Sukses

Gibran Rakabuming Awalnya Ditolak Tim Jokowi Jadi Cawapres Prabowo, Apa Alasannya Tetap Maju?

Di awal Gibran Rakabuming hendak mencalonkan diri sebagai cawapres Prabowo Subianto, ternyata banyak orang yang tidak setuju dengan pencalonannya. Meski belum lama bergabung dalam politik, Gibran mengatakan merasa bisa bersaing dengan senior sekalipun.

Liputan6.com, Jakarta - Di awal Gibran Rakabuming hendak mencalonkan diri sebagai cawapres Prabowo Subianto, ternyata banyak orang yang tidak setuju dengan pencalonannya. Meski belum lama bergabung dalam politik, Gibran mengatakan merasa bisa bersaing dengan senior sekalipun.

"Awal-awal saya declair mau nyalon kan memang relawannya bapak (pak Jokowi) nggak ada yang setuju. Nggak ada yang suka, nggak ada yang setuju," kata Gibran dalam video yang diunggah oleh akun @jaringanpemimpinmuda di TikTok pada 10 November 2023.

Menurut mereka yang tidak setuju, ada kekhawatiran bahwa penunjukan dirinya akan membuat dampak kurang baik bagi Presiden Jokowi. "Ya udah terus saya bentuk relawan, barulah keluar relawan yang mudah existing ini," bebernya.

Tim baru yang ia bentuk adalah anak-anak muda yang seumuran dengannya. "Saya buat tim baru dengan orang-orang yang sebenarnya nggak ngerti politik juga, makanya kan sosmed saya ngawur kayak gini," sambungnya lagi.

Selain itu, masih dalam obrolan yang sama, Gibran diketahui termasuk salah satu calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024 yang aktif di media sosial. Tak hanya karena untuk keperluan kampanye, dalam beberapa kesempatan kicauannya di Twitter yang kini berubah jadi X sering mendapat sorotan.

Tapi jika diperhatikan, suami Selvi Ananda itu hanya mengikuti satu akun saja di X yaitu Ibas alias Edhie Baskoro Yudhoyono, putra kedua SBY. Hal ini menjadi pertanyaan, sebenarnya apa alasannya hanya mengikuti akun Ibas, sementara adiknya Kaesang Pangarep pun tidak ia ikuti di X. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Gibran Hanya Follow Ibas di X

"Di Twitter (X) ini mas kasih penjelasan dulu, kenapa yang difollow mas Ibas ini lho?" tanya seseorang dalam video ketika sedang makan bersama Gibran. 

Menurut sang penanya hal tersebut belum terklarifikasi. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun sejenak terdiam dan seperti sedang menyiapkan jawaban untuk rekannya.

"Ya orang bebas mengidolakan siapa aja ya," jawabnya di awal sambil masih menikmati makanan yang tersaji.

Lalu Gibran menyambung," Mas Edhie Baskoro ya, mas Ibas itu, satu udah pengalaman banget. Ya.. ya udah itu dulu aja."

Raut wajah Gibran tampak tersenyum, seolah ia masih ingin menyimpan alasan lainnya sehingga tidak memberi tahu lebih lanjut. Potongan video lama yang disukai oleh lebih dari 165 ribu pengguna TikTok pun menuai reaksi yang beragam.

"Kalo Gibran ngomong, gua nggak tahu itu serius apa satir," kata seorang warganet.

"Itu jokes terselubung. Mengindari kecurigaan, susah ditebak, komedi ala Gibran," balas warganet.

"Asli mungkin kepencet, mau unfollow nggak enak," becanda warganet.

"Gitu doang jawabnya," yang lain protes.

"Terlalu sedikit berkata-kata," sambung warganet.

"Sampe sekarang masih follow mas Ibas," ungkap warganet yang menyimak.

3 dari 4 halaman

Gibran Cukur Rambut Sebelum Debat

Sebelumnya Gibran diketahui mencukur rambutnya jelang hadir dalam debat capres ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam, 7 Januari 2024. Gibran memangkas rambutnya di Captain Barbershop, Senopati, Jakarta Selatan.

Kegiatan itu dibagikan Gibran Rakabuming lewat siaran langsung di akun TikTok pribadinya, @gibran_rakabuming. Selain pangkas rambut, cawapres yang berpasangan dengan calon presiden (capres) Prabowo Subianto ini pun merawat wajah dengan memakai masker hingga treatment pijat. Beragam perawatan itu ternyata dilakukan oleh pekerja pemotong rambut, ternama Yogi Ang.

Yogi Ang dikenal salah satu pemilik salon khusus pria yang sudah terkenal, yaitu Captain Barbershop. Pada bio akun Instagram pribadinya, dia menuliskan sebagai co founder dari tempat cukur rambut yang sudah punya 42 cabang itu. Dilihat di akun Instagram resmi Captain Barbershop, biaya potong rambut di salon itu tarifnya sekitar Rp60 ribu per kepala.

Nama Yogi sepertinya sudah sangat dikenal sebagai seorang kapster, termasuk di media sosial. Hal itu terlihat dari jumlah pengikutnya di Instagram yang mencapai 60 ribuan. Akun YouTube pribadinya pun telah punya banyak pengikut hingga ratusan ribu. 

 

4 dari 4 halaman

Cukur Rambut di Yogi Ang

Bukan hanya Gibran, adiknya Kaesang Pangarep ternyata juga jadi pelanggan Yogi Ang. Informasi itu diketahui dari unggahan highlight Instagram story akun Yogi Ang, Kaesang pernah cukur rambut di barbershop yang sama sejak 2018. Sampai Desember 2023, suami Erina Gudono itu terlihat masih potong rambut di sana. Beberapa figur publik lainnya juga pernah memakai jasa Yogie Ang. 

Rasanya tak heran kalau Yogi jadi langganan para figur publik Pada bio akun Instagram, dia menuliskan kalau dirinya punya pengalaman belajar di sejumlah akademi barbershop luar negeri. Di antaranya di Barbershop Schorem di Belanda, Academy Josh OP di Inggris, dan Samchic, Korea Selatan.

Adapun Gibran mengenakan jaket biru langit saat menyambangi tempat pangkas rambut tersebut jelang debat capres pada Minggu, 7 Januari 2024. Ia terlihat langsung menuju kursi untuk memotong rambut sambil berbincang dengan Yogi Ang.

"Ini dicukur bosnya langsung?" ungkap Gibran. "Langsung, Pak," jawab Yogi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini