Sukses

4 Spot Eksotis di Sumba Timur, Wajib Masuk Bucket List Buat Liburan

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar dan memiliki keunggulan dari masing-masing daerah.

Liputan6.com, Sumba Timur Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar dan memiliki keunggulan dari masing-masing daerah. Nusa Tenggara misalnya yang memiliki banyak potensi wisata alam, seperti di pegunungan, laut, tepi pantai, dan wisata budaya, salah satunya adalah Sumba. 

Sumba menjadi salah satu pulau yang terletak di bagian selatan Indonesia yang sangat terkenal akan keindahan alam, adat istiadat serta budayanya. Nama Sumba pun menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Kamu juga? 

Yup, menjadi destinasi favorit karena Sumba memiliki sederet tempat eksotis dan mempesona yang bisa kamu eksplor dan wajib masuk bucket list untuk liburanmu di tahun depan. Apa saja sih tempatnya, berikut daftarnya:

Lanskap Sempurna di Pantai Laipori

Pantai Laipori terletak di Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Pantai ini menawarkan pesona alam yang indah. Jika kamu ingin liburan dengan nuansa yang tenang, wajib memasukkan Pantai Laipori ke dalam bucket list. Nah, untuk mencapai tempat ini, kamu harus melintasi jalan berpasir sekitar dua kilometer dari jalan utama. 

Namun jangan keburu khawatir karena setelah menempuh perjalanan dengan berkendara sekitar 30 menit dari Kota Waingapu, lelahmu akan terobati dengan lanskap sempurna dii pantai dengan pasir berwarna putih ini.

Selain pantai berpasir putih, tempat ini juga menawarkan banyak spot untuk berfoto, seperti mengabadikan momen di bibir pantai, berfoto di tengah di antara pepohonan hijau.

Pesona Air Terjun Weekacura di Tengah Sawah

Terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Air Terjun Weekacura menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Lokasi air terjun ini berdekatan dengan objek wisata Waikelo Sawah yang merupakan bendungan dan gua. 

Untuk menuju ke Air Terjun Weekacura, kamu harus menempuh jarak sekitar 40 menit melewati jalur darat. Di tempat wisata ini, matamu akan dimanjakan dengan pepohonan rindang serta pemandangan sawah di sekitarnya. Dengan kontur air terjun bertingkat yang paling tinggi sekitar dua meter, kamu bisa menikmati 'kolam renang' alam yang indah ini. 

Oh ya, untuk menikmatinya, ada baiknya kamu bertanya dulu ke pemandu, guna mendapatkan arahan lokasi benang yang aman dan arus yang nggak terlalu kuat. Oh ya, selain berenang, pastinya kamu bisa berfoto alias selfie di area sekitar Air Terjun Weekacura.

Bukit Ndapayami Spot Hits di Sumba Timur

Buat kamu yang bosan dengan hiruk-pikuk perkotaan, Bukit Ndapayami jadi rekomendasi. Kenapa? Itu karena bukit ini adalah salah satu bukit yang hit di Sumba yang menawarkan pesona alam yang menawan. 

Dalam bahasa Sumba, Ndapayami artinya jangan sampai terlepas. Yup, sesuai dengan artinya, ketika kamu ke Sumba jangan sampai melewatkan objek wisata alam yang terkenal dengan hamparan padang rumput dan pemandangan sunset yang menakjubkan. 

Menariknya, pemandangan padang rumput di bukit ini akan berubah sesuai pergantian musim. Misalnya pada musim hujan, bukti akan dipenuhi dengan padang rumput hijau, sementara di musim kemarau, kamu dapat menikmati hamparan padang savana yang nggak kalah mengecewakan untuk pemandangannya.

Kampung Adat Ratenggaro

Fakta menarik bahwa Kampung Adat Ratenggaro adalah sisi lain dari keindahan budaya Sumba yang juga menarik buat dikunjungi. Berada di Desa Maliti Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kampung Adat Ratenggaro ini menawarkan berbagai kekayaan dari adat dan tradisi kental para leluhur masyarakat setempat. 

Salah satunya adalah rumah adat Ratenggaro yang berbentuk rumah panggung. Rumah adat ini merupakan simbol penting dalam budaya Sumba dan mencerminkan nilai-nilai sosial serta tradisi masyarakat setempat. Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang bangunan unik yang Instagramable. 

Oh ya, agar hasil foto lebih ciamik, kamu dapat menyewa baju adat Sumba dan juga kuda sebagai propertinya. Untuk oleh-oleh, kamu dapat membeli barang hasil kerajinan masyarakat setempat seperti kain tenun ikat dan lainnya. 

Nah, itulah sederet tempat eksotis di Sumba yang wajib masuk bucket list untuk liburanmu di tahun ini. Jika penasaran dengan gambaran tempat-tempat indah dan istimewa tersebut, coba saksikan video musik Tolak Angin berjudul 'Stand by Me: Explore Beautiful Sumba Island with Tolak Angin' yang menjelajahi keindahan Pulau Sumba.

Video musik tersebut bukan sekadar menyuguhkan pemandangan yang memukau, namun juga memperlihatkan atmosfer masyarakat Sumba yang ramah dan hangat, sehingga membuatmu dan siapapun ingin segera merasakan berlibur ke Pulau Sumba.

Selain itu, video tersebut semakin menarik karena dibintangi sederet musisi kenamaan, yaitu Aurelie Moeremans, Sara Fajira, Veronica Tan dan Abdul Ahmad. Sekadar informasi, Tolak Angin merupakan produk herbal terstandar yang teruji ilmiah, sehingga bisa diminum setiap hari di manapun dan kapan pun kamu berada, termasuk saat kamu nanti jadi jalan-jalan ke Sumba.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.