Sukses

Kolektor Seni Beli Vas Bunga Seharga Rp1,5 Miliar, Aslinya Cuma Rp61 Ribu di Toko Barang Bekas

Seorang wanita asal Amerika Serikat mendapatkan rejeki nomplok setelah vas bunga ia beli seharga sekitar Rp61 ribu terjual dengan harga Rp1,5 miliar melalui Rumah Lelang Seni dan Desain Wright.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup memang kadang tak terduga. Seperti yang terjadi pada seorang wanita asal Amerika Serikat bernama Jessica Vincent yang sering membeli berbagai barang bekas dari toko loak.

Ia mendapat rejeki nomplok karena vas bunga bekas miliknya dibeli dengan harga mahal oleh seorang kolektor seni. Dilansir dari CNN, Sabtu, 23 Desember 2023, vas yang ia beli seharga 3,99 dolar AS atau sekitar Rp61 ribu terjual dengan harga lebih dari 107.000 dolar AS, atau sekitar Rp1,5 miliar melalui Rumah Lelang Seni dan Desain Wright.

Vincent mengatakan kepada CNN, bahwa dia dan rekannya adalah pembeli tetap di toko barang bekas Goodwill. Ia mengatakan, bahwa biasanya akan mendatangi toko tersebut sekitar dua atau tiga kali dalam satu minggu.

Menurutnya, membeli barang bekas adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Pada hari pembeliannya yang menguntungkan di bulan Juni, Vincent langsung memperhatikan vas itu.

"Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa saya memiliki mata yang bagus," katanya dalam sebuah wawancara telepon. 

"Anda dapat menempatkan saya di lorong dengan banyak barang-barang toko dolar dan saya dapat memilih satu barang dengan sedikit nilai. Saya merasa seperti saya telah melatih diri saya sendiri, saya telah banyak menonton 'Antiques Roadshow'," ungkapnya.

Vas yang ia beli memiliki desain berbentuk botol dan menampilkan pola berputar-putar yang ditiup secara elegan dengan kaca hijau seafoam berwarna merah tembus pandang dan buram. "Segera setelah saya mengambilnya, saya tahu itu adalah karya yang bagus," lanjut Vincent. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyadari Vas Tersebut Adalah Karya yang Bagus

"Saya tidak mengira itu begitu bagus, tapi saya tahu kualitasnya bagus. Saya tidak percaya tidak ada orang yang mengambilnya sebelum saya," tambahnya.

Hal yang terpenting, Vincent mengatakan dia mengenali tanda di dasar vas yang menunjukkan bahwa vas itu dibuat di Italia, dari kaca Murano kelas atas. Namun, ada satu kata yang masih menjadi misteri baginya, jadi sesampainya di rumah, dia membagikan foto-foto barang pecah belah tersebut, beserta lambangnya, di grup Facebook barang pecah belah. 

Rekan-rekan anggotanya dan mereka yang tergabung dalam kelompok terpisah yang didedikasikan untuk kaca Murano segera mengidentifikasi kata yang hilang tersebut sebagai "Venini," seperti yang diterapkan pada perusahaan pabrik kaca terkenal di Italia.

"Mereka seperti, 'Ya, ini sangat bagus,'" kenang Vincent. "Beberapa orang mengatakan pembuat dan desainer yang berbeda, sampai satu orang berkata, 'Oh, itu Carlo Scarpa… rak paling atas, impian setiap kolektor.'"

3 dari 5 halaman

Karya Seorang Arsitek Italia Bernama Scarpa

Ternyata vas tersebut berasal dari seri "Pennellate" yang dirancang Scarpa, seorang arsitek yang juga mencoba-coba membuat barang pecah belah dan perabotan, untuk Venini pada 1942, selama masa jabatannya sebagai direktur kreatif perusahaan. Istilah "Pennellate" diterjemahkan sebagai "sapuan kuas", mengacu pada penampilan lukisan tersebut. 

