Sukses

10 Jenama Komik Lokal Indonesia Pertama Kali Akan Tampil di Ajang Singapore Comic Con 2023

Untuk pertama kalinya, Indonesia akan ikut serta dalam acara Singapore Comic Con (SGCC) yang akan berlangsung pada 9--10 Desember 2023 di Sand Expo Singapore. Keikutsertaan ini merupakan hasil kolaborasi antara Asosiasi Komik Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Indonesia ikut serta dalam ajang Singapore Comic Con (SGCC) yang akan berlangsung pada 9--10 Desember 2023 di Sand Expo Singapore, Singapura. Keikutsertaan ini merupakan hasil kolaborasi antara Asosiasi Komik Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Ini akan luar biasa karena akan ada sepuluh jenama komik Indonesia untuk pertama kalinya akan tampil di SGCC," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar hybrid pada Senin, 4 Desember 2023.

Kesepuluh jenama komik lokal tersebut beberapa di antaranya BumiLangit, Kisai Entertainment, Si Juki, Winrider Studio, Beyondtopia, Mindblowon Universe yang dikenal sebagai Tahilalats, Skylar Comic, Reon Comics, KMI dan Kometh yang bisa diulik dari situs resmi SGCC. Mengenai komik Indonesia, Sekjen Asosiasi Komik Indonesia, Rizqi R Morsmarth, mengatakan sangat besar potensinya.

"Kalau ngomongin komik aja pembacanya ketiga terbesar di dunia baik digital maupun cetak dan banyak banget orang yang suka baca komik, jadi mereka akrab dengan produk turunan dari komik," jelasnya.

Sekarang bahkan sudah jadi hal umum bahwa film, mainan, maupun gim diangkat dari sebuah komik dan berawal dari sebuah ip (karakter) komik. Hal itu juga sudah terbukti dari ip lokal, menembus pasar internasional pada skala tertentu.

Misalnya Bumi Langit dengan karakter ip Gundala. Selain itu dari Skyla Comic juga sempat bekerja sama dengan perusahaan OTT di Asia Tenggara dan sudah tayang di saluran HBO. "Sehingga memang banyak sekali konten-konten dari komik kemudian jadi multimedia, series dan film bisa diakses oleh orang-orang secara global," sambung Rizqi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komik Indonesia Bisa Mengglobal

Lebih lanjut Rizqi mengungkapkan dengan potensi itu, skala komik lokal tinggal hanya perlu dinaikan. Salah satunya dengan mengikuti ajang seperti SGCC 2023 yang skalanya sudah internasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, harapannya akan keikutsertaan komik Indonesia di SGCC 2023. "Kita sangat menyadari Jakarta sangat dekat dengan pop culture dan banyak tumbuh para ilustrator kemudian para kreator merupakan salah satu platform untuk mereka eksis di global," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, industri komik juga dirasa akan bertumbuh baik di Jakarta dan harapannya wisatawan akan datang ke Jakarta dengan daya tarik budaya pop Indonesia. Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengatakan pihaknya melihat potensi yang luar biasa dari keikutsertaan Indonesia di ajang tersebut, sehingga Kemenparekraf pun mengajak Pemprov DKI untuk kolaborasi.

"Di sana akan ada banyak sekali networking, selain tentu saja promosi, jualan, networking belajar jadi akan ada banyak sekali yang datang ke booth kita sudah line-up ya dari media Singapura dan jejaring pesertanya," ungkapnya. 

Ia pun punya harapan agar Indonesia bisa hadir sebagai negara yang memiliki talenta. Selain itu di sisi ekonomi bisa mengambil peluang dari komik yang juga potensinya besar.

3 dari 4 halaman

Tahilalats Rilis NFT Mindblowon Universe

Mengutip dari kanal Crypto Liputan6.com, Selasa (5/12/2023), Tahilalats (Mindblowon) sebuah merek yang terkenal dengan komik strip buatan komikus dari Indonesia, meluncurkan project NFT berskala global dengan nama Mindblowon Universe.

Mindblowon Universe akan merilis 6.969 buah koleksi NFT dengan berbagai referensi dari kartun tahun 90an dan kultur pop serta dengan sentuhan art gaya khas dari Tahilalats. Tahilalats adalah proyek dari komikus Indonesia bernama Lickpalik dan Mindblowon Studio.

Berawal dari komik strip yang dibuat dan diunggah pada blog pribadi, Tahilalats berkembang menjadi komik strip web populer dan stiker berbayar pada platform LINE. 

Tahilalats kemudian merambah menjadi merek internasional melalui kolaborasi dengan brand, seniman, dan musisi internasional, termasuk di antaranya proyek pembuatan konten kreatif dengan Coldplay, BTS, Rich Brian. Bahkan kerja sama sudah dilakukan dengan brand kaliber seperti BCA, Sony Pictures, Samsung, PlayStation, Vans, Spotify dan lebih dari 90 brand lainnya sudah membuktikan keseriusan Tahilalats untuk memiliki eksistensi global.  

Dengan 12 juta pengikut di berbagai media sosial, Tahilalats dinobatkan sebagai salah satu digital content creator terbaik oleh Forbes pada 2021 dan menjadi salah satu bagian dari sejarah perkembangan komik di Indonesia.

Project Mindblowon Universe yang dirilis pada 6 - 07 Mei 2022 (TBC) ini bertujuan untuk menjadi metaverse bagi komunitas Web3 internasional untuk berbagi kebahagiaan, tawa dan hal-hal yang dapat dinikmati oleh sesama pecinta humor dan kehidupan yang absurd.

 

4 dari 4 halaman

Komik Basket Indonesia

 

Mengutip dari kanal Bola Liputan6.com, Selasa (5/12/2023), DBL Indonesia sempat membuat terobosan agar anak-anak muda tetap bergairah dengan olahraga bola basket. DBL membuat komik basket pertama di Indonesia pada awal 2021 lalu.

Bekerjasama dengan Komik MJP Studio, komik basket DBL ini diberi judul Sangsaka Lima. Komik ini bercerita tentang lima pelajar SMA Merah Putih yang hadir dengan background dan masalah yang berbeda-beda.

Tapi, mereka dipersatukan oleh basket. Komik ini menceritakan jatuh bangunnya para student athlete tersebut dalam menghadapi berbagai tantangan khas pelajar SMA. Mereka bekerja keras berlatih basket dengan segala keterbatasan, demi bisa membanggakan nama Sangsaka (julukan tim basket SMA Merah Putih).

Keputusan DBL Indonesia untuk memproduseri Sangsaka Lima karya Komik MJP Studio karena meyakini komik ini bukan hanya bisa menghibur, tapi juga bisa menularkan semangat ke anak muda untuk mengejar mimpi.

"Komik ini lucu dan menghibur. Membacanya membuat kami membayangkan seperti menonton film basket, yang berhasil membuat kita semangat latihan. Hal ini sesuai dengan DBL Indonesia yang selalu berupaya mengembangkan anak muda melalui olahraga dan konten hiburan," ujar Donny Rahardian, Wakil Direktur DBl Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.