Sukses

Kunjungi Wonogiri Bersama Iriana, Jokowi Menginap di Hotel Bintang 2 Bertarif Rp300 Ribuan per Malam

Hotel yang kabarnya ditempati Jokowi itu merupakan bangunan lama tiga tingkat dengan ruko-ruko di bagian depannya. Untuk ukuran seorang presiden, hotel ini tentu saja tampak sangat sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi (Joko Widodo) melakukan kunjungan kerja tentu sudah jadi hal biasa. Tapi ada hal menarik saat Jokowi berkunjung ke Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah baru-baru ini.

Dalam video yang dibagikan akun TikTok @kanjengsolo, Kamis, 1 Februari 2024, orang nomor satu di Indonesia itu keluar dari sebuah hotel bintang 2. Presiden Jokowi disebutkan menginap di Hotel Diafan Wonogiri dari 31 Januari sampai 1 Februari 2024.

Hotel tersebut merupakan bangunan lama tiga tingkat dengan ruko-ruko di bagian depannya. Untuk ukuran seorang presiden, hotel ini tentu saja tampak sangat sederhana. Dalam video itu terlihat mobil Alphard hitam dengan plat bertuliskan Indonesia yang ditumpangi Jokowi keluar dari parkiran hotel tersebut.

Sejumlah paspampres terlihat mengawal dari belakang dengan beberapa mobil lainnya. Tak lama, Jokowi membuka kaca mobilnya dan sempat menyapa masyarakat yang sudah menunggunya di pinggir jalan. Di sebelahnya terlihat Iriana Jokowi yang mendampingi sang suami.

"Iya ini beliau Presiden Joko Widodo keluar dari hotel Diafan Wonogiri. Ini hotelnya sangat sederhana sekali ya. Ini beliau mobilnya, pakai Alphard Indonesia," ucap pria yang mengisi suara di video tersebut.

Lantas berapa tarif atau harga per malam menginap di Hotel Diafan Wonogiri? Dikutip dari Traveloka, tipe kamar superior hotel satu ini hanya dibanderol dengan harga Rp390 ribu. Harga tersebut belum termasuk sarapan.

Hotel Diafan berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 172, Kerdukepik, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Tempatnya cukup strategis dan kita bisa melihat suasana kota darfi ketinggian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotel Melati dan UMKM Naik Kelas

Video Jokowi menginap di hotel bintang 2 itu mendapat banyak komentar positif. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 6,5 juta kali dan disukai lebih dari 321 ribu kali. "Setelah ini Hotel Diafan Wonogiri langsung laris nih," komentar seorang warganet.

"Kalo nginep di hotel mahal sudah biasa. Kalo nginep di hotel kelas melati bisa menaikkan nilai jual hotel tersebut. Hotel kecil juga termasuk umkm yg perlu naik kelas," kata warganet yang lain.

"Hotel Nya sederhana banget itu,” ujar warganet lainnya. "Mungkin itu adalah hotel yang paling bagus diantara yang laon 😭,” timpal warganet lainnya.

Tak hanya menginap di hotel bintang 2, Jokowi juga kerap bersantap di warung makan atau tempat makan yang sederhana. Yang terbaru, Presiden Jokowi sarapan bareng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di rumah makan Gudeg Yu Djum Wijilan, Yogyakarta, Minggu pagi, 28 Januari 2024.

Jokowi bersama AHY setelah gowes atau bersepeda tiba di rumah makan sekitar pukul 07.00 WIB. Keduanya kemudian duduk semeja menyantap gudeg. Momen itu dibagikan AHY di akun Instagramnya.

3 dari 4 halaman

Jokowi dan AHY Makan Gudeg

"Pagi hari ini saya berolahraga dengan bersepeda bersama Bapak Presiden @jokowi di Daerah Istimewa Yogyakarta, sambil menikmati suasana Jogja yang begitu menyenangkan,” tulis suamu Annisa Yudhoyono itu dalam keterangan unggahannya.

Usai sarapan gudeg, mereka menyapa warga yang telah menunggu di depan warung makan legendaris itu sambil membagikan kaus berwarna hitam. Jokowi yang mengenakan kaus hitam lengan panjang bersama AHY berkaus biru kemudian meninggalkan lokasi sekitar pukul 08.00 WIB dengan mengendarai sepeda alias gowes.

"Baru kali ini Gudeg Yu Djum Wijilan ini dikunjungi Bapak Presiden dan Bapak AHY pastinya kami senang sekali bisa melayani beliau. Apalagi beliau presiden dan Pak AHY juga anak (mantan) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Manajer Operasional Gudeg Yu Djum, Wijilan Adit Fajar, saat ditemui usai kunjungan Jokowi, dikutip dari Antara.

Lalu, menu apa saja yang disantap keduanya? Menurut Wijilan, kedua tamu istimewa bersama rombongan menyantap hidangan dengan varian menu yang sama yaitu nasi gudeg dipadu krecek, paha ayam, serta telur ayam.

4 dari 4 halaman

Pesan Gudeg 50 Porsi

"Total (memesan) 50 porsi," ungkapnya. Sehari sebelum dikunjungi, dia pun tidak menyangka bakal kedatangan Jokowi bersama AHY.

Ia mengaku hanya diminta tim untuk menyiapkan delapan meja, tanpa ada permintaan khusus untuk membatasi rumah makan untuk pengunjung lain. "Kemarin mintanya enggak usah di-'clear' semua, yang penting disediakan delapan meja cuma gitu saja," tuturnya.

Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membenarkan, pertemuan antara Presiden Jokowi dan AHY di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Ya benar, pagi ini jam 08.00 pagi, lokasi di Yogya, Gudeg Yu Djum Wijilan," kata pria karib disapa Zaky melalui pesan singkat, Minggu, melansir kanal News Liputan6.com.

Soal topik yang dibacarakan, sepengetahuan Zaky, Presiden Jokowi dan AHY membicarakan situasi politik terkini. Dia menampik, pembicaraan ada hubungannya dengan koalisi Pemilihan Presiden atau Pilpres, di mana AHY berada satu kubu dengan putra dari Presiden Jokowi. "Ya situasi politik terkini, (statusnya) antara presiden dan ketum parpol yang berada di luar pemerintahan," ucap Zaky.

Zaky menyampaikan, pesan yang didapat dari presiden adalah untuk saling memahami posisi keduanya. Dia meyakini, tidak ada hal yang serius dan sebatas obrolan santai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini