Sukses

Terkenal dengan Wisata Pantai Pasir Putihnya, Simak Cara Hemat ke PIK 2 Naik Transjakarta

Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 kini jadi salah satu alternatif bagi warga Jakarta dan sekitarnya saat akhir pekan. Naik Transjakarta jadi cara hemat untuk sampai ke destinasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Indah Kapuk (PIK) kini jadi salah satu alternatif wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya saat akhir pekan. Menurut sejumlah unggahan di media sosial, pantai pasir putih di PIK jadi salah satu daya tariknya.

Kendati berdaya tarik menarik, akses untuk mencapai PIK tidak begitu gampang tanpa kendaraan pribadi. Namun, ada seorang warga yang membagikan cara menuju PIK menggunakan bus Transjakarta, sehingga ongkosnya tak terlalu mahal.

"Tutorial ke pantai pasir putih di PIK 2, tepatnya ke Land's End, naik transportasi umum," ungkap pemilik akun TikTok @yourtravelhack, pada 7 Januari 2023.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, perjalanan tersebut dimulai dari Halte Transjakarta Balai Kota dengan naik bus 1A rute Balai Kota-Pantai Maju. Jika tidak terlalu yakin, ia menyarankan untuk bertanya lebih dulu ke petugas sebelum menaiki bus. 

Kali itu, ia memulai perjalanan di hari Minggu dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Ia turun di perhentan bus Food Street, kemudian melanjutkan perjalanan dengan taksi online dengan tujuan Land's End. 

Biayanya untuk taksi online sekitar Rp24 ribu. Namun, menurutnya, Anda bisa juga turun hingga di perhentian terakhir, yaitu Pantai Maju dan lanjut ke Shuttle PIK 2.   

Sementara untuk pulang, ia menggunakan taksi online dengan titik jemput di lobi Land's End, tujuannya ke Fresh Market PIK. Dari sana, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus Transjakarta lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghemat Biaya Taksi Online

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa cara tersebut dapat menghemat pengeluaran taksi online untuk menuju kawasan pasir putih di PIK 2. Terlihat pada video yang ia unggah, sekilas tampak ada menara mercusuar yang bisa jadi latar berfoto.

Ketika cuaca sedang bagus, terik matahari akan mempercantik pemandangan langit biru yang melengkapi bidikan lensa kamera. Unggahan itu pun mendapat tanggapan warganet, di antaranya juga memberi petunjuk jika berangkat dari halte Transjakarta lainnya.

"Aku dari Duri ke PIK, PIK ke Duri juga sama naik shuttle bus 15 aja ni kak. Dari Aloha PIK 2 ke Fresh Market naik Damri free," tulis seorang pengguna TikTok menambahkan alternatif rute untuk mencapai PIK 2.

Wisata Aloha PIK 2 yang bernuansa pantai Hawaii ini belum lama dibuka, tepatnya pada Agustus 2023. Mengutip laporan Tim Bisnis Liputan6.com, founder dan CEO of Arkana Agung Sedayu Group Steven Kusumo mengatakan, Aloha PIK 2 berkonsep destinasi kuliner bernuansa tropis.

3 dari 4 halaman

Wisata Aloha PIK 2

Sederetan fasilitas pun melengkapi kawasan ini, seperti Land’s End, Beach Club, Holiday Inn Resort, Ginza Beach Walk, dan Community Park. "Sejak 8 Agustus 2023, kita sudah resmi membuka destinasi wisata Aloha. Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar kota, apalagi hingga ke luar negeri," katanya.

Ia menyambung, "Warga Jakarta dan sekitarnya kini dapat mencari angin segar dan mengistirahatkan diri dari aktivitas padat untuk berkumpul dengan teman maupun keluarga di Aloha PIK."

Menurut dia, pantai indah kapuk merupakan kawasan mandiri yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas, mulai dari destinasi wisata, kuliner, ritel, komersial, perkantoran, residensial, sampai pusat bisnis.

Aloha mengusung konsep ramah anak, dengan menyediakan Aloha Playground. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama anak, Aloha Playground yang terletak di Jl. Laksamana Yos Sudarso, Dadap, Kosambi, Tangerang ini bisa jadi pilihan.

Tempat ini memiliki ragam permainan menarik untuk anak-anak, sementara orangtua dapat menikmati keindahan pantai dan kuliner yang tersedia.

4 dari 4 halaman

Tempat Bermain Anak

Aloha Playground adalah tempat bermain yang desainnya terinspirasi gaya Hawaii. Karena itu, tempat ini dipenuhi hiasan, ornamen, dan patung yang mencerminkan budaya, serta suasana Hawaii.

"Tepat di ujung area Aloha PIK, ada taman bermain anak dengan kolam renang yang dilengkapi berbagai macam permainan, seperti perosotan, kolam mandi bola, playhouse, dan masih banyak lagi," sebut Brian Alfa Yoga, Operation Deputi Department Head Aloha, saat jumpa pers, 8 Agustus 2023.

Demi memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung, pengelola Aloha Playground memberi kebebasan membawa pelampung pribadi. Sebagai alternatif, mereka juga menyediakan toko peralatan renang di dalam area taman bermain anak.

Di toko ini, para pengunjung dapat membeli berbagai peralatan renang, termasuk pelampung. "Orangtua juga diizinkan mendampingi anak-anak mereka di area children's playground dengan membayar tiket yang telah disediakan," ungkap Brian.

Tarif bermain di Aloha Playground dibanderol mulai dari Rp125 ribu untuk durasi dua jam pada hari kerja dan Rp175 ribu untuk dua jam saat akhir pekan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu bermain sepanjang hari, tersedia pilihan paket sehari penuh dengan tarif Rp150 ribu di hari kerja dan Rp200 ribu ketika akhir pekan.

Pengunjung yang jadi pendamping dikenakan biaya tambahan sebesar Rp80 ribu. Sebagai catatan, anak berusia di bawah usia 10 tahun harus ditemani orang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini