolah sudah menjadi budaya. Contoh jelasnya adalah menggunakan trotoar sebagai jalan sepeda motor, dengan alasan menghindari macet.

Situasi itu membuat banyak pengendara motor yang tidak bertanggung jawab merampas hak pejalan kaki. Tindakan pelanggaran itu biasanya tidak akan dilakukan bila polisi lalu lintas (Polantas) berjaga-jaga di tempat tersebut.

Namun seorang pria berusaha membuktikan para pejalan kaki pun bisa mencegah para pemotor menggunakan trotoar. Ia pun melakukannya dengan santuy tanpa harus berdebat apalagi melakukan tindak kekerasan.

Video yang viral itu diunggah di sejumlah akun media sosial, termasuk akun TikTok @tagtagkanyuk yang kemudian dibagikan ulang akun Instagram @mood.jakarta pada 22 Februari 2024. Aksi pria ini kemudian menuai banyak pujian dari warganet.

Ia berani dan secara halus bisa membuat para pemotor yang melewati jalur trotoar satu persatu turun. Pria ini bahkan merekam aksinya dan menunjukkan bagaimana perilaku para pemotor yang sengaja melanggar aturan.

Awalnya, pria yang belum diketahui namanya ini berjalan di trotoar membelakangi pemotor yang juga hendak melintas di trotoar yang sama. Ia bergaya seperti reporter yang sedang melaporkan masa tenang kampanye di kawasan tersebut dengan menjelaskan sejumlah atribut partai yang telah dicabut.

"Ya karena hari ini jalur trotoar kan digunakan sama pengendara motor bukan pejalan kaki,” ucap pria ini sarkas. Para pemotor yang berderet di belakang tak bisa protes karena perjalanannya terhambat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemotor Keluar dari Trotoar

Mereka sempat berhenti menunggu pemuda ini menepi, taoi akhirnya satu persatu pengendara memutuskan turun dari trotoar dan melewati jalan semestinya meski terlihat sedang macet.

“Nih kita lagi rekaman gini nggak ada nih yang lewat (pemotor), tadi malah banyak banget,” ucap si pria sambil menunjukkan trotoar tanpa ada pemotor sama sekali. Sayangnya tidak disebutkan lokasi jalanan tersebut meski sejumlah warganet meyakini lokasinya di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Video viral itu sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 4,6 juta kali dan disukai lebih dari 253 ribu kali.

"Ada kamera jadi ga pada berani🤣,” komentar seorang warganet.

"Ya hak dia lah mau ngontenin, trotoar kan buat pejalan kaki,” tulis warganet yang lain.

"kek jl.yasmin bogor 😳,” ujar warganet lainnya.

"Gw sering lewat jalur trotoar itu kalau lagi kesiangan berangkat kerja😂😂btw di situ biasanya gak ada pejalan kaki karena sekarang semua pake motor,” timpal warganet lainnya.

Tak hanya masyarakat biasa, seorang artis sekelas Nicholas Saputra pun pernah viral lewat aksinya menghadang premotor agar tidak melewati trotoar. Pada 2020 lalu, sebuah video lawas kembali viral beredar di media sosial.

3 dari 4 halaman

Nicholas Saputra Adang Pemotor yang Masuk Trotoar

Video tersebut menunjukkan aksi pria yang diyakini adalah Nicholas Saputra, dengan gagah menghadang pemotor yang naik ke trotoar. Video itu diunggah oleh sebuah akun Tik Tok @rudicayo.

Dalam video tersebut, Nicholas Saputra yang mengenakan kaos putih polos dan celana pendek beserta kacamata hitam tengah berjalan di sebuah trotoar. Tak lama, seorang pengendara motor yang diduga turis asing mencoba melewatinya di jalur trotoar.

Yang membuat kagum, Nicholas Saputra tak beranjak dari tempatnya dan hanya memandangi sang pengendara motor. Sempat terlihat sedikit adu mulut antara Nicholas Saputra dengan pengendara motor tersebut.

Tak lama setelahnya, sang pengendara motor akhirnya menyerah dan keluar dari jalur trotoar. Nicholas Saputra pun kemudian langsung melanjutkan perjalanannya."Nicsap adalah Rangga dikehidupan aslinya," tulis akun Tik Tok tersebut.

Video tersebut kemudian diunggah ulang beberapa akun gosip di Instagram. Menyusul viralnya aksi Nicholas Saputra, langsung ramai pujian yang diberikan warganet kepada Nicholas Saputra. Mereka kagum dengan sikap pemberani Nicholas Saputra.

"bang Rangga ga salah kan emang itu jalur manusia bukan jalur kendaraan..," tulis @aiizaah. "Ya ampuuunnn rangga nya cintaaaaa.. Laki bangetttt siiihhh 😍😍😍😍," timpal @kuzarasarah.

4 dari 4 halaman

Konfirmasi Nicholas Saputra

Video tersebut adalah video lawas yang juga sempat viral pada tahun 2017 silam. Video viral itu diperkirakan diambil saat Nicholas Saputra tengah berada di Bali. Hal itu terlihat dari nomor polisi yang dikendarai pemotor tersebut.

Video viral ini pun dibenarkan oleh lawan main Dian Sastrowardoyo di film 'AADC?' itu, Menurut pria yang biasa disapa Nico itu, ia memang sedang berjalan di trotoar, dan sepasang turis asing tersebut malah menghalangi dirinya.

"Di video udah jelas, ada pemotor yang mengendarai motornya di trotoar. Saya di situ sedang jalan, dan mereka minta minggir. Tapi saya tetap nggak mau minggir, akhirnya saya peringatkan lewat verbal saja," ujar Nicholas saat ditemui di Jakarta, dikutip dari Fimela, 20 September 2017.

Cerita dari Nicholas Saputra ini tentu bisa menjadi pengingat bagi kita agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas bahkan mau memberanikan diri menegur pelaku pelanggar lalu lintas demi terciptanya ketertiban serta keselamatan bersama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.