Sukses

Restoran Indonesia di Kanada yang Disebut Sepi Pengunjung Diulas Kreator Konten, Apa Menu Favoritnya?

Setidaknya ada delapan menu yang dicoba si konten kreator di restoran Indonesia di Kanada yang disebut sepi pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi konten restoran Indonesia di luar negeri yang jadi sorotan online. Kali ini, giliran bisnis kuliner bernama Restaurant Djakarta Taste, yang berada di Quebec, Kanada, yang menarik perhatian setelah diulas kreator konten lokal G Hobs.

Lewat unggahan media sosialnya, 9 Januari 2024, ia mengulas restoran Indonesia yang menurutnya "sepi pengunjung." Video itu dimulai dengan memperlihatkan bagian luar restoran, disusul ruang makan tanpa satu pengunjung pun di dalamnya.

Setidaknya ada delapan menu yang ia coba di restoran itu. "Makanan pembuka," kendati orang Indonesia tidak mengenal hal tersebut dalam kultur makannya, adalah ragam gorengan. Ada bakwan, lumpia, dan martabak yang masing-masing dinilai si kreator konten dengan skor 6, 8, dan 9 dari 10.

Berlanjut, ia makan nasi goreng dalam porsi cukup besar, ditambah telur ceplok, serta irisan tomat dan timun. "Presentasinya gila," katanya. "Makanan restoran ini terlalu enak buat restoran yang sepi pengunjung," seraya menambahkan bahwa nasi goreng itu dinilai 9,8 dari 10.

Ia juga menilai telur ceploknya secara terpisah, mencatat skor 7 dari 10. Makanan ke-6 yang disantap adalah sate, lengkap dengan sayuran pengganti acar, dan nasi putih. "Mengapa semua makannya terlihat cantik," katanya, sambil memutar piring berisi sate tersebut.

"Ayam (di sate) lembut banget, 8,2 dari 10," tulisnya menilai. "Lalu, nasi Indonesia, 8,7 dari 10." Terakhir, ia tidak melewatkan kesempatan menyantap makanan penutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skor Makanan Penutup

Makanan penutup yang dipilih si kreator konten adalah pisang goreng yang disajikan dengan ragam topping, termasuk keju. "Enak makanan penutupnya. Restoran ini luar biasa, 9 dari 10," tutupnya tanpa memberitahu harga makanan-makanan itu.

Seperti sudah Anda duga, konten ini mendapat banyak komentar dari warganet Indoensia. Beberapa di antaranya riuh menyoroti bagaimana Hobs memakan nasi pakai garpu. "Bila Anda mencoba makanan Indonesia lagi nanti, coba makan nasi pakai sendok, Anda akan mendapat lebih banyak makanan dalam satu suapan," kata salah satu pengguna.

"The last one is Hihang Hoheng Hanas 🔥," kelakar yang lain merujuk pada meme pisang goreng yang sempat viral, beberapa waktu lalu. Ada juga orang asing yang mengaku sudah lama tinggal di Indonesia, dan menambah testimoni bahwa kuliner Indonesia memang luar biasa.

Ada juga warganet asing yang bertanya lokasi restoran tersebut. "Ada di mana nih di Kanada? Makanannya terlihat menggiurkan semua, terutama nasi gorengnya," komentar seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Restoran Indonesia Termahal se-Inggris

Ini tentu bukan kali pertama ulasan orang asing terhadap restoran Indoensia di luar negeri menarik perhatian. Sebelumnya, seorang kreator konten, Laurence Benson, berbagi video mencicipi makanan di restoran Indonesia yang disebut termahal se-Inggris.

Di rekaman, ia terlihat memilih tiga sajian terlezat, menurutnya. Benson selama ini dikenal sebagai YouTuber asal Inggris yang acap kali mempromosikan makanan Indonesia.

Tidak sendiri, dalam video yang dibagikan ke akun media sosialnya pada November 2023, ia terlihat menyantap kuliner Indonesia itu bersama teman-temannya. Restoran Indonesia yang disambangi bernama Toba yang terletak di St. James Square, London, Inggris.

"Setelah mencoba delapan hidangan populer," sebut dia di video. "Inilah tiga makanan favorit kami." Pertama, mereka memilih nasi goreng yang dibanderol 18 pound sterling (sekitar Rp348 ribu) seporsi. Nasi goreng disebut sebagai kuliner Indonesia yang paling terkenal.

4 dari 4 halaman

Bisnis Kuliner Indonesia di Inggris

Tempat kedua diberikan pada hidangan ikan arsik seharga 28 pound sterling (sekitar Rp541 ribu). Walau disebut agak pedas, olahan itu tetap dipuji lezat. Lalu, juaranya adalah gulai kambing, dengan skor "sempurna 10/10," yang dibanderol 22 pound sterling (sekitar Rp425 ribu).

"Wow lembut sekali," kata salah satu dari mereka. Terlihat puas dengan makanan-makana tersebut, di akhir video, Benson tidak lupa merekomendasikan untuk mampir mencicipi makanan Indonesia di Restoran Toba, London.

Menurut video di kanal YouTube Raditya Dika, Pinondang Sinaga adalah sosok di balik restoran Indonesia di pusat kota London, Inggris itu. Saat itu, Radit mengatakan bahwa restoran ini baru dibuka sekitar tiga hari ketika ia bertandang ke sana.

Pino berbagi kisah membuka restoran Indonesia di Inggris. Ia bercerita bahwa ia sudah beberapa tahun terakhir tinggal dan bekerja di Inggris. Sebelumnya, ia membuka usaha kuliner, yaitu Pino's Warung, pada akhir 2019.

Pino's Warung menyajikan berbagai makanan khas Indonesia di lokasi wisata turis di Camden Market, London. Setelah sukses dengan Pino's Warung, ia memberanikan diri membuka lokasi lebih besar dan berlokasi lebih strategis, yaitu di pusat kota London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.