Sukses

Gelar Bangsawan Anisha Rosnah Berubah Usai Dinikahi Pangeran Abdul Mateen, Foto Masa Kecil Bikin Warganet Gemas

Pangeran Abdul Mateen mengunggah sederet foto yang diambil untuk mengenang momen resepsi pernikahannya dengan Anisha Rosnah. Salah satunya foto masa kecil yang menggemaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian prosesi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah kembali dilanjutkan dengan menggelar Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja pada Minggu, 14 Januari 2024. Itu menjadi momen pertama kalinya pasangan yang menikah pada Kamis, 11 Januari 2024, resmi tampil bersama setelah menjadi suami istri.

Dalam kesempatan itu, Anisha terlihat anggun berbalut gaun putih lengan panjang dengan rok berpotongan A. Ia menutup rambutnya dengan turban dan kerudung panjang transparan. Wajahnya sempat terlihat tegang sesaat ia memasuki aula Balai Singgahsana Indera Buana di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam.

Namun, senyumnya langsung mengembang begitu sang suami, Pangeran Mateen, memasuki aula dengan mengenakan seragam militer. Mateen kemudian disambut sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah di tangga dekat singgasana, kemudian menggandeng tangan Mateen untuk mengusap kepala Anisha yang sudah duduk di singgasana sebagai bagian dari ritual Menapak Tangan.

Selanjutnya, seorang ulama yang merupakan Mufti Negara memimpin shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Mateen pun beranjak duduk di samping istrinya yang tampak berkilai dengan mahkota dan perhiasan dari berlian. Bahkan, buket yang digenggamnya juga merupakan permata yang dibentuk menjadi buket.

Pada saat yang sama, meriam ditembakkan sebanyak 17 kali di halaman istana sebagai tanda pengumuman. Di dalam istana, seorang pejabat mengumumkan gelar bangsawan baru bagi Anisha Rosnah. Ia yang sebelumnya bergelar Dayang kini resmi menjadi Pengiran Anak Isteri Anisha Rosnah binti Adam.

Momen sakral tersebut disaksikan oleh sejumlah petinggi negara dari negara sahabat. Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Filipina Bongbong Marcos, Raja Malaysia Sultan Ibrahim, dan pasangan Kerajaan Bhutan merupakan beberapa tamu yang hadir langsung di resepsi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sapa Warga dari Mobil Berkap Terbuka

RTB, media Brunei Darussalam, menyampaikan bahwa prosesi yang digelar di Istana Nurul Iman tersebut dihadiri sekitar 5.000 tamu. Selesai menjalani prosesi di istana, pasangan Mateen dan Anisha kemudian berjalan ke luar menaiki mobil berkap terbuka.

Mereka menyapa langsung warga Brunei dan sejumlah wisatawan asing yang berdiri di sepanjang jalan di rute yang dilalui. Anisha tak henti-hentinya melambaikan tangan kepada warga. Senyumnya lebar menandakan kebahagiaan. Di sampingnya, Mateen juga menyapa warga sambil tersenyum simpul.

Arak-arakan yang dikenal sebagai Royal Procession itu berlangsung di Minggu siang yang terik. Lewat sejumlah unggahan di media sosial, arak-arakan itu menghadirkan pasukan kerajaan dalam berbagai bentuk seragam. Sementara, warga yang sebagian mengenakan baju kurung tampak berebut memotret momen keluarga kerajaan lewat di hadapan mereka.

Sebelumnya, Mateen melaksanakan akad nikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

"Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja ♥️(Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja," tulis akun Instagram @ tmski.updates dalam unggahannya, Kamis, 11 Januari 2024.

3 dari 4 halaman

Foto Masa Kecil

Mateen juga sempat mengunggah sederet foto yang merekam momen prosesi Royal Bersanding dan Royal Processioner yang dijalaninya di media sosial. Potret pertama menangkap gambarnya bersama Anisha yang masih berbalut baju pengantin di atas mobil kap terbuka. Potret itu diambil di halaman istana, sesaat sebelum mereka akan mengikuti arak-arakan.

Foto berikutnya menangkap momen saat tangannya digandeng sang istri keluar dari Balai Singgahsana. Tapi, foto yang paling mencuri perhatian adalah potretnya bersama Anisha saat keduanya masih kecil. Mateen yang mengenakan kemeja putih duduk bersebelahan dengan Anisha yang masih mengedot botol susu.

"14.01.2024

ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ," tulisnya di kolom keterangan.

Warganet pun langsung bereaksi melihat foto itu. "the last pic might be the cutest pic ive ever seen (foto terakhir mungkin foto terimut yang pernah kulihat)," tulis seorang warganet.

"slide terakhir : Definisi jodoh emang gak kemana 👏" imbuh yang lain.

"Judulnya "Jodohku satu ciecle sejak dini"," komentar warganet berbeda.

"The Love story of teman sepermainan," kata warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Jokowi Hadiri Resepsi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan niatnya untuk menghadiri undangan resepsi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah di Istana Nurul Iman. Ia menyaksikan langsung ritual tradisi pernikahan kerajaan di barisan depan, berdampingan dengan Ratu Bhutan Jetsun Pema pada Minggu, 14 Januari 2024. Ia bahkan sempat berbincang dengan Ratu Bhutan di sela acara.

Jokowi hadir tanpa didampingi Ibu Negara Iriana. Ia mengenakan setelan jas hitam dengan dasi berwarna biru selama acara yang dikenal dengan nama Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja atau Royal Bersanding Ceremony.

Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan Presiden Jokowi bertolak menuju Tanah Air sekitar pukul 13.00 waktu setempat melalui Bandara Udara Brunei menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Tampak melepas keberangkatan Presiden antara lain Menteri Pertahanan II, Mayjen (Purn) Pehin Halbi bin Mohd. Yussof, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Bandar Seri Begawan Kolonel Arm Doddy Suhadiman beserta istri.

Prosesi pernikahan Mateen dan Anisha masih akan berlanjut hingga Selasa, 16 Januari 2024. Pada hari ini, Senin (15/1/2024), rangkaian pesta dilanjutkan dengan Majlis Persantapan Diraja dan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat serta Menutup Gendang Jaga-jaga pada keesokan harinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini