Sukses

Merasakan Nuansa Penerbangan Ceria Lewat Pesawat Garuda Pikachu Jet GA1

Desain livery tematik Pikachu Jet GA-1 ini merupakan desain pertama dari total dua desain yang telah disiapkan oleh Garuda Indonesia dan The Pokémon Company.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berkolaborasi dengan The Pokémon Company meresmikan pengoperasian livery tematik Pikachu Jet GA-1 yang diaplikasikan pada pesawat Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia. Peluncuran dilakukan di Hanggar 2 GMF AeroAsia di Tangerang, Kamis (22/2/2024).

Desain livery tematik Pikachu Jet GA-1 ini merupakan desain pertama dari total dua desain yang telah disiapkan oleh Garuda Indonesia dan The Pokémon Company. Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra optimistis terhadap peluncuran livery pesawat bernama Pikachu Jet GA1 dengan corak desain kartun Pokemon dapat meningkatkan daya tarik para calon penumpang penerbangan.

"Kita optimistis kerjasama ini bisa meningkatkan daya tarik para penumpang, selain itu bisa mempromosikan perjalanan pesawat. Dengan tema Pikachu ini kita berharap mereka yang memang gemar melakukan perjalanan jadi lebih menggembirakan," ujar Irfan.

Ia menyebutkan, peluncuran ini seiring dengan momentum kebangkitan sektor pariwisata nasional dan pertumbuhan jumlah penumpang khususnya pada sektor penerbangan internasional meningkat. Para penggemar Pokemon di berbagai negara termasuk di Indonesia pun bisa mendapatkan pengalaman seru naik Pikachu Jet GA-1 tersebut.

Selain memiliki desain baru bertema Pokemon di badan pesawat, Garuda Indonesia juga akan menampilkan tokoh kartu tersebut di fasilitas lainnya. Bahkan, lanjut Irfan, pihaknya akan menyediakan berbagai produk merchandise kolaborasi bersama Pokemon. Produk ini nantinya dapat diperoleh melalui kanal resmi penjualan GarudaShop untuk menarik para calon penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produk Merchandise Kolaborasi Garuda dan Pokemon.

"Penerbangan Garuda Indonesia juga akan dilengkapi layanan lain yang menggunakan tema Pokemon, termasuk di touch point penumpang," terangnya.

Sementara itu, Corporate Officer Asia Business Division The Pokemon Company Susumu Fukunaga menambahkan bahwa hasil kerja sama desain livery Pikachu Jet ini merupakan bagian dari program "PokemonAir Adventures" yang memberikan pengalaman penerbangan spesial bertemakan Pokemon.

"Kami ingin mengembalikan keseruan perjalanan penerbangan psaca beberapa tahun lalu saat dunia dilanda Pandemi COVID-19, yang menjadikan semua orang tidak bisa kemana-mana. Maka, dengan kerjasama ini diharapkan bisa mengembalikan keseruan itu," terangnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia khusunya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang telah bekerja keras untuk mewujudkan kerja sama ini. "Saya ucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf yang sudah membuat semua ini terwujud. Proyek ini diharapkan bisa menciptakan keseruan dalam perjalanan pariwisata ke berbagai kota dan negara," kata Fukunaga.

3 dari 4 halaman

Rute Penerbangan Pikachu Jet GA1

Desain Pokemon yang diaplikasikan pada pesawat armada tipe B737-800NG tersebut, bakal mulai diterbangkan pertama kali pada Jumat, 23 Februari 2024 dengan rute Jakarta-Denpasar, Bali.  Pikachu Jet GA1 di pesawat Garuda Indonesia direncanakan akan hadir selama lima tahun kedepan.

Selain Denpasar, rute lain yang akan dilayani oleh Pikachu Jet GA1 nantinya meliputi rute domestik seperti Jakarta, Batam, Medan, Palangkaraya, Malang, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar - Makassar pp, Merauke - Jayapura pp, dan rute internasional Surabaya - Singapura pp.

Tiap pesawat menampilkan gambar yang berlainan di kedua sisinya. Keduanya fokus ke keindahan alam Indonesia. Sisi kanan punya tematik hutan dengan Pokemon Bounsweet, Oddish, Eevee, Aipom, dan Vileplume. Di sisi lainnya bertema laut dengan gambar Pokemon Finneon, Squirtle, Horsea, Mantine, dan ada Butterfree. Tentunya kedua sisi pesawat ada gambar Pikachu-nya.

Di dalam pesawat Pikachu Jet GA1, bukan hanya bagian luarnya yang bertemakan Pokemon, tapi juga di bagian dalamnya. Yang langsung terlihat adalah headrest cover atau kain sandara kepala bergambar balon Pikachu yang terdapat di semua kursi penumpang.

4 dari 4 halaman

Nuansa Pokemon di Dalam Kabin Pesawat

Liputan6.com yang juga berkesempatan masuk ke dalam pesawat, bisa merasakan nuansa Pokemon dengan warna kuningnya yang khas membuat suasana di dalam pesawat jadi lebih colorful dan ceria. Selain itu ada pernak-pernik lain di dalamnya dan semuanya tema Pokemon, seperti Paper Cup, Snack Box, Meal Box, Paper Snack Bag, Pokemon Kids TV Learn & Playbook, dan Pokemon Stamp.

Dalam peluncuran itu, pasangan selebriti Ryan Delon dan Sharena mengajak kedua anak mereka menjajal naik pesawat desain khusus tersebut. Sebagai penyuka Pikachu, Ryan dan Sharena merasa puas diberi kesempatan lebih awal merasakan sensasi di dalam kabin pesawat tematik Pikachu Jet GA-1 . Mereka pun sudah berencana untuk naik pesawat tersebut dalam waktu delkat.

Ada juga pasangan Dwi Sasono dan Widi Mulia (Widi B3) jyang uga mengajak anaknya mengikuti tur masuk kabin pesawat tersebut bersama-sama. Kabin pesawat itu sendiri terdiri atas dua kelas, dengan 12 tempat duduk kelas Bisnis dan 150 tempat duduk kelas Ekonomi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.