Sukses

Momen Lucu Anies Baswedan Ngobrol Sambil Comot Camilan Warga

Anies Baswedan terlihat mengobrol bersama warga dan jurnalis, Namun ia tanpa sadar mencomot camilan dalam bungkusan milik seorang warga.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi maupun gerak-gerik para capres dan cawapres selalu mengundang banyak perhatian. Begitu pula dengan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Sebuah video viral karena memperlihatkan Anies Baswedan tanpa sadar mencomot jajanan warga di sebuah acara kampanye.

Video itu dibagikan di akun Youtube Dapur Ngeh. berjudul "ITU CIKI ORANG PAK‼️MAIN COMOT AJA???? MOMENT ANIES BERHENTI DI REST AREA".. Dalam video yang dibagikan pada 28 Januari 2024 itu, Anies terlihat mengobrol bersama warga dan jurnalis, Namun ia tanpa sadar mencomot camilan dalam bungkusan milik seorang warga.

"Bapak suka Chiki juga ya? Ini jajanan waktu kecil Pak," kata salah satu warga. "Iya orang enak. Di daftar makanan saya gak ada ni," jawab Anies yang disambut gelak tawa warga. Ia bahkan minta tambah usai mencoba jajanan yang identik dengan anak-anak tersebut.

Hal itu pun membuat para warga yang sedang mengobrol turut tertawa dengan sikapnya yang spontan dan santai. "Wah endorse nih. Langsung laris nih Chiki," kata seorang warga sambil tertawa. Unggahan ini mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Saya adalah pensiunan ASN Pemprov DKI Jakarta ketika beliau jadi Gubernur suasana kerja yg paling tenang dan nyaman tanpa ada kegaduhan antara Eksekutif dan Legeslatif" kata seorang warganet.

"Gak nyangka masih doyan snack anak2 chiki ball aya aya wae juragan mah . Semoga pak Anies & Crew senantiasa sehat wal afiyat Aamiin Allohuma Aamiin ️🇮🇩," komentar seorang warganet.

"Nggak ada jaim jaimnya nyomot makanan orang luar biasa memang bapak ini,” ujar warganet yang lain.

"Pak Anies baru kali ini makan "mecin" kayaknya,” kata warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Anies Baswedan Bertemu Pembatik Tuli

Menjelang Pemilu dan Pilpres 2024, Putri Anies Baswedan, Mutiara Baswedan, juga ikut ambil bagian dalam kampanye politik ayahnya dengan menjumpai banyak pihak. Salah satunya, ia kedapatan bertemu dengan seorang pembatik yang merupakan seorang teman Tuli di Solo, Jawa Tengah.

Momen itu dibagikan pemilik akun X (Twitter), @Mdy_Asmar, 27 Januari 2024, dengan keterangan, "Momen Mutiara Baswedan berbincang dengan pembatik tuna rungu di Solo." Di rekaman berdurasi semenit itu, perempuan yang akrab disapa Tia ini tampak menyimak penjelasan si perajin batik, yang juga memaparkan menggunakan gerakan tangan.

Tidak sampai di situ, karena ia juga mendemonstrasikan penggunaan canting di atas kain batik yang tampaknya masih dikerjakan. Di kolom komentar, tidak sedikit orang yang memuji gestur Mutiara, menilainya "semangat menyimak penjelasan."

"Sambil senyum terus. Hawanya udah kayak Miss Universe lagi kunjungan," kata salah satu pengguna X. Ada juga yang mengingatkan untuk tidak pakai kata tunarungu.

"Yes benar teman Tuli lebih senang disebut Tuli. Kalau disebut tunarungu, tuna kan artinya ada yang rusak padahal mereka ga rusak hanya beda cara mereka berkomunikasi," timpal warganet lainnya.

Mutiara sendiri tidak hanya berbagi konten serius. Sebelumnya, ia berkomunikasi dengan publik melalui cara terbilang sederhana, bahkan receh. Ini terjadi saat wanita berusia 26 tahun itu berbagi foto ibunya, Fery Farhati Ganis, berpose bersama filter wajah Anies Baswedan.

3 dari 4 halaman

Mutiara Baswedan Bagikan Foto Ibunya

Di akun TikTok-nya, Mutiara Baswedan, menulis, "Cie cie," sebagai keterangan unggahan. Di filter online photobooth tersebut, Anies Baswedan kedapatan mengenakan kaus putih di bawah kemeja denim yang tidak dikancing.

Menyerasikan penampilan dengan sang suami, Fery terlihat memakai tunik berwarna biru senada, dilengkapi hijab segi empat abu muda yang serasi dengan kain tenun yang disampirkan di bahu kanannya. Posenya pun beragam, mulai dari membentuk simbol hati memakai tangan, seolah memegang bahu sang suami, sampai seakan ingin mengecup pipinya.

Sederet gaya kiyowo ibu berusia 52 tahun ini pun didukung lagu Making a Lover oleh SS501. Saat ditelisik lebih lanjut, filter berjudul "photobooth park aniseu" ini merupakan buatan akun TikTok @raisa61699.

Di sisi lain, selama masa kampanye Pemilu 2024 ini tak jarang persaingan sengit antar-kandidat memicu peredaran kabar yang belum tentu benar di media sosial. Tak terkecuali dengan Anies Baswedan. Ia pun kembali disinggung kinerjanya saat memimpin DKI Jakarta. Kritikan kembali mampir.

 

4 dari 4 halaman

Anies Tak Pernah Pulang dengan Wajah Cemberut

Dalam situasi tersebut, Fery Farhati senia mendampingi Anies menghadapi berbagai situasi yang sulit dengan banyak fitnah maupun kritik. "Bagaimana Anda dan anak Anda menghadapi itu semua?" tanya Farhan, presenter yang kini juga menjadi politikus dari sebuah rekaman video TikTok di akun @junglermagangofficial2, diunggah pada Minggu, 29 Januari 2024.

Fery pun bertanya balik ke Farhan. Tapi, Fery menjelaskan bahwa suaminya tidak pernah menampakkan wajah cemberut saat pulang ke rumah.

"Mas Anies itu ke rumah nggak pernah bawa masalah, nggak pernah bawa krisis, nggak pernah bawa konflik. Apapun yang dibicarakan oleh orang di luar sana, sampai di rumah tenang. Jadi, keluarganya tenang," beber Fery yang telah menikah dengan Anies sejak 1996. Ia menyambung, "Jadi walaupun anginnya keras, Mas Anies-nya tenang jadi kita tenang."

Mendengar jawaban Fery Farhati, Farhan sebagai penanya hanya menjawab,  "Alhamdulilah kalau begitu." Konten tersebut saat itu mendapat lebih dari 48 ribu tanda suka dan 1,2 ribu komentar. Beragam komentar dilontarkan, di antaranya berharap agar bisa punya suami yang memiliki karakter dan sikap tenang seperti Anies Baswedan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.