Sukses

Foto Bareng Pikachu Berkemeja Batik dan Sederet Keseruan Lain untuk Dinanti Pecinta Pokemon di Indonesia Sepanjang 2024

Perjalanan Pikachu dan karakter Pokemon lain di Indonesia akan berada di empat lokasi: Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berlangsung di sejumlah negara, mulai dari Jepang, Taiwan, Korea Selatan, sampai Singapura, Pokemon Air Adventures akhirnya sampai di Indonesia. Melalui program "Pikachu's Indonesia Journey," The Pokemon Company, perusahaan pemegang lisensi waralaba Pokemon, bersiap memanjakan pecinta karakter ini sepanjang tahun 2024.

Corporate Officer Asia Business Division The Pokemon Company, Susumu Fukunaga, bercerita bahwa proyek Pokemon Air Adventures sebenarnya lahir di masa pandemi COVID-19, dan sekarang hadir mendorong orang kembali melakukan perjalanan.

"Kami ingin membuat kita semua mengingat senangnya berwisata," sebutnya saat jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2024. Dengan semangat itu, Pikachu's Indonesia Journey akan terselenggara di empat kota di Indonesia, dimulai dari Denpasar, Bali pada 2 dan 3 Maret 2024.

Ketiga kota lainnya adalah Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Namun, Fukunaga belum bisa mengungkap kapan lanjutan acara ini berlangsung karena "masih dipersiapkan." Yang jelas, Pikachu's Indonesia Journey akan berlangsung sepanjang 2024.

"Kami sebenarnya mau berkeliling Indonesia, tapi empat kota ini dipilih berdasarkan pertimbangan apakah ada tempat yang memungkinkan untuk mengadakan acara tersebut," ucapnya. "Keempat kota juga dipilih setelah kami berdiskusi dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf)."

Jadi, ada apa saja dalam agendanya? Salah satu yang membuat perjalanan Pikachu di Indonesia berbeda dari negara lain adalah karakter itu akan memakai kemeja batik rancangan jenama lokal, BATIK CONCEPT. Fukunaga mengatakan, "Kami siapkan lebih dari satu motif batik khusus, jadi Pikachu akan berkemeja batik dengan desain berbeda nantinya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pikachu Jet GA

Dengan filosofi "Pokemon Air Adventures" yang bermaksud menghubungkan manusia dengan manusia dan manusia dengan wilayah, pihaknya bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk meluncurkan "Pikachu Jet GA." Visual Pikachu Jet  terinspirasi dari keindahan budaya, kultur, dan kekayaan alam Indonesia.

"Desainernya memang dari The Pokemon Company, tapi kami berdiskusi intens dengan pihak Garuda Indonesia dan memakai identitas warna mereka," sebut Fukunaga.

Terdapat 10 jenis Pokemon, termasuk Pikachu, yang digambarkan pada badan pesawat. Rencananya, Pikachu Jet GA1 akan mulai diterbangkan pada 23 Februari 2024 dengan tujuan Denpasar. Ke depan, Pikachu Jet GA1 akan diterbangkan ke hampir seluruh rute domestik Garuda Indonesia dan beberapa rute internasional, seperti Kuala Lumpur, Singapura, Hong Kong, dan Bangkok.

Informasi lebih lanjut, seperti jadwal detail penerbangan, dekorasi dalam pesawat, dan amenity kit yang dapat diperoleh di dalam pesawat akan diumumkan detail nantinya, kata Fukunaga.

Director of Services and Commercial PT. Garuda Indonesia (Persero), Ade Susardi, menyebut pihaknya sangat bersemangat menyambut kolaborasi ini. "Melalui Pikachu Jet GA, kami akan menghadirkan pengalaman penerbangan spesial yang bahkan bisa dirasakan mulai dari konter check-in sampai boarding gate khusus," ucapnya di kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Pokemon GO dan Pokemon Run

Acara perdana Pikachu's Indonesian Journey di Bali akan berlangsung di Lapangan Puputan Margarana Renon, Denpasar. Selama dua hari, event spesial Pokemon GO dan Pokemon Run juga akan menggenapi sederet agenda seru yang dijanjikan.

Di event Pokemon GO, pikachu berkemeja batik disebut akan muncul di alam liar Bali. Pikachu khusus ini bakal debut pada 2 Maret 2024, dan akan terus muncul selama lebih dari setahun. Selain itu, ada juga pokemon berkostum baru dan permainan gim lain yang terinspirasi Pikachu's Indonesia Journey.

Menyusul setelahnya, Pokemon Run akan berlangsung pada 3 Maret 2024 dalam dua kategori: Fun Run sejauh lima km dan Family Run sejauh tiga km. Selain maraton, pihaknya juga mengaku mempersiapkan berbagai aktivitas dan hiburan lain.

Tidak sampai di situ saja, karena di siang hari, akan ada Pikachu Splash Show di mana air dengan jumlah melimpah akan ditembakkan dengan intens dari meriam air.  Lalu di malam hari, terjadwal pertunjukan dansa Pikachu bersama musik dan cahaya bertema Pikachu EDM yang dapat dimeriahkan dengan ikut menari bersama.

Konten orisinal ini dijanjikan memasukkan unsur khas Indonesia pada lagunya. "Selain itu, akan ada parade lebih dari 10 Pikachu di lapangan selama periode event," sebut Fukunaga.

4 dari 4 halaman

Meet and Greet Bersama Pokemon

Tidak ketinggalan, ada juga acara meet and greet dengan Pokemon. Selain Pikachu, baik yang berkemeja batik maupun tampil polos, ada juga Sprigatito, Fuecoco, dan Quaxly yang berperan di seri animasi terbaru Pokemon.

Di seantero tempat acara, mereka juga menyediakan photo spot untuk mengambil banyak foto bersama para Pokemon. Rangkaiannya kian seru karena ada Pokemon Kids Carnival untuk mencoba tantangan permainan sederhana Pokemon dan mendapatkan hadiah spesial.

Memanjakan pecinta karakter ini, akan ada juga tempat penjualan merchandise Pokemon. Melengkapi itu, mereka juga menggelar acara di pusat perbelanjaan Living World Denpasar pada 21 Februari sampai 3 Maret 2024.

Fukunaga menjelaskan, "Di Living World Denpasar, rencananya akan diselenggarakan berbagai program yang dapat dinikmati pengunjung, seperti sudut menonton anime dan sudut bermain kartu yang berbeda dari event pada 2 dan 3 Maret 2024."

Kabar baiknya, hampir seluruh rangkaian agenda di Picakhu's Indonesian Journey bisa dinikmati publik secara gratis. "Hanya Pokemon Run dan Pokemon Go yang ada biaya partisipasinya," kata dia.

Jadi, apakah Anda tertarik datang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.