Vas tersebut menunjukkan "konsep vas sebagai kanvas" dari Scarpa, tulis rumah lelang Wright dalam daftar karya tersebut. Mereka juga menambahkan bahwa jumlah produksi untuk seri tersebut sangat rendah dan kemungkinan besar karena karya tersebut sangat sulit dibuat.

"Ketika saya pertama kali mendengar cerita Jessica dan melihat gambar vas tersebut, saya tahu ini adalah real deal," pendiri Wright, Richard Wright, mengatakan kepada CNN melalui email setelah penjualan tersebut.

Ia menambahkan bahwa "Karya (Scarpa) di bidang kaca termasuk di antara karya-karya tersebut. yang paling inovatif di pulau Murano. Seri 'Pennellate' tidak diproduksi atau dibeli secara luas pada masanya, jadi sangat jarang menemukan karya seperti ini."

4 dari 5 halaman

Para Ahli Memeriksa Langsung Keaslian Barang

Para ahli dari rumah lelang segera mengunjungi Vincent untuk memastikan keaslian barang tersebut. Vas itu kemudian terdaftar sebagai bagian dari penjualan “Kaca Italia Penting” Wright dengan penilaian antara 30.000 dollar AS, atau sekitar Rp464 juta dan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp773 juta.

Namun, harga jual akhir lebih dari dua kali lipat perkiraan teratas. Identitas pembeli belum diungkapkan kepada publik, tetapi mereka digambarkan sebagai “kolektor terhormat.”

Vincent dan rekannya menyaksikan pelelangan berlangsung secara online. “Kami gemetar; kami bersorak,” katanya tentang pengalaman mereka. “Saya bahkan tidak bisa mengungkapkan kegembiraannya dengan kata-kata.”

“Saya senang bisa mengatakan bahwa saya memiliki 'Pennellate',” tambahnya. “Tetapi bagi saya, menurut saya hal yang benar adalah mengirimkannya ke dunia seni agar dapat diapresiasi sepenuhnya.”

“Saya lebih membutuhkan uang daripada vas bunga,” tambahnya, dan menyebut rejeki nomplok itu sebagai  sebuah berkah.

Vincent sudah kembali berburu barang antik di toko barang bekas, ia mengatakan bahwa dia “selalu mencari,” apakah itu untuk barang lelang besar berikutnya atau hanya barang yang sempurna untuk rumahnya. “Saya bahkan melakukan penghematan kemarin setelah lelang,” tambahnya. “Itu adalah sesuatu yang akan selalu saya lakukan,  ini adalah sensasi berburu.”

 

 

5 dari 5 halaman

Harganya Jadi Berkali Lipat

Para ahli dari rumah lelang segera mengunjungi Vincent untuk memastikan keaslian barang tersebut. Vas itu kemudian terdaftar sebagai bagian dari penjualan “Kaca Italia Penting” Wright dengan penilaian antara 30.000 dollar AS, atau sekitar Rp464 juta dan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp773 juta.

Namun, harga jual akhir lebih dari dua kali lipat perkiraan teratas. Identitas pembeli belum diungkapkan kepada publik, tetapi mereka digambarkan sebagai "kolektor terhormat."

Vincent dan rekannya menyaksikan pelelangan berlangsung secara online. "Kami gemetar; kami bersorak," katanya tentang pengalaman mereka. "Saya bahkan tidak bisa mengungkapkan kegembiraannya dengan kata-kata."

"Saya senang bisa mengatakan bahwa saya memiliki 'Pennellate'," tambahnya. "Tetapi bagi saya, menurut saya hal yang benar adalah mengirimkannya ke dunia seni agar dapat diapresiasi sepenuhnya."

"Saya lebih membutuhkan uang daripada vas bunga,” tambahnya, dan menyebut rejeki nomplok itu sebagai sebuah berkah.

Vincent sudah kembali berburu barang antik di toko barang bekas, ia mengatakan bahwa dia "selalu mencari," apakah itu untuk barang lelang besar berikutnya atau hanya barang yang sempurna untuk rumahnya. "Saya bahkan melakukan penghematan kemarin setelah lelang," tambahnya. "Itu adalah sesuatu yang akan selalu saya lakukan, ini adalah sensasi berburu."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.