Sukses

Kesempatan Para Pemilik Usaha F&B Belajar Meracik Menu dan Berkonsultasi dengan Ahli di HaldinFoods Bar

Haldinfoods, sebuah bisnis unit dari PT. Haldin Pacific Semesta, yang menjual produk bahan-bahan makanan dan minuman yang dikhususkan kepada pemilik bisnis FNB membuka sebuah bar minuman yaitu Haldin Foods Bar. Pada bar ini, pelanggan yang merupakan pemilik bisnis dan para home brewer dapat berkonsultasi serta meracik resep baru untuk usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - Haldinfoods, unit bisnis PT. Haldin Pacific Semesta yang menjual produk bahan-bahan makanan dan minuman yang dikhususkan kepada pemilik bisnis F&B membuka sebuah bar minuman. Dinamai Haldinfoods Bar, para pengunjung dapat berkonsultasi serta meracik resep baru untuk usahanya.

"Sebenarnya, ini bukan tempat untuk minum saja. Tempat ini dikhususkan untuk kolaborasi, jadi bukan orang datang dan bisa minum di sini. Apa yang kita lakukan di sini adalah membuat menu. Misalnya, dari produk buah-buahan itu apa saja yang bisa dibuat dan disesuaikan dengan menu mereka (para bisnis F&B), ataupun menu yang sebelumnya sudah ada," ungkap Albert Wicaksono, Chief Executive Officer Haldinfoods, saat ditemui di Opening Haldinfoods Bar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023.

Karena itu, Albert menekankan bahwa target pengunjung baru utamanya adalah para pemilik bisnis makanan dan minuman dan home brewer. Bar ini tidak menyediakan layanan untuk pelanggan biasa yang ingin membeli minuman.

"Kalau untuk membeli minuman saja itu tidak bisa, karena kita tidak menjual minumannya. Kita hanya menjual bahan-bahan mentahnya saja," jelasnya lagi.

Para home brewer yang memang suka membuat minuman dan ingin membuat resep baru, dipersilahkan untuk datang ke bar ini. "Tinggal memilih base-nya apa, natural syrup-nya apa, dan sweetener-nya apa, itu sangat bisa," ungkap Albert.

Ia juga menjelaskan bahwa pelanggan tinggal memilih bahan yang ingin digunakan dan bebas untuk mengkreasikan menu baru. "Misalnya, mau yang coffee concentrate, dan ditambah dengan sirup mangga, itu bisa juga," tutur Albert.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak ada Jumlah Minimal Pembelian

Ia mengungkapkan bahwa tidak ada jumlah minimum pembelian untuk menggunakan layanan ini. "Jika membeli satu produk pun, kita layani. Ide-ide menu apa saja bisa dibuat hanya dengan satu produk, dengan pembelian satu botol saja tiap masing-masing SKU," paparnya.

Pada layanan ini, para pembeli produk dari Haldinfoods juga dibebaskan untuk berkonsultasi mengenai menu apa yang cocok pada bisnisnya. "Misalnya, waktu itu ada yang sempat datang, dan mereka mau yang ada kopinya. Tapi (kita sarankan) jangan kopi, karena lebih enak pakai teh," jelas Albert.

Bagi para pebisnis yang merasa cocok dengan menu tersebut, mereka juga dipersilahkan menggunakan menu itu pada usahanya secara gratis. Mereka bahkan memperbolehkan para pemilik usaha mengklaim menu tersebut. "Kalau misalkan mereka ingin mengklaim menu tersebut, mereka hanya perlu bilang, bahwa jangan membagikan menu itu kepada pemilik bisnis makanan dan minuman lainnya, dan kita tidak akan membagikannya," jelas Albert.

3 dari 4 halaman

Ada 100 Menu yang Bisa Dibuat

HaldinFoods Bar mengatakan saat ini mereka telah memiliki 100 variasi resep minuman dalam portofolio mereka. Menu-menu tersebut adalah hasil kreasi dari produk yang mereka jual, yang difokuskan dalam tiga kategori yaitu base, natural syrup, dan sweetener.

Albert juga menjelaskan alur bagi para pemilik bisnis dan home brewer yang berminat untuk menggunakan layanan itu. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya, para pelanggan harus melakukan RSVP terlebih dahulu.

"Di Instagram ada contact person-nya, di RSVP saja. Kalau dilihat di sini, ada list siapa saja yang datang. Begitu kita lihat ada slot kosong pasti kita akan terima undangannya. Dari situ, kita nanti akan tanya dulu, mau seperti apa nih (menunya). Kira-kira mau mocktail, tea base atau yang cocktail kah?" jelasnya.

Biasanya, para pengunjung akan diberi waktu selama lima jam. Albert juga menyebutkan bahwa dirinya akan berusaha untuk membuat pelanggan merasa nyaman selama sesi pembuatan resep tersebut.

"Karena kita membuat ini agar mereka (pelanggan) merasa seperti di rumah. Jadi mereka bisa dengan tenangnya, dengan nyamannya, mengulik (resep) bersama mixologist kita," ungkapnya, seraya menambahkan bahwa dirinya juga akan menemani, bahkan sampai pukul 6 atau 7 malam.

 
4 dari 4 halaman

Lokasi dan Jam Operasional Bar

Albert menjelaskan, bahwa HaldinFoods mulai menyentuh pasar home brewer mulai dari November 2023 lewat e-commerce. Ia mengungkapkan bahwa para pengusaha F&B biasanya akan membeli dalam jumlah besar, minimal satu karton. Sedangkan melalui e-commerce, para home brewer bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhannya dalam jumlah yang lebih kecil.

Alisjahbana Haliman, CEO PT Haldin Pacific Semesta menyatakan bahwa produk-produk yang dihasilkan menggunakan bahan yang 100 persen natural.

"Produk honey kami sudah melalui proses pengecekan dengan mesin isotop analyzer untuk mengukur kadar kemurnian madu yang hanya tersedia di Haldin untuk kawasan Asia Tenggara. Kami juga memastikan penggunaan bahan alami seperti ekstrak buah dan tumbuhan pada produk 100% Natural Syrup, sesuatu yang belum umum dilakukan di industri sirup. Produk kami menggunakan teknologi spinning cone column yang memungkinkan kami untuk mendapatkan ekstrak alami dengan suhu terkontrol, menjadikan produk kami lebih sehat untuk dikonsumsi dan konsisten secara kualitas," ujar Alisjahbana.

Jika pelanggan sudah melakukan RSVP dan sudah mendapatkan konfirmasi, bisa langsung mendatangi HaldinFoods Office yang berlokasi di Jl. RP. Soeroso No.6, RT.10/RW.5, Jakarta, tak jauh dari Menteng Huis. Layanan ini buka setiap Senin sampai Jumat dari pukul 08.00-17.00 WIB atau hingga sesi berakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini