Sukses

Sosok Chef Haryo Pramoe yang Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung, Putuskan Hijrah Sejak 2015

Chef Haryo Pramoe dikenal sebagai koki yang sering memasak di alam. Bakatnya dalam memasak tak perlu diragukan lagi, bahkan ia sempat mendapat beasiswa ke Belanda.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari juru masak Hary Pramoe. Pria yang lebih dikenal sebagai Chef Haryo ini dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis, (21/12/2023). Chef Haryo Pramoe meninggal dunia di Rumah Sakit Melia, Cibubur, Jakarta Timur.

Saat dikonfirmasi, Hendro Pramoe selaku kakak mendiang Chef Haryo Pramoe, membenarkan kabar adiknya telah meninggal dunia. Chef Haryo tutup usia karena sakit jantung yang sudah lama diidapnya. "Betul Chef (Haryo Pramoe) meninggal di rumah sakit tadi siang jam 12," ungkap Hendro Pramoe, saat dihubungi awak media, Kamis (21/12/2023), dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Kabar mengenai meninggalnya Chef Haryo sebelumnya sempat beredar di kalangan awak media. Chef Haryo Pramoe meninggal dunia di usianya yang ke-48 tahun."Telah berpulang, Chef Haryo Pramoe. Ayah Soejono Pramoe (almarhum), Ibu Siri Nureni. Adik dari Mas Hendro Pramoe, Mas Bambang Prabandaru. Semoga husnul khatimah," begitu isi pesan yang beredar.

Menurut informasi, Chef Haryo rencananya akan dimakamkan di Taman Pemakaman (TPU) Cipenjo, Cileungsi, Jawa Barat. Prosesi pemakaman akan dilakukan besok, Jumat (22/12/2023).  Bagi penggemar dunia memasak dan kuliner tentunya sudah tak asing dengan sosok Chef Haryo.

Berbagai program memasak di televisi sudah pernah dipandu oleh celebrity chef ini. Tak hanya itu, Chef Haryo juga dikenal sebagai koki yang sering memasak di alam. Bakatnya dalam memasak tak perlu diragukan lagi, bahkan ia sempat mendapat beasiswa ke Belanda.

Selain hobi memasak, Chef Haryo juga suka membaca, melukis, fotografi, jadi pemain drum, hiking, hingga riding dan custom motor gede. Namun pria yang identik dengan gaya macho dan bertato ini sudah jarang tampil di layar kaca. Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 2020 lalu ia juga sempat diterpa gosing miring seperti dikabarkan meninggal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chef Haryo Pramoe Lama Absen di Layar Kaca

Kabar miring tersebut saat itu terbukti tidak benar, Chef Haryo diketahui masih menekuni dunia masak dan memutuskan hijrah. Hal itu terungkap dari akun YouTube apunk65 #GasJon !!. Seperti diketahui, Chef Haryo sempat menghilang dan tak muncul di layar kaca.

Dalam video yang diunggah akun tersebut, ia mengaku menghilang dari dunia hiburan saat mendapat cobaan berat. "Waktu kejatuhan, dimana kehilangan pekerjaan, kehilangan keluarga, kemudian banyak semua hilang, harta benda dan lain-lain. tapi ternyata di situ saya memilih agama sebagai pelarian," kata Chef Haryo dilansir dari akun YouTube apunk65 #GasJon !!, Senin (3/2/2020).

Pasalnya Chef Haryo mengaku pernah tidak peduli dan tidak membawa bekal agama ke dalam hidupnya. Namun pada 2015 ia pergi ke Al Azhar pusat di Jakarta dan meninggalkan kehidupan kelamnya.

Di sana Chef Haryo bertemu ustaz Subhan Bawazier dan mulai belajar tentang hijrah. Akhirnya lambat laun Chef Haryo bertemu dengan orang-orang baik, kemudian ia mulai mengubah cara berpikir dan pola hidupnya.

3 dari 4 halaman

Penyakit yang Diderita Chef Haryo

Koki senior ini kemudian mempersunting seorang wanita cantik dan berhijab bernama Sherly Milana Daud pada September 2019 lalu. Pada Oktober 2021 lalu, Haryo buka kartu soal penyakit yang dideritanya. Ia mengaku mengidap diseksi aorta kronis de bakey stanford type A selama dua tahun terakhir.

Tim medis merekomendasikannya menjalani operasi besar namun chef Haryo tak serta merta mengiakan. Ia memilih pengobatan tradisional. Sayangnya, metode ini tak berdampak signifikan. Chef Haryo lantas menjalani salat istikarah. Hatinya teryakinkan untuk menjalani operasi besar di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Chef Haryo waktu itu membagikan perasaannya beberapa jam sebelum masuk ke kamar operasi. Ia menyebut operasi besar ini sebagai perjalanan menuju cahaya seraya berserah kepada Sang Khalik.

"Perjalanan menuju Cahaya. Pagi ini aku akan bertemu cahaya,ya cahaya sinar diatas tubuhku yang telanjang bersih bersuci, seperti ketika aku dilahirkan dulu di Jakarta 8 maret 1975 dari rahim ibuku,” tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Chef Haryo Kutip Ayat Alquran

Di akun Instagram pribadinya yang diikuti lebih dari 27 ribu orang, Chef Haryo menyebut perjalanan bertemu cahaya ini bab kehidupan yang harus dilewati pada usia 46 tahun. "Di hari Jumat agung 1 oktober 2021. Aku akan bicara dengan sang pemilik Cahaya ini. Mengadukan semua kisah perjalananku, gembiraku, sedihku, bahagiaku, rasa syukurku. Semuanya,” sambungnya.

"Pemilik sinar itu adalah Raab-ku, Allah Subhannawaataalla. Semua aku serahkan hidup dan matiku padamu ya Raabku. Aku bersujud kepadaMu,” beber chef Haryo.Untaian doa berbalut curahan hati ini diunggah bersama foto alat medis di ruang operasi yang memendarkan cahaya. Di kolom komentar, ia mengutip surat Az-Zumar ayat 42.

"Allah berfirman: Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya,” Chef Haryo berbagi ayat suci. "Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini