Sukses

Warganet Heboh Lihat Video Anak SMA Mirip Gibran Rakabuming

Video seorang siswa SMA yang terlihat mirip dengan Gibran Rakabuming Raka bikin heboh di media sosial. Uniknya lagi, video tersebut juga diedit dengan diberi stiker mirip Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang siswa yang terlihat mirip dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bikin heboh di media sosial. Dalam video yang beredar, siswa itu sepertinya duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas).

Video itu bisa dilihat di akun TikTok @anostu25 pada 12 Januari 2024. Di akun tersebut dijelaskan bahwa siswa yang mirip Gibran Rakabuming itu merupakan pelajar kelas XI IPS 1 di sebuah sekolah tapi tidak disebutkan di daerah mana.

"Mas Gibran biar enggak dituduh ijazah palsu, jadi sekolah lagi," tulis keterangan unggahan tersebut. Dalam video awalnya diperlihatkan suasana kelas XI IPS 1 yang memperlihatkan seorang siswa laki-laki dengan seragam warna hijau army. Siswa SMA tersebut tampak duduk di deretan bangku belakang.

Uniknya lagi, video tersebut juga diedit dengan diberi stiker mirip Prabowo Subianto bergaya gemoy mengenakan kemeja biru dengan background kampanye paslon nomor 2 itu. Siswa yang mirip Gibran itu bahkan sempat berpose salam dua jari bersamaan dengan stiker Prabowo yang juga berpose salam dua jari.

Video itu sukses bikin heboh warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan anak SMA mirip Gibran itu sudah dilihat lebih dari 19,2 juta kali dan disukai lebih dari 1,9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 13,3 ribu komentar.

"Kalau mas gibran lihat kayanya bakal ditukar tambah sm kaesang deh😭,” komentar seorang warganet.

"Ekspresi nya pun mirip, mas gibran mas gibran 🤣,” ujar warganet lainnya.

"Dia lebih cocok jadi adiknya mas Gibran ketimbang Kaesang," sebut warganet yang lain.

"Ekspresi senyumnya aja mirip sama Mas Gibran," tulis warganet lainnya.

"Ini Mas Gibran harus lihat sih," timpal warganet lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming dan Bendera Naruto

 

Tak hanya warganet, video tersebut juga dikomentari oleh akun TikTok Gerindra. "Kemarin capresnya sibuk kuliah, sekarangnya cawapresnya sibuk sekolah, bagaimana sih ini TKN-nya," tulis akun Gerindra.

Momen pendaftaran Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke KPU, Rabu, 25 Oktober 2023 lalu berlangsung meriah. Dilansir dari kanal News Liputan6.com, Prabowo dan Gibran naik kendaraan taktis maung dari Taman Suropati Menteng menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pawai kirab budaya juga mengiringi kendaraan maung yang ditumpangi Prabowo, menampilkan drumband, ondel-ondel, hingga rebana.

Para pendukung pasangan ini juga tak kalah meriah. Mereka hadir dalam berbagai atribut, termasuk bendera dengan wajah Gibran. Menariknya, ada pula yang membawa foto Gibran yang sengaja diedit layaknya tokoh anime Naruto.

Ini bukan pertama kalinya putra Presiden Jokowi tersebut dikait-kaitkan dengan dunia fiksi karya Masashi Kishimoto tersebut. Guyonan soal ini aslinya memang sudah sering wara-wiri di media sosial.

Gibran kerap disamakan dengan Boruto, putra dari Naruto. "Terungkap sudah Prabowo (Sasuke) - Gibran (Boruto) Negara Konoha is real😂,” cuit seorang pengguna Twitter.

"Mas mending fotone ganti Sasuke-Boruto,” cuit warganet yang lain. Bisa jadi hal ini bikin bingung orang-orang yang bukan penggemar Naruto. Jadi, dari mana perbandingan ini berasal?

 

3 dari 4 halaman

Cocoklogi Indonesia dengan Naruto

 

Sebenarnya, hal ini berawal dari unggahan cocoklogi warganet yang sempat viral beberapa waktu lalu, yang membandingkan para Presiden RI dengan hokage alias pemimpin desa di jagat Naruto. Ada hokage pertama Hashirama Senju yang dikaitkan dengan Ir Sukarno, juga Presiden RI dan hokage perempuan satu-satunya hingga kini: Megawati dan Tsunade.

Kebetulan, Naruto dan Joko Widodo sama-sama sebagai pemimpin ketujuh. Saat Gibran dipastikan mendampingi Prabowo Subianto sebagai cawapres, makin riuh orang-orang menyamakannya dengan satu karakter di serial animasi ini: Boruto sang putra Naruto. Sementara Prabowo, disebut mirip Sasuke.

Pasalnya dalam kisah anime tersebut, Sasuke awalnya diceritakan merupakan rival Naruto. Namun ia kemudian menjalin ikatan yang kuat dengan Boruto. Hal ini mengingatkan warganet +62 dengan Pilpres 2019 yang mempertemukan Jokowi – Prabowo sebagai lawan.

Beberapa hari lalu, Gibran tampil cosplay atau bergaya ala tokoh anime Boruto. Calon wakil presiden nomor urut 2 itu terlihat mengenakan jubah hitam serta ikat kepala dengan tulisan Jepang yang biasa dikenakan karakter Boruto di serial anime Naruto.. 

4 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Pakai Kostum Boruto

 

Cosplay tersebut dia lakukan usai bertanding Mobile Legend dengan Raffi Ahmad dan selebriti lain dalam acara GEMAZ Festival 2024 di ICE BSD, Tangerang, pada Jumat, 12 Januari 2024. Suami Selvi Ananda itu sempat melakukan siaran langsung di akun TikTok pribadinya. Video tersebut juga dibagikan ulang oleh akun fanbase Gibran di TikTok @massoloo pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Unggahan itu membagikan ulang momen Gibran Rakabuming dipakaikan kostum dan aksesori ala Boruto. Anak sulung Presiden Jokowi itu terlihat memakai ikat kepala ala serial Naruto, yang menggambarkan desa Konoha, sebuah desa fiktif dalam anime tersebut. Dia juga mengenakan jubah hitam yang mirip dengan kostum karakter dari Boruto.

Wali Kota Surakarta itu kemudian tersenyum ke arah pengunjung usai aksesori cosplay tersebut selesai dipasang. Sontak terdengar sorakan dari para pengunjung festival esports tersebut.

Aksi Gibran seperti itu dinilai warganet sangat random dan tak terduga meski tetap tampil dengan ekpsresi datar seperti biasanya. Di sisi lain, sejumlah warganet, terutama yang menyukai anime Naruto, jadi senang dengan cosplay yang dilakukan ayah dua anak tersebut. Warganet malah berharap, Gibran mau mengenakan pakaian yang sama saat debat cawapres berikutnya pada Minggu, 21 Januari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini