Sukses

Viral, Cerita Sopir Ojol Akhirnya Diwisuda Usai 4 Tahun Kuliah Sembari Ngojek

Beragam kisah inspiratif setiap harinya ramai jadi perbincangan di jagat maya. Salah satunya datang dari seorang driver ojek online (ojol) yang berhasil menyelesaikan studi S1 setelah empat tahun kuliah sambil ngojek.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kisah inspiratif setiap harinya ramai jadi perbincangan di jagat maya. Salah satunya datang dari seorang driver ojek online (ojol) yang berhasil menyelesaikan studi S1 setelah empat tahun kuliah sambil ngojek.

Unggahan yang viral itu dibagikan oleh driver ojol bernama Baskoro melalui akun Instagram pribadinya @bassskoro pada Senin, 4 Desember 2023. Video singkat itu merangkum sepenggal cerita dirinya hingga berhasil menyandang gelar sarjana.

"4 tahun kuliah sambil nge-grab akhirnya yang gue tunggu-tunggu tiba juga," kata Baskoro dalam video yang menunjukkan dirinya dalam balutan jaket ojol.

Transisi video lantas berpindah pada dirinya yang berbalut setelan jas hitam dan dasi garis-garis warna senada. "Ibu bapak, Bas sarjana," ungkapnya penuh semangat.

Kedua orangtuanya pun kompak mencium pipi putranya. Selain orangtua, Baskoro menyebut bahwa sahabatnya, yang sama-sama driver ojol, juga datang untuk merayakan momen wisuda dirinya. Kedua sahabatnya datang membawa spanduk kecil yang dihiasi potret Baskoro di bagian tengah.

Spanduk kecil itu bertuliskan, "Happy graduation, temen gw hari ini wisuda coyy!!!."

Kedua sahabatnya pun begitu semringah dengan pencapaian Baskoro. "Ngawal gue ke tempat wisuda," bunyi keterangan unggahan itu.

Video lantas mengabadikan pria tersebut di perjalanan menuju tempat wisuda sembari menggenggam tangan ibunda tercinta. Ada pula momen Baskoro mengenakan toga dibantu kedua orangtuanya. Sebelum mengakhiri vdeo tersebut, Baskoro menyampaikan kisahnya hingga di posisi kini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Orangtua Bangga

"Akhirnya sampai ke titik ini. 4 tahun nge-grab buat biayain kuliah gue, akhirnya diwisuda juga. Karena gue nggak mau beratin orangtua jadi gue usahain bagi waktu kuliah sambil nge-grab, dapat penghasilan tambahan," katanya.

Kedua orangtuanya pun menyampaikan rasa bangga mereka. "Ibu bangga sama kamu," kata sang ibunda.

"Alhamdulillah bapak juga ikut bangga sama kamu. Selamat ya," lanjut ayahanda.

Di bagian akhir video ia berfoto bareng kedua sahabatnya. "Temen-temen 1 aspal yang selalu support gw."

Unggahan Baskoro sukses mencuri atensi warganet. Tak sedikit dari mereka yang memuji kegigihannya dalam menempuh studi sembari jadi driver ojol.

"Barakallah untuk ilmunya Bang. Keren banget. Pasti Ibu Bapak lebih bangga lagi. Semoga menginspirasi para pemuda lain untuk semangat hidup dengan kondisi apapun," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lainnya menyebut, "masyallahh ikut seneng liatnya, selamat ya 🙌🔥selalu sehat, panjang umur, diberkati & berkah selalu setiap langkahnya."

"air mata ku keluar bg 👏🙌🔥 sukses terus bg 👍👏," lanjut lainnya.

3 dari 4 halaman

Buktikan Bisa Selesaikan Kuliah, Momen Wisuda Driver Ojol Ini Bikin Haru

Dikutip dari Tim Hot, kisah lainnya tentang unggahan viral di TikTok seorang driver ojek online menjalani wisuda drive thru di sebuah kampus di Jakarta. Mahasiswa sekaligus driver ojek online ini membuktikan bahwa walaupun kuliah sambil bekerja ia bisa menyelesaikan kuliah dengan baik dan tepat waktu.

Pada momen wisuda tersebut, driver ojek online ini ditemani sang ibunda dan menggunakan motor yang selama ini ia gunakan untuk bekerja. Momen haru tersebut dilansir dari laman TikTok @firadharmaaa97 pada Rabu, 10 Desember 2020.

Video yang diunggah pada 7 Desember 2020 ini sudah ditonton lebih dari 600 ribu kali. Video tersebut tentunya menginspirasi untuk seluruh mahasiswa bahwa apapun yang dilakukan dengan tekun akan menuai hasilnya tak terkira di kemudian hari.

Menyambi kuliah dan bekerja tentunya suatu hal yang tidak mudah. Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan hal tersebut, namun biasanya salah satunya terbengkalai dan tidak diperhatikan. Namun, Farhan Dzulfiqar, mahasiswa sekaligus driver ojek online membuktikan bahwa dirinya bisa menyelesaikan kuliah dengan baik walaupun dia juga harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

4 dari 4 halaman

Momen Wisuda Driver Ojek Online

Dalam video singkat tersebut terlihat mahasiswa yang bernama Sahid Dzulfiqar ini datang bersama sang ibunda untuk melaksanakan wisuda drive thru di halaman kampus. Dalam video tersebut, pemilik akun @firadharmaaa97 menuliskan bahwa Farhan sudah menyelesaikan kuliahnya dengan sangat baik walaupun ia harus bekerja sambil kuliah dan berhasil menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi.

Terlihat dalam video tersebut, selain datang bersama sang ibunda, Farhan juga menggunakan motor yang selama ini gunakan untuk bekerja. Momen haru wisuda ini juga dirasakan oleh warganet di kolom komentar. Momen wisuda memang selalu membuat haru para wisudawan dan orangtua. Saat momen tersebut tentunya tak sedikit mahasiswa yang kilas balik perjuangannya selama di bangku kuliah.

Setelah menerima ijazah, terlihat dalam video singkat tersebut Farhan dan ibunda juga dengan motor kesayangannya, berfoto bersama. Perasaan haru tentunya tidak bisa diungkapakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi ini saat diwawancara.

Tak sedikit warganet yang terinspirasi dengan cerita dan usaha yang dilakukan oleh Farhan selama kuliah. "Ya Allah liat ini air mata gak berasa netes, terharu banget, semoga gelarnya bisa bermanfaat buat semuanya, tetap jadi anak yang sholeh ya Farhan," komentar salah seorang warganet.

"Sumpah, terharu bgt sampe mewek. Semoga km bisa jadi kebanggan ortu dan sukses bs nyenengin mama, Aamiin," lanjut lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.