Sukses

Di Balik Kostum Nasional Ratu Luhur yang Diboyong Wakil Indonesia Fabienne Nicole ke Panggung Miss Universe 2023

Setelah preliminary, giliran kontes Kostum Nasional yang digelar dalam rangkaian kompetisi Miss Universe 2023 di El Salvador, Kamis, 16 November 2023, waktu setempat. Bersama finalis lain, wakil Indonesia, Fabienne Nicole juga tampil di atas panggung.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah preliminary, giliran kontes Kostum Nasional yang digelar dalam rangkaian kompetisi Miss Universe 2023 di El Salvador, Kamis, 16 November 2023, waktu setempat. Bersama finalis lain, wakil Indonesia, Fabienne Nicole, juga tampil di atas panggung.

Ia mengenakan kostum nasional "Ratu Luhur" yang didalangi Bubah Alfian. Di unggahan Instagram-nya, makeup artist itu menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Kostum oleh @fhanany_ivan @syamushad @aisyahisnainyy @dhana_bk @tonybambe dan 11 seniman terampil tangan lain yang bekerja dan berkolaborasi secara kolektif untuk menciptakan karya ini ❤️."

"Atas nama @naranaia_ @jemberfashioncarnaval, kami mempersembahkan tidak hanya kostum seni budaya, tapi juga cerita tentang perjalanan kecantikan dalam kekuatan wanita Indonesia. Melalui saat-saat baik dan buruk. Berjuang mencapai mimpinya melalui banyak rintangan."

"Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih pada tim manajemen saya yang bekerja keras untuk mewujudkan visi saya @rieckomara @wdyaoktvian @rickyrijkaard @natalia_fabsan @poppycapella_," imbuhnya.

Bubah menyebut "Ratu Luhur" merepresentasi "warna-warna yang dipilih dengan cermat" dalam mewakili perjalanan Fabianne. "Dari hitam, melambangkan momen tergelap dalam perjalanan menemukan kekuatannya dari perundungan, emas melambangkan martabat dan keindahan dalam hatinya, sampai tembaga yang mencerminkan ketekunan dan ketangguhannya melalui setiap rintangan," paparnya.

"Kostum ini mewakili perjalanan kebaikan vs kejahatan," sambung Bubah Alfian. "Fabianne akan memancarkan pesona yang tidak terbendung saat mengenakan kostum tersebut untuk menghiasi panggung Miss Universe."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melambangkan Pemberdayaan

Bubah Alfian juga menyebut bahwa "Ratu Luhur" melambangkan pemberdayaan bagi seluruh perempuan yang pernah mengalami perundungan. "Pesannya, dengan mengubah pandangan negatif jadi sumber inspirasi, kita dapat memunculkan keberanian dan kekuatan yang tidak tergoyahkan dalam diri kita," kata Bubah.

"'Ratu Luhur' berdiri sebagai simbol bagi seluruh perempuan di Indonesia yang teguh melawan perundungan dan menjadikan hinaan sebagai bahan bakar untuk mencapai kesuksesan," ujar dia. "Semoga kostum ini dapat menginspirasi dan memotivasi siapapun yang memakainya, serta berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih welas asih dan inklusif di masa depan."

Pemungutan suara untuk menentukan Kostum Nasional telah dibuka, dan pemenangnya akan diumumkan di malam final, Sabtu, 18 November 2023, waktu setempat.

Sebelumnya di sesi evening gown, Fabienne juga membawa sepotong cerita lokal ke panggung kontes kecantikan bergengsi. Bertajuk "Nusantara," gaun ini merepresentasi "Ibu Kota Negara Nusantara yang berdiri sebagai mercusuar masa depan Indonesia, simbol harapan bangsa, serta menandai era perubahan dan kemajuan."

"IKN Nusantara berada di tengah hamparan pepohonan yang rimbun dan subur, menumbuhkan kesejahteraan masyarakat setempat, menjadi penghubung kehidupan Bumi dan alam semesta," katanya di keterangan unggahan, Rabu, 15 November 2023, waktu El Salvador.

 

3 dari 4 halaman

Melambangkan Semangat Baru Indonesia

Lebih lanjut dijelaskan bahwa gaun ini melambangkan semangat era baru Indonesia, "serupa dengan platform Miss Universe yang terus berkembang dan memperjuangkan transformasi positif." "Hijau yang melambangkan kehidupan, pembaruan, dan energi, mencerminkan kehijauan hutan Kalimantan yang menyelimuti IKN Nusantara, melambangkan pertumbuhan, keharmonisan, kesegaran, dan kesuburan," sambugnya.

"Lingkaran tengah pada gaun tersebut melambangkan penghubung munculnya harapan-harapan baru di diri bangsa Indonesia 🌟👑," katanya. "Dibuat selama dua minggu, gaun ini dihiasi elemen Swarovski yang mewah, diterapkan dengan cermat di setiap detailnya."

"Dengan menggunakan teknik manik-manik yang rumit, pakaian ini dibuat secara eksklusif dengan tangan, tanpa campur tangan mesin apapun," bebernya, menambahkan kredit gaun oleh @yusuf_isvania, anting dari @leciel.design, riasan oleh @bubahalfian, rambut oleh @revalhairstylist, dan fotografer @mariophotographie.

Organisasi Miss Universe sendiri telah mengumumkan jajaran juri pada kontes edisi ke-72 di El Salvador, dikutip dari Philstar, 4 November 2023. Selama tiga tahun terakhir, juri-juri ini semuanya perempuan. Namun tahun ini, tiga pria akan bergabung dalam panel tersebut.

4 dari 4 halaman

Panel Juri Miss Universe 2023

Para juri perempuan kontes Miss Universe 2023 antara lain:

  • Miss Universe 2020 Andrea Meza
  • Miss Universe Turki 2021 Cemrenaj Turhan
  • Miss Universe Thailand 2019 Paweensuda Drouin
  • Miss Universe Curacao 2022 Gabriela dos Santos
  • Miss Universe Peru 2020 Janick Maceta del Castillo
  • Miss Universe Brazil 2022 Mia Mamede
  • Kepala Hut Prize Foundation untuk hubungan pakar global, Nadia Ali
  • Anggota dewan PCL Mega Lifesciences, Sameera Shah

Sedangkan laki-laki yang akan bergabung dengan panel adalah:

  • Pascal Gerken, pendiri OceanFront Invest Myanmar
  • Jonathan Levav, profesor pemasaran, Stanford Graduate School of Business
  • Leonard Schlesinger, profesor Baker Foundation di Harvard Business School

Beberapa dari mereka akan jadi juri Suara untuk Perubahan, beberapa untuk babak penyisihan, dan yang lainnya untuk malam final. Dijadwalkan berlangsung pada 15 dan 16 November 2023, disusul malam final pada 18 November 2023, Miss Universe 2023 dijanjikan menampilkan kecantikan, bakat, dan karisma para kontestan, serta beberapa perubahan inovatif dalam sejarah kontes Miss Universe, lapor Hola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.