Sukses

Beredar Foto Anak Pengamen Kesakitan karena Derita Leukemia, Susi Pudjiastuti Colek Prabowo Subianto dan Jokowi

Susi Pudjiastuti sangat bersimpati pada nasib anak pengamen itu, bahkan sampai mencolek Presiden Jokowi dan salah seorang bakal capres 2024 Prabowo Subianto, agar membantu bocah malang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti termasuk cukup aktif di media sosial. Ia sering membagikan beragam informasi, termasuk mengajak warganet untuk peduli pada sesama.

Terbaru ia mencuit cerita anak pengamen yang menderita leukemia atau kanker darah di akun X (Twitter) miliknya. Susi Pudjiastuti sangat bersimpati pada nasib anak pengamen itu, bahkan sampai mencolek Presiden Jokowi dan salah seorang bakal capres 2024 Prabowo Subianto, agar membantu bocah malang tersebut.

Anak perempuan yang menderita leukemia itu diketahui masih berusia 3 tahun. Anak itu tampak menderita karena mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya akibat kanker yang menggerogotinya.

Kondisi anak perempuan itu viral setelah dibagikan oleh akun X @speechxlexx pada 13 Oktober 2023. Dalam foto yang dibagikannya, terlihat anak perempuan itu menangis kesakitan dengan kondisi tangan mengalami luka terbuka yang mulai mengering.

"Twitter Do Your Magic. Halo temen-temen X, kenalan yuk sama adik kecil ini. Namanya Kezia Putri, umur 3 tahun dengan penyakit leukemia," tulis pemilik akun.

"Orangtuanya adalah seorang pengamen jalanan. Disaat kondisinya harus dirawat di Rumah sakit, Kezia justru terpaksa dibawa mengamen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Kezia dan orangtua tinggal di sebuah kontrakan kecil dan terbilang kondisi kontrakannya tidak layak," sambung akun tersebut.

Unggahan itu tak hanya menunjukkan penampakan memprihatinkan kondisi Kezia, tetapi juga kontrakan kumuh yang ditinggali dirinya dengan orangtuanya. "Miris! Seorang anak pengamen dengan penyakit leukemia hanya bisa terbaring di kontrakan kecil yang kotor," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Kondisi anak 3 tahun itu membuat hati Susi Pudjiastuti tak tega. Susi lantas menandai akun Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo untuk segera membantu anak tersebut. "Negara wajib membantu dan merawat anak ini," tulis Susi pada Rabu, 25 Oktober 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Singgung Prabowo dan Mensos

Colekan Susi Pudjiastuti ke orang nomor satu di Indonesia itu pun ramai menuai atensi warganet. Cuitannya itu sudah dilihat lebih dari 281 ribu kali, disukai lebih dari 2,5 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 135 komentar.

"Mensos (Menteri Sosial) gak di mention bu?" tanya seorang warganet.

"Seharusnya pejabat-pejabat negara tahu buat apa ada negara kalau rakyat miskin sakit kayak adik ini. Kenapa semua pejabat nggak tahu?" komentar warganet yang lain.

"Lagi pada adu sakti bu, yang begini di-cancel dulu, kcuali ntar pas kampanye, bisa berharap, gak perlu presiden dan pejabat-pejabat lain, cukup dermawan yang punya jiwa kemanuaiaan tinggi. Mudah-mudahaan bisa dipertemukan ya de," kata warganet lainnya.

"Maaf ibu mentionnya salah alamat, karena pak Prabowo bukan Mensos, kecuali ibu mention beliau sebagai capres," kata warganet mengoreksi.

"Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Apakah kutipan konstitusi ini masih berlaku?" timpal warganet lainnya.

Beberapa bulan lalu, Susi sempat bertemu dengan Prabowo. Susi mengundang Menteri Pertahanan RI itu ke kediamannya di Pangandaran, Jawa Barat, Senin, 17 Juli 2023.

"Pada kunjungan ke Pangandaran pagi hari ini saya juga diminta mampir ke kediaman Ibu Susi Pudjiastuti, untuk mencoba hidangan khas laut yang beliau masak sendiri, saya khawatir ditenggelamkan jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi masakan khasnya," tulis Prabowo di akun Instagramnya @prabowo, Selasa, 18 Juli 2023.

 

3 dari 4 halaman

Pujian Prabowo untuk Susi

Menurut Prabowo, perempuan yang identik dengan kata "tenggelamkan" itu menyiapkan sendiri masakan yang disuguhkan kepada tamunya. Ketua Umum Partai Gerindra ini pun memuji sosok Susi yang menurutnya peduli terhadap nasib rakyat Indonesia.

"Saya melihat Ibu Susi ini juga salah satu wanita hebat yang peduli terhadap nasib rakyat Indonesia," kata Prabowo. Lebih lanjut, bakal calon presiden (capres) dari Gerindra itu mengungkapkan komitmennya untuk memperbaiki kesejahteraan nelayan. Dalam kunjungan kerja ke Pangandaran, dia menyerahkan bantuan 20 mesin perahu kepada nelayan

Prabowo juga memuji sosok pemilik maskapai Susi Air itu. Menurutnya, Susi merupakan seorang yang peduli terhadap nasib rakyat Indonesia. "Saya melihat Ibu Susi ini juga salah satu wanita hebat yang peduli terhadap nasib rakyat Indonesia," ucap pria 72 tahun itu.

Dalam unggahan-nya, Prabowo pun menitipkan pesan tambahan untuk Susi, yakni agar Susi menghentikan kebiasaan merokok-nya. "Saya sudah menasihati Ibu Susi untuk berhenti merokok!" demikian tulis Prabowo. 

 

4 dari 4 halaman

Bantuan Prabowo untuk Nelayan

Dia didampingi Susi menyerahkan bantuan 20 mesin perahu kepada nelayan di daerah tersebut. Prabowo pun berkomitmen menambah bantuan berupa 10 unit kapal, lengkap dengan peralatan mencari ikan, guna menunjang aktivitas para nelayan.

"Saya berterima kasih dapat ikut serta melihat langsung kegiatan saudara-saudara, terutama para nelayan karena nelayan harus diperbaiki tingkat kehidupan dan penghasilannya," kata Prabowo sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Prabowo mengatakan, nelayan memiliki peran vital di republik ini karena berjuang menyediakan asupan protein untuk masyarakat Indonesia. Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama memikirkan nasib para nelayan.

"Penyedia protein itu sangat penting. Saya juga bicara sama Ibu Susi bagaimana kita ingin terus memberdayakan perkuat nelayan kita. Untuk itu, kita berpikir bagaimana secepatnya dapat memperbaiki kehidupan mereka. Itu masalah yang harus diselesaikan," kata Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada Susi karena sudah mengundangnya ke Pangandaran. "Ibu Susi ini sudah memberikan pembelajaran bagi saya. Saya bisa dari dekat melihat situasi dan bertemu dengan para nelayan," ujar Prabowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.