Sukses

Pemandu Wisata Ucapkan Nama Asli Bangkok Sebanyak 168 Huruf dalam Sekali Tarikan Napas

Meski menjadi destinasi wisata populer di dunia, tak banyak orang tahu jika nama asli Bangkok panjangnya bisa sampai 168 huruf.

Liputan6.com, Jakarta - Bangkok termasuk salah satu kota di Asia Tenggara yang sudah lama didatangi banyak wisatawan dari seluruh dunia. Para wisatawan biasanya mencari kesenangan dan petualangan di ibu kota Thailand tersebut.

Bangkok terkenal dengan kehidupan malamnya yang semarak dan pasar makanan yang lezat. Meski menjadi destinasi wisata populer, tak banyak orang tahu jika nama asli Bangkok panjangnya bisa sampai 168 huruf. Nama ini terdiri dari kata-kata Pali dan Sansekerta dan terdaftar sebagai nama tempat terpanjang di dunia oleh Guinness World Records.

Barju-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pemandu wisata menyebut nama panjang Bangkok hanya dalam satu tarikan napas. Salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @sheswow pada 14 Februari 2024.

Klip tersebut tampaknya diambil di dalam sebuah bus wisata. "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit,” ucap sang pemandu wisata. Saat dia selesai, para turis pun bersorak dan tertawa.

"Thank you," jawab wanita pemandu wisata itu. Video singkat itu berhasil menarik perhatian dan berbagai komentar warganet dan sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 2,9 juta kali.

"Nama itu diterjemahkan menjadi Kota Para Dewa, Kota Besar, Kediaman Buddha Zamrud, Yang Tak Tertembus Kota (Ayutthaya) Dewa Indra, Ibu Kota Agung Dunia yang Diberkahi dengan Sembilan Permata Berharga, Kota Bahagia yang Penuh dengan Istana Kerajaan yang Sangat Besar," tulis seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Lain yang Namanya Sulit Diucapkan

"Dia mengucapkannya seperti syair rap," komentar seorang warganet.

"Saya penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghafal nama itu,” kata warganet yang lain.

"Saya ingat teman saya yang berasal dari Thailand, nama Inggrisnya hanya 1 suku kata. Namun, ketika dia menulis nama Thailand-nya menggunakan karakter Thailand, itu menjadi sebuah kalimat,” ujar warganet lainnya.

"Aku pernah meminta ayahku untuk liburan ke Bangkok tapi dia mengajukan syarat agar aku menyebutkan nama lengkap Bangkok, dan sekarang sudah tujuh tahun aku belum bisa liburan ke Bangkok,” timpal warganet lainnya.

Meski sulit mengucapkannya, setiap tempat memiliki keunikan tersendiri. Tempat dengan landscape yang super indah, bangunan-bangunan historis, juga menjadi daya tarik yang membuat para turis terlena saat berada di sana.

Ada sejumlah nama tempat yang paling sulit diucapkan, tapi merupakan destinasi wisata yang super keren buat liburan seperti dilansir dari kanal On Off yang mengutio dari cheapflights.com.au, Sabtu, 19 Oktober 2019.  Salah satunya adalah Oaxaca, Meksiko yang pengucapannya adalah: Wa-hah-kah.

 

3 dari 4 halaman

Kota Gloucestershire, Inggris

Kaya secara budaya dengan pemandangan super cantik, kota penuh warna di Meksiko bagian barat daya ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menyenangkan. Belum lagi, tempat ini terkenal dengan makanan enaknya, situs-situs bersejarah dan warganya yang ramah.

Selanjutnya ada Gloucestershire, Inggris yang diucapkan: Gloster-shear. Desa di Inggris ini merupakan salah satu tempat yang pernah menjadi lokasi pembuatan film Harry Potter dengan pemandangan klasik.

Selain istana yang kaya akan unsur historis, pemandangan luar biasa lain dan penduduk lokal yang ramah menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis.Kemudian ada Versailles, Prancis yang diucapkan: Ver-sigh. Dikenal di berbagai dunia dengan situs bersejarah yang masuk di jajaran UNESCO World Heritage Sites, Château de Versailles, dan perkebunan Versailles, kota ini dekat dengan pusat kota Paris. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka sejarah.

Lalu ada Milngavie, Skotlandia yang diucapkan: Mill-guyLokasi favorit para pensiunan ini dekat dengan pusat kota Glasgow. Lokasinya yang tenang dan nyaman akan memanjakan para turis yang mengujunginya. Tempat ini juga merupakan titik awal rute perjalanan jarak jauh, West Highland Way.

4 dari 4 halaman

Kota Guadalajara, Spanyol

Ada juga Guadalajara, Spanyol yang diucapkan: Gwada-la-haraJika Anda tidak bisa menggulung lidah Anda seperti penduduk asli Spanyol, kata ini akan sangat sulit diucapkan. Setengah hari perjalanan dari Madrid, ini memrupakan kota dengan unsur historis yang kuat. Terdapat banyak tempat terkenal, dan museum kesenian lokal yang sangat menarik.

Ada pula Albuquerque, Amerika Serikat yang pengucapannya: Al-ba-ker-keeSuasana kota yang cerah dan berada di dataran tinggi membuat area ini sangat cocok untuk dikunjungi para turis. Terlebih lagi warna biru yang mendominasi pemandangann tempat ini sangat cocok bagi Anda yang butuh ketenangan.

Terakhir ada.Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu, di Selandia Baru Nama kota yang sangat sulit diucapkan ini ternyata punya arti sebagai berikut, "Tempat di mana Tamatea, seorang laki-laki yang terkenal sebagai penakluk daratan dengan lutut yang besar, yang mampu meluncur, mendaki dan mengunyah gunung-gunung, yang memainkan serulingnya untuk yang ia cintai".

Tempat di Selandia Baru ini merupakan nama tempat kedua terpanjang di dunia. Anda termasuk hebat jika bisa menyebutkan nama tempat ini dengan pengucapan yang tepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini