Sukses

ART Nana Mirdad Temukan Bayi di Semak-Semak, Kaki Mulai Membiru dan Alami Hipotermia

Keluarga Nana Mirdad segera membawa bayi perempuan yang ditemukan telanjang di semak-semak ke UGD rumah sakit terdekat.

Liputan6.com, Jakarta - Nana Mirdad mengumumkan penemuan bayi oleh asisten rumah tangganya (ART), Tika, di dekat rumahnya pada Sabtu siang, 20 Januari 2024. Bayi itu ditinggalkan di semak-semak tanpa pakaian dan alas tidur sehelai pun. Bahkan, tali pusarnya masih menempel.

"Siapa tahu ibu yang membuang bayi ini, asal tau saja, bayi ini sudah selamat... Sehat... Sempat terkena hypothermia, namun sudah diatasi oleh pihak UGD," tulis Nana dalam Instagram Storynya, dikutip Minggu (21/1/2024).

Nana mengaku hatinya hancur saat membawa bayi berjenis kelamin perempuan itu ke RS Bali Mandara. Saat itu, bayi itu sudah sedikit bergerak dengan kaki membiru. Tubuhnya juga sudah dikerubungi semut. "Khawatir bayi ini tak selamat di tanganku," sambungnya.

Ia menyebut si ibu pembuang bayi sungguh tega karena meninggalkan anaknya begitu saja di semak-semak, karena banyak anjing besar, biawak, hingga ular lewat di sekitar situ. Padahal, menurut Nana, ada banyak opsi yang bisa dipilih si ibu bila tak sanggup merawat bayinya.

"Hubungi dinas sosial, titipkan ke yayasan, dll. Atau setidaknya, taruh di depan pagar rumah warga agar bayi ini bisa dirawat dengan layak," ujar Nana lagi.

Nana mengaku sempat menggendong bayi itu selama satu jam. Ia sedih melihatnya harus lahir di dunia dengan situasi tak aman sekaligus bersyukur ia dan keluarganya bisa membantu menyelamatkan si bayi.

"Very random day today... Mengejutkan, we do what we have to do," ucap Andrew White, suami Nana, saat mereka berbincang di rumah sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diserahkan ke Dinas Sosial

Setelah beberapa waktu merawat bayi itu, Nana memutuskan menyerahkannya ke Dinas Sosial dan petugas medis yang merawatnya. Ia mengaku berat berpisah meski hanya sejam menggendong bayi tersebut.

"Kami serahkan bayi ini ke dinas sosial karena itu sesuatu yang benar untuk dilakukan," ujarnya.

Meski begitu, Nana yang kini menetap di Bali masih diperkenankan menjenguk anak tersebut. Ia juga siap membantu bayi itu sepanjang dibutuhkan. "Selama bantuan dari kami masih dibutuhkan, kami akan berikan yang terbaik," sahut Nana.

Ia menyatakan sudah berusaha memberikan yang terbaik sebisanya. Ia berharap bayi tersebut memiliki kesempatan hidup yang lebih baik di kemudian hari seraya menyebut bahwa ia akan selalu mendoakannya. "You will always be in my prayer from now on, little baby," ucapnya.

Ia pun berterima kasih atas doa baik dari kolega dan warganet kepadanya. Namun, kata dia, yang paling tepat diberikan ucapan terima kasih adalah ART yang berinisiatif menolong si bayi dan membawanya ke rumahnya.

"Aku hanya menindaklanjuti dan langsung cepat2 membawa bayi ini ke UGD. Jadi, terima kasih Tika... Tika saved the baby this morning," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Pelajaran Hidup Berharga

Peristiwa itu membuat tubuhnya gemetar. Hatinya pun hancur dengan situasi yang dialami bayi berambut hitam itu. Ia pun meninggalkan sederet pesan buat ibu yang meninggalkan bayinya itu.

"Anakmu nggak kalah bunda... Anakmu berhasil hidup hari ini... Tuhan punya jalan lain untuknya...," tulis Nana dalam unggahan berbeda.

Menurutnya, peristiwa yang dialaminya kemarin menjadi pengingat untuk semua agar menyayangi dan merawat yang ada di depan mata kita. Ia juga mengingatkan bahwa sesuatu yang tidak disyukuri oleh kita bisa jadi merupakan doa dan harapan bagi orang lain yang sudah menantikannya.

"Jika ada hal yang kurang bisa kita syukuri, biarlah itu menjadi beban kita sendiri... Tidak ada satu pun malaikat kecil diluar sana yang pantas menanggung akibatnya," ucap Nana.

Sementara, pernikahan Nana Mirdad dan Andrew White sudah berjalan lebih dari 17 tahun sejak menikah pada 13 Mei 2006. Mereka dikaruniai dua anak, yakni Jason Deandra White dan Sarah Deana White. Sederet potret mesra sempat dibagikannya di media sosial untuk menandai momen tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Pesan Mesra di Ultah Pernikahan ke-17

Terlihat dalam dua foto yang diunggah Nana Mirdad melalui akun Instagram @nanamirdad_ pada Minggu, 14 Mei 2023, putri aktris senior Lydia Kandou ini sedang dikecup mesra di bagian pipi oleh sang suami, Andrew White. Pada foto kedua, Andrew mencium tangan sang istri.

Dalam keterangan yang disampaikan Nana Mirdad bersama potret tersebut, terlihat ungkapan penuh kebahagiaan darinya selama 17 tahun pernikahan. Meskipun tak disampaikan secara rinci, Nana mengungkapkannya secara tulus hingga membuat netizen ikut merasakan isi hatinya.

"17 tahun bersama dan aku bahkan lebih menantikan untuk menghabiskan hari tuaku bersamamu. Kita telah melalui banyak hal bersama. Begitu banyak tawa dan air mata bersama, mengatasi kesulitan bersama, membuat kesalahan bodoh bersama," tulis Nana Mirdad dalam bahasa Inggris.

Nana lalu membeberkan sedikit lika-liku rumah tangganya bersama Andrew White. Ia tak menampik ada masanya mereka berdua bertengkar dan sempat muncul perasaan tak saling menyukai.

"Dari menyukai hingga tidak menyukai satu sama lain karena begitu banyak alasan konyol, itulah kebenaran untuk hubungan apa pun: akan selalu ada hari-hari ketika kita bertengkar dan berdebat," ungkap Nana Mirdad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini