Sukses

Menu Restoran Milik Raffi Ahmad di Paris Jadi Sorotan, Ada Martabak Rp300 Ribuan sampai Bakso Beranak Hampir Rp500 Ribu

Tidak hanya makanan, restoran Raffi Ahmad di Paris, Le Nusa, juga menyediakan ragam minuman khas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mengklaim diri sebagai "Bistronomi Indonesia di jantung kota Paris," restoran Raffi Ahmad, Le Nusa, resmi membuka pintu mereka untuk para pelanggan di ibu kota Prancis. Menu makanan Indonesia yang disajikan pun menarik perhatian warganet saat dibagikan di akun Instagram restoran tersebut.

Di unggahan terbaru, mereka membagikan pecel dengan penataan lebih fancy. "Ibarat taman kecil di atas piring 🪴," tulisnya sebagai keterangan unggahan dalam bahasa Inggris. "Pecel: Salad gulung tradisional Jawa dengan saus kacang."

Menurut menu Le Nusa yang bisa diakses secara online, sajian itu dibanderol 12 euro (sekitar Rp205 ribu). Di feed Instagramn, foto lain yang dibagikan adalah dadar gulung yang dijajakan seharga 16 euro (sekitar Rp274 ribu), pun klepon sebagai pilihan makanan penutup lainnya.

Secara lebih lengkap, Le Nusa juga menjajakan martabak tahu dan daging, masing-masing dihargai 16 euro (sekitar Rp274 ribu) dan 18 euro (sekitar Rp308 ribu). Lalu, ada bakso beranak seharga 28 dolar (sekitar Rp479 ribu), 82 euro (sekitar Rp1,4 juta) untuk bebek betutu gianyar, dan sate ayam Jawa Timur dijual 34 euro (sekitar Rp582 ribu).

Tidak ketinggalan, ada pula ayam geprek pedas Jawa Tengah seharga 26 euro (sekitar Rp445 ribu), serta 34 euro (sekitar Rp582 ribu) untuk rendang Padang. Selain, ia juga memastikan ada ragam menu sambal, dari sambal ijo sampai sambal mbe Bali yang dijual 5 euro (sekitar Rp86 ribu) per porsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Lainnya

Di samping makanan, restoran Raffi Ahmad juga menjajakan ragam menu minuman. mulai dari kopi arabika Sumatra seharga 3,5 euro (sekitar Rp60 ribu), kopi luwak dan kunyit asam yang sama-sama dijual delapan euro (sekitar Rp137 ribu), serta bandrek susu jahe merah senilai sembilan euro (sekitar Rp154 ribu).

Sejumlah warganet pun memberikan ragam komentar, termasuk mengucapkan selamat. Ada juga yang menyarankan beberapa hal, termasuk soal menjaga keaslinan makanan Indonesia walau dijajakan di Paris. "Cuma heran juga pecel bisa jadi secantik itu," kata salah satunya.

Kabar hadirnya restoran ini sebenarnya sudah dipublikasikan Raffi pada Oktober 2023. Melalui unggahan di akun Instagram-nya dan Nagita pada 19 Oktober 2023, pasangan ini tampak tengah berpose bareng Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone dan beberapa tamu undangan lain.

Saat itu, mereka menghadiri acara makan malam yang digelar di kediaman Dubes Prancis di penghujung Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia. Ayah dua anak ini terlihat memegang booklet warna merah marun bertuliskan "Le Nusa."

"Le Nusa di Paris. Insya Allah kita buka Desember. Di Le Nusa masakan Indonesia ada di Paris," kata Raffi dalam video.

3 dari 4 halaman

Kental Nuansa Nusantara

Di kolom keterangan video, Raffi menulis, "Terima kasih Mr Ambassador 🇫🇷 Mr Fabien Penone Sudah Support agar Le Nusa Sukses di Paris ... 🇫🇷❤️🇮🇩 Soon December 2023 ..." Sebelum mengakhiri keterangan unggahan itu, Raffi juga menyertakan keterangan bahwa Le Nusa akan berlokasi di 36 Rue Fabert 75007 Paris, Prancis.

Presenter sekaligus kreator konten Ajeng Kamaratih turut mengabadikan momen Raffi mengungkap secara singkat soal bisnis barunya itu. "Kang Raffi, selamat mau buka restoran di Paris," kata Ajeng dalam video dikutip di akun Instagram pribadinya.

"Le Nusa, restorannya Le Nusa. Le Nusa itu tetap Nusantara, tapi Le itu kan Paris kan Le," terang Raffi.

Ia tampak membuka booklet sekaligus menjelaskan kentalnya nuansa Nusantara di restoran tersebut. Terlihat dalam "table of content" bahwa bakal ada sentuhan Gebyok, kain tradisional, songket, batik, serta suntiang.

Ia turut menyebut, "Ini bener-bener culture dan autentik Indonesianya masih ada." Menjelang akhir video, Ajeng satu frame dengan Nagita Slavina. "Mbak Gigi, Desember mau buka Le Nusa, restoran Indonesia di Paris, sukses ya," katanya.

Nagita pun menjawab, "Doain ya, thank you."

4 dari 4 halaman

Restoran Indonesia Termahal se-Inggris

Sebelum Le Nusa, restoran Indonesia yang disebut termahal se-Inggris sudah lebih dulu jadi sorotan online. Seorang kreator konten, Laurence Benson, membuat konten mencicipi kuliner tersebut dan memilih tiga sajian terlezat menurutnya. Benson selama ini dikenal sebagai YouTuber asal Inggris yang acap kali mempromosikan makanan Indonesia.

Tidak sendiri, dalam video yang dibagikan ke akun media sosialnya, baru-baru ini, ia terlihat menyantap kuliner Indonesia itu bersama teman-temannya. Restoran Indonesia yang disambangi bernama Toba yang terletak di St. James Square, London, Inggris.

 "Setelah mencoba delapan hidangan populer," sebut dia di video. "Inilah tiga makanan favorit kami." Pertama, mereka memilih nasi goreng yang dibanderol 18 pound sterling (sekitar Rp348 ribu) seporsi. Nasi goreng disebut sebagai kuliner Indonesia yang paling terkenal.

Tempat kedua diberikan pada hidangan ikan arsik seharga 28 pound sterling (sekitar Rp541 ribu). Walau disebut agak pedas, olahan itu tetap dipuji lezat. Lalu, juaranya adalah gulai kambing, dengan skor "sempurna 10/10," yang dibanderol 22 pound sterling (sekitar Rp425 ribu).

"Wow lembut sekali," kata salah satu dari mereka. Terlihat puas dengan makanan-makana tersebut, di akhir video, Benson tidak lupa merekomendasikan untuk mampir mencicipi makanan Indonesia di Restoran Toba, London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini