Sukses

Prediksi Tren Desain Interior di 2024, dari Warna-Warna Hangat hingga Nuansa Hijau

Apa saja desain interior yang bakal hits di 2024 dan apa saja yang bakal ditinggalkan?

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pergantian tahun, ada sederet prediksi terkait hal-hal yang bakal hits di tahun depan. Salah satu yang mencuri perhatian adalah tren desain interior di 2024.

Dikutip dari Insider, Kamis, 28 Desember 2023, Alice Moszczynski, seorang desainer interior di Planner 5D, mengatakan kepada Insider bahwa desain biofilik akan tren pada 2024. Tujuan utama dari desain biofilik adalah untuk meningkatkan konektivitas dengan unsur-unsur alam melalui pemanfaatan alam secara langsung dan tidak langsung.

Desain biofilik

"Inti dari desain biofilik adalah perasaan saat Anda berada di alam terbuka, dikelilingi oleh tanaman hijau subur dan cahaya alami. Ini semua tentang menghadirkan alam terbuka," kata Moszczynski. Ia mengatakan gaya desain ini akan lebih banyak melibatkan material alami, sinar matahari, dan tanaman.

Sofa dan kursi melengkung

Jennifer Verruto, CEO dan pendiri Blythe Interiors, mengatakan kepada Insider bahwa bentuk bulat akan muncul di rumah-rumah di mana pun pada 2024. Ia juga mengatakan lengkungan "memberikan suasana kuno yang canggih", namun, cukup serbaguna untuk dipadukan dengan berbagai gaya desain.

 

Nuansa forest green

Kelly Marohl, desainer interior di Neutral Home Design, memperkirakan akan ada lebih banyak nuansa forest green di berbagai bagian rumah. Ia memperkirakan bahwa pemilik rumah yang memilih warna gelap dan murung akan menempatkan warna forest green di urutan teratas daftar mereka pada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna-warna hangat

Moszczynski memperkirakan bahwa warna-warna hangat akan mengambil alih saat orang mencari suasana nyaman di rumah mereka. Tahun baru akan menampilkan warna cokelat tanah, terakota yang kaya, dan deep oranges menjadi pusat perhatian.

"Warna-warna ini menghadirkan kenyamanan dan kesederhanaan pada ruangan Anda, menciptakan suasana ramah," katanya.

Desain scalloped

Menurut desainer interior Julia Longchamps dari Julia Longchamps Design, pemilik rumah akan menyambut desain scalloped di rumah mereka tahun ini. Ia mengatakan tepian yang bergerigi juga bisa menjadi aksen yang bagus pada lemari.

Di sisi lain, desainer interior Debbe Daley menyebut ada beberapa hal yang akan ditinggal di 2024. Gaya industrial, yang menonjolkan elemen seperti lantai beton, langit-langit tinggi, serta struktur arsitektur dan pipa terbuka, telah populer selama beberapa waktu, namun mungkin tidak akan berhasil di 2024.

Selain itu, ultra-minimalis, yang ditandai dengan warna-warna netral dan sedikit detail serta perabotan, akan mulai menghilang. Tren abu-abu yang dulu populer telah mulai menghilang dan akan terus berlanjut pada 2024.

3 dari 4 halaman

Prediksi Tren 2024 Menurut Pinterest

Platform sosial, Pinterest melalui "Pinterest Predicts," merilis perkiraan tren lintas bidang, termasuk dekorasi rumah. Dalam keterangan yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Senin, 11 Desember 2023, tertulis, "482 juta orang menggunakan Pinterest untuk merencanakan hal berikutnya dalam hidup mereka; rumah berikutnya, makanan berikutnya, perjalanan berikutnya."

"Hal ini memberi Pinterest wawasan unik tentang masa depan, apa yang akan segera populer," kata mereka. "Pinterest Predicts adalah laporan ramalan tren yang akan muncul di tahun mendatang. Ini adalah panduan tentang apa yang berikutnya akan dicoba dan dibeli orang."

Simak rangkuman tren seputar rumah seperti berikut ini:

1. Dapur nyentrik

Tahun depan, gen X dan boomer akan merombak area memasak dengan perlengkapan dapur unik, peralatan antik, dan sapuan cat mengejutkan mata. Dapur eksentrik (160 persen) dapur nyentrik (75 persen), cat dapur hijau (55 persen), dekor dapur eklektik (50 persen), dan dapur pink retro (40 persen) bisa jadi panduannya.

 

4 dari 4 halaman

2. Filosofi kopi

Pada 2024, area seduh kopi di rumah akan jadi cara baru untuk mengekspresikan diri. Secara data, kata kuncinya meliputi penataan bar kopi (1.125 persen), estetika kafe (820 persen), dekor area seduh kopi (145 persen), ide tulisan papan kapur (100 persen), dan papan tulis kapur (50 persen).

3. Gotik ala Barat

Obsesi dekorasi tahun depan akan memadukan vintage americana dengan warna-warna gelap dan muram. Ide alas tidur ala barat (310 persen) jadi kata kunci populer, lalu vintage americana (145 persen), gotik ala Barat (145 persen), ide kamar country (125 persen), dan cermin gaya barat (125 pesen). 

4. Logam Hits

Corak silver dan kroma tebal sangat akan masuk ke arus utama pada 2024. Seni kuku metalik (295 persen), kalung perak berlapis (50 persen), desain pintu aluminium (70 persen), furnitur aluminium (45 persen), dan korset logam (35 persen) jadi kata kunci populer di kategori ini.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.