Sukses

Menko Luhut Pandjaitan Unggah Kabar Terbaru Soal Kesehatannya, Rambutnya Bikin Warganet Salah Fokus

Padahal di beberapa kesempatan acara kenegaraan, rambut Menko Luhut selalu terlihat hitam dan tertata baik. Meski rambutnya memutih tapi wajah Menko Luhut terlihat cukup segar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan perkembangan kondisi kesehatannya dari Singapura. Pria yang kerap disapa Menko Luhut itu menyebut dirinya telah lebih dari satu bulan menjalani masa pemulihan di Singapura dan berangsur-angsur pulih.

"Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses 'recovery' tubuh pasca sakit yang saya alami," tulis Luhut dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu, 4 November 2023.

Dalam unggahan itu, Menko Luhut juga membagikan momen saat didatangi Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Padahal sebelumnya, kata Luhut ia belum boleh menerima tamu, tapi karena kondisinya sudah jauh lebih baik larangan itu dihapuskan.

"Pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab, semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam," tulis Luhut lagi.

"Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden @jokowi (Jokowi), Wakil Presiden, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," sambungnya. Yang menarik, dalam unggahan itu warganet melihat hal lain yang tidak biasa pada penampilan pria yang kerap dipanggil Opung itu, yaitu rambutnya yang memutih alias beruban.

Padahal di beberapa kesempatan acara kenegaraan, rambut Menko Luhut selalu terlihat hitam dan tertata baik. Meski demikian, wajahnya terlihat cukup segar.

Hal itu pun tak lepas dari perhatian warganet. Sejumlah warganet merasa salfok (salah fokus) dengan rambut putihnya. Meski begitu Sebagian besar tetap mendoakan agar Menko Luhut cepat pulih dan sehat agar bisa bertugas kembali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cat Rambut Menko Luhut

 

"Pangling banget liat rambutnya. Opung cepet sehat lagi," komentar seorang warganet.

“Opung rambutnya putih hampir merata, pdhal sebelumnya hitam,” ujar warganet yang lain.

“Semakin sehat ya pung. ❤️nanti kita cat lg rambut opung 🙏🏼,” tulis warganet lainnya.

“Get well soon opung. Kembali sehat dan prima ke tanah air,” komentar warganet lainnya.

Dalam pemberitahuan kabar terbarunya, ia juga sempat menjawab alasan tidak dirawat di rumah sakit dalam negeri alih-alih pilih menjalani pemulihan di salah satu rumah sakit Singapura. "Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di Jakarta. Tapi ada tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," ungkapnya.

Menurut Luhut, menjalani pemulihan di tempat yang jauh dari rumah dinilai merupakan pilihan yang tepat lantaran proges pemulihan kesembuhannya menjadi lebih cepat."Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Menko Luhut Kangen Kembali Bekerja

 

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kangen untuk kembali bekerja di Jakarta. Bahkan, dirinya juga memberi sinyal akan balik ke ibu kota dalam waktu dekat. Saat ini, Menko Luhut masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

"Doain aja ya (balik ke Jakarta), sesegera mungkin," kata Luhut melalui cuplikan video di akun instagram @luhut.pandjaitan dikutip Senin, 30 Oktober 2023. Luhut pun kemudian berbagi hal yang membuatnya bisa sembuh meski usianya tak lagi muda.

Menurutnya ada dua hal yang menjadi dorongan terbesar bagi pemulihan kesehatannya. Pertama, sikap pantang menyerah yang dipelajarinya semasa di Kopassus. Lalu yang kedua yakni pertolongan dan kasih Tuhan Yang Maha Esa.

"Ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak akan pernah mengetahui arti sesatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit," tulis Luhut berfilosofi.

 

4 dari 4 halaman

Rencana Kepulangan Menko Luhut

 

Meski begitu, Luhut tidak menyebut secara pasti kapan waktu kepulangannya di Jakarta. Dirinya menyebut masih akan berada di Singapura untuk proses pemulihan selama beberapa waktu ke depan sebagaimana nasehat dari sang istri.

"Saya mungkin butuh beberapa waktu. Tapi yang jelas saya akan menuruti istri saya," ucapnya. Dia kemudian membantah kabar terkait rumor yang menyebutkan bakal mundur dari Menko Marves usai kondisi kesehatannya terganggu.

Dia memastikan akan tetap loyal dan setia terhadap Presiden Jokowi. "Saya tidak akan pernah mundur dari (kabinet) Pak Jokowi. Saya akan tetap loyal pada Pak Jokowi, sampai akhir mungkin dia sudah tidak membutuhkan saya," tegasnya, dikutip dari Merdeka.com. Sabtu, 4 November 2023.

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Jodi Mahardi masih belum membahas pertanyaan terkait update perkembangan kesehatan dan penyakit yang diidap Luhut. Setali tiga uang, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto juga belum bersedia membalas percakapan pesan serupa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini