Sukses

Wardah x Garuda Indonesia Rilis Makeup Warna Langit, Terinspirasi Kecantikan Pramugari

Pada 2023, Garuda Indonesia bersama Wardah juga sempat berkolaborasi untuk penyediaan selfcare eksklusif bagi jemaah haji dan umrah. Kerja sama berlanjut dengan merilis makeup bertajuk “Find The Beauty in Journey”.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya saat dua produk lokal Indonesia yang ada di jajaran atas berkolaborasi? Hasilnya menjadi ide-ide segar seperti yang dihadirkan Wardah x Garuda Indonesia dengan meluncurkan makeup bertajuk “Find The Beauty in Journey” pada Rabu (31/1/2024).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan kolaborasi terjalin karena keinginan yang sama untuk mempromosikan produk anak bangsa. "Kita melihat kolaborasi tidak hanya memberikan value tersendiri bagi local brand, tapi bagi Garuda sebagai pembeda dibanding maskapai lain," ungkap Irfan saat peluncuran di Gedung CoWorking Space, Garuda Sentra Operasi, Tangerang, pada Rabu (31/1/2024).

Ia menjelaskan itu menjadi kolaborasi kedua bagi kedua pihak. Pada tahun lalu, maskapai pelat merah itu juga sempat menggandeng Wardah dalam penyediaan selfcare eksklusif bagi jemaah haji dan umrah. Dengan kerja sama yang berlanjut, ia berharap dapat melakukan hal serupa dengan brand lokal lainnya.

Group CEO Paragon Universa Utama & CEO Paragon Technology and Innovation, Harman Subakat yang membawahi brand Wardah, mengapresiasi pihak Garuda Indonesia karena telah membuka diri untuk kolaborasi terjalin. "Palet makeup yang terinspirasi warna langit ini dikurasi, R&D center mengakselerasi proses pengembangan produk," katanya di kesempatan yang sama.

Kedua belah pihak, kata Harman, sama-sama menuangkan ide dalam kolaborasi sehingga produk yang diluncurkan khas dan belum ada di tempat lain. "Saya harap ini jadi standar baru mendefinisikan perjalanan dengan sentuhan beauty, yang tidak hanya menginspirasi masyarakat Indonesia tapi juga dunia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Palet Warna Makeup

Terinspirasi dari keanggunan dan kecantikan pramugari Garuda Indonesia, palet warna juga akan disesuaikan dengan seragam pramugari yang bernada hijau serta oranye. Tim riset juga menggali kebutuhan pramugari yang bekerja dengan durasi panjang sehingga makeup harus mendukung pekerjaan tersebut.

Hasilnya, terdapat delapan palet terinspirasi yang warna-warna langit seperti biru dan abu-abu. Dalam prosesnya, tim riset dan pengembangan Wardah mengidentifikasi keseluruhan DNA kulit orang Indonesia, sehingga diharapkan akan sesuai pasar. 

Rilisan ini bisa dibeli para penumpang Garuda Indonesia melalui awak kabin di menu belanja selama berada di penerbangan. VP Commercial PT Paragon Technology and Innovation, Alfia Wardah menyebutkan harga rilisan makeup kolaborasi ini adalah Rp135.000 untuk eye shadow dan Rp89.000 untuk lipcream.

"Belum ada periode terbatas dan diharapkan kolaborasi berikutnya akan berlanjut ke perawatan tubuh maupun rambut," ungkap Alfia sambil menambahkan bahwa pihaknya menciptakan warna spesial hanya di produk ini, dengan harapan para penumpang Garuda bisa menemukan kecantikan tidak hanya di tempat tujuan tapi juga saat perjalanan selama penerbangan. 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Ingin Tingkatkan Value Brand Lokal

Sementara itu, VP Cabin Management Garuda Indonesia, Linda Oktavia Harahap mengatakan Garuda Indonesia sudah enam kali mendapat predikat "The World's Best Airline Cabin Crew" dari Skytrax. Keramahtamahan ala Indonesia menjadi andalan yang ditawarkan pramugari Garuda sehingga bisa mendapat predikat tersebut. 

Pihaknya juga memiliki 24 customer touch point dan menggelar berbagai pelatihan untuk pramugari untuk mempertahankan predikat tersebut. Ia menyambung, dengan kolaborasi antara Wardah dengan Garuda Indonesia, kesan positif kru kabin Garuda yang mengambil inspirasi pramugarinya akan meningkatkan value brand tersebut di mata masyarakat dan dunia internasional. 

Nanda Nadia, Makeup Artist yang hadir dalam sesi workshop makeup setelah acara mengungkapkan beberapa tips bagi pramugari yang membutuhkan makeup tahan lebih lama. Untuk makeup sehari-hari, ia menyarankan agar menggunakan warna natural dan netral, serta menghindari memakai foundation yang terlalu berat.

"Agar tahan, harus pakai produk yang mengklaim tahan lama (biasanya 10-16 jam). Tekniknya (teknik pengaplikasiannya) harus betul," katanya memberi saran sembari menyarankan agar setiap orang memilih makeup warm tone atau cold tone sesuai warna kulit.  

4 dari 4 halaman

Kata-Kata dan Istilah yang Diucapkan Pramugari

Kata-kata pramugari saat take off, safety demonstration, landing, dan final landing adalah hal yang sangat penting dalam setiap penerbangan. Kata-kata yang kerap diucapkan pramugari ini tidak hanya sebagai bentuk komunikasi dengan penumpang, tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama penerbangan.

Mengutip Tim Hot Liputan6.com, Rabu (31/1/2024), peran pramugari dalam menyampaikan kata-kata tersebut pun menunjukkan profesionalisme dan kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama penerbangan. Begitu pesawat akan melakukan take off, pramugari akan memberikan pengumuman kepada penumpang untuk mengikuti prosedur keamanan yang telah ditentukan.

Kata-kata pramugari saat ini akan berfokus pada penjelasan tentang posisi duduk, meletakkan kursi dalam posisi tegak, dan memastikan seat belt terpasang dengan benar. Di samping itu, pramugari juga akan memberikan informasi tentang penggunaan pelampung, masker oksigen, dan posisi darurat yang harus diikuti penumpang.

Saat pesawat akan melakukan landing dan final landing, kata-kata pramugari juga akan memberikan pengumuman yang penting untuk diikuti oleh penumpang. Pengumuman ini biasanya berkaitan dengan posisi duduk, penggunaan seat belt, dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar menjaga keamanan selama proses landing.

Pramugari akan memberi instruksi dengan jelas dan tegas agar penumpang dapat mengikuti prosedur dengan baik. Ini semua dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan selama penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